10 Lebih Tempat Wisata Kuliner Semarang Yang Populer

Sejarah telah membentuk kota Semarang menjadi kota multi etnis. Beragam kuliner peninggalan masa lampau masih banyak ditemui di kota ini. Dari masakan asli Indonesia, China, Eropa dan lainnya. Dari menu makanan ringan sampai berat banyak tersaji dengan kekhasan tersendiri.

Ada banyak tempat makan untuk penggemar wisata kuliner di Kota Semarang. Berikut adalah tempat untuk menikmati kuliner di Semarang.

Ikon wisata kuliner semawis
1. Warung Semawis, Ikon Wisata Kuliner di Semarang.
Juga sering di sebut sebagai Pasar Semawis, Warung Semawis dibuka sejak tahun 2005 dan dibuka setiap hari Jum’at, Sabtu dan Minggu (sore hingga malam hari). Berbagai menu makanan khas dan tradisional bisa kita temui disini seperti nasi ayam, nasi gudeg, soto sapi dan pindang, sate, nasi goreng babat dan babat gongso dll. Aneka hidangan menu oriental khas pecinan hampir semua juga ada di Warung Semawis ini. Pasar Semawis ini menempati lokasi di Gang Warung, kawasan pecinan, lokasi ini sengaja ditutup bagi kendaraan pada malam harinya.

Lumpia Semarang
2. Lumpia Gang Lombok, Lumpia Mbak Lien, Lumpia Delight.
Salah satu kuliner yang paling populer di Semarang adalah Lumpia, dilafalkan juga dengan sebutan Lunpia. Makanan ini merupakan salah satu contoh perpaduan budaya asli Tiong Hoa – Jawa yang serasi dalam cita rasa. Adalah Tjoa Thay Joe dan Mbak Wasih yang pertama kali memperkenalkan jajanan yang terbuat dari bahan utama berupa rebung muda, telur dan udang ini. Ada dua jenis lumpia yang ada di pasaran, lumpia basah dengan rasa original serta lumpia goreng yang lebih krispi. Sebagian besar penjual lunpia di Semarang berasal dari keturunan penemu lumpia ini.

Pesta keboen resto
3. 10 Resto Dengan Nuansa Tempo Dulu.
Ada banyak rumah makan di Kota Semarang yang menggunakan bangunan kuno sebagai tempatnya. Sebutan “tempo doeloe” sendiri terkadang bisa memiliki definisi spesifik yang berbeda. Seperti Good Fellas, meski relatif baru namun menggunakan bangunan kuno karya Thomas Karsten yang telah direstorasi. Ada juga Ikan Bakar Cianjur, Koeno Koeni Cafe Gallery, Pesta Keboen, Toko Oen, dan lainnya. Klik di sini untuk daftar selengkapnya.

Kuliner Semarang
4. Soto Bangkong
Warung soto ini telah ada sejak tahun 1950-an. Soto Bangkong namanya. Lokasinya berada di satu sudut jalan Bridjen Katamso, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bangkong. Awalnya soto ini dijajakan dengan pikulan yang digelar di depan Kantor Pos yang karena keuletannya menempati bangunan permanen. Ada soto ayam, sate ayam, ayam goreng, garang asem, sate kerang, sate telor hingga sayap goreng menthok goreng.

5. Gule Bustaman
Sedikit berbeda dengan gulai pada umumnya, Gulai Kambing Bustaman kuahnya tidak menggunakan santan, meskipun sama-sama menggunakan kelapa. Ada banyak yang menjajakan gule jenis ini, Gulai Kambing Asli Bustaman Pak Sabar yang berada di belakang Gereja Blenduk Kota Lama, merupakan salah satu spot wisata kuliner khas Semarang yang sangat populer.

6. Bandeng Presto / Duri Lunak.
Bandeng terkenal memiliki duri dengan jumlah yang sangat banyak. Maka untuk membuat bandeng menjadi menu makanan yang enak tanpa terganggu duri, bandeng dimasak dengan pressure cooker atau lebih sering disebut dengan presto. Bandeng Presto merupakan jenis makanan terpopuler di kota ini setelah lumpia. Bandeng Presto yang terkenal di Semarang banyak dijajakan sepanjang Jalan Pandanaran, meski juga dijual diberbagai tempat oleh oleh di Semarang. Setelah berkeliling tempat wisata di Semarang, bisa mampir ke Bandeng Presto atau Bandeng Juwana.

Wingko Babad Semarang
7. Wingko Babat.
Makanan dari bahan utama berupa beras ketan dan kelapa ini sejatinya berasal dari daerah Babad, Jawa Timur. Namun Wingko Babat menjadi populer karena ada pedagang (yang berasal dari Babad) yang berjualan oleh oleh jenis ini dan sangat berhasil, hingga banyak yang mengira ini makanan khas Semarang.

Ada banyak sekali sebenarnya tempat makan di kota ini. Untuk daftar selengkapnya dari tempat makan, wisata kuliner dan juga cafe silakan buka kategori Cafe / Rumah Makan.

loading...
Daftar Kategori Serba serbi


5 Responses to “10 Lebih Tempat Wisata Kuliner Semarang Yang Populer”

  1. Joni says:

    Pilihan tempat makane akeeeh

  2. Wahyu Widyaningrum says:

    Setahuku kalau bandeng presto dari Juwana ya? Tapi di Semarang banyak juga yang jual pas pusat oleh2nya 🙂

  3. Amin says:

    Bedanya soto semarang dengaan soto bangkong apa ya…
    Setahu aku kalau di luar semarang yang terkenal adalah soto semarang…

  4. Liswanti Pertiwi says:

    Save ah, kali aja bisa berkunjung ke Semarang

  5. the taherz! says:

    menarik kas.., buat nambah database kuliner Semarangan

Leave a Reply