AbsurdNation Ajak Publik Junjung Tinggi Pancasila Lewat Lagu “Conspiration”

absurdnation conspiration

Absurdnation, band indie dari kota Semarang beraliran jazz, akan meluncurkan lagu berjudul Conspiration pada tanggal 30 September 2017. Lagu ini adalah single kedua dari album kedua bertajuk Dialogue, yang akan beredar secara utuh pada tahun 2018. Sebelumnya, untuk single pertama dari album tersebut telah terlebih dahulu beredar secara luas pada tanggal 27 juli 2016, yaitu berjudul Memilih Pergi.

Pemilihan tanggal 30 September sebagai hari peluncuran mengandung makna sebagai ajakan dari Absurdnation untuk kembali mengingat sejarah kelam yang pernah menimpa negeri ini, yaitu peristiwa G 30 September. Dengan mengingat kembali tanggal bersejarah kelam ini, harapannya generasi muda akan kembali mengingat bahwa ideologi Pancasila telah final. Untuk itulah, generasi muda mesti siap siaga menjunjung Pancasila. Semua upaya mengganti ideologi Pancasila harus ditepis. Seperti publik ketahui, akhir-akhir ini banyak bermunculan para kelompok ekstrimis dan intoleran yang merongrong ideologi Pancasila. Jika dibiarkan, tentu saja hal tersebut bisa merusak Pancasila sebagai ideologi yang final. Dan lagu Conspiration ini sangat cocok mewakili keadaan yang ada sekarang.

Konteks isi dari lagu “Conspiration” memang menceritakan tentang sebuah harapan dan optimisme untuk seluruh rakyat Indonesia, baik kalangan muda dan tua, untuk melakukan sebuah gerakan menuju perubahan ke arah yang lebih baik. Hal ini tertulis dalam kutipan lirik di bagian reff lagu ini: What we should do/ We should fight to/ make some movement/ to protect our lovely country from disaster.

Sebelumnya, Absurdnation memang memiliki tradisi untuk memilih tanggal tertentu sebagai bagian dari proses bermusik. Ketika pembentukannya, Absurdnation memilih tanggal cantik 12 Desember 2012, yang bila disingkat 12.12.12. Sedangkan di album pertama juga diluncurkan pada tanggal 1 Juni 2014, yang melambungkan lagu Cerita Cita dan Titik Balik. Terakhir, AbsurdNation memilih tanggal 27 Juli untuk merilis single Memilih Pergi pada tahun 2016.

Dalam proses pembuatan lagu ini, band yang digawangi oleh Nanda Goeltom (vokal, trompet), Fanny Wardoyo (Drum), dan Yusuf Saputra (piano), dibantu oleh beberapa musisi. Terkhusus untuk lagu Conspiration, Absurdnation menggaet musisi seksofonis jazz ternama dari Jerman bernama Arno Hass. Proses perekaman lagu ini dikerjakan di Studio Kuaetnika Yogyakarta, studio musik yang digawangi oleh seniman Djaduk Ferianto. Aransemen mixing digarap oleh Anton Gendel, seorang arranger yang sukses menangani band-band indie ternama seperti Shaggy Dog, FSTVLST, Banda Naira, dll.
Lagu Conspiration ini sebenarnya sudah selesai penggarapannya sejak setahun silam. Namun, demi menemukan momentum yang tepat dengan konteks lagu, maka lagu ini pun baru diluncurkan tahun ini.

Lirik Lagu – Conspiration

While corruptor saving themselves, And government just let it away
Open your eyes and take a look around, what happen in here today
When other said, there’s nothing wrong with this with our country, these days

What we should do, we should fight to
Make some movement to protect our lovely country from disaster
Complicated conspiration,
Heritage spirit for the future generations.

Everything will be destroyed while everyone doesn’t start to care

Its time for us, escort the policy
Against arrogancy, will we.

committed with
New opportunity rebuild this country

Loading...
Daftar Kategori Serba serbi

One Response to “AbsurdNation Ajak Publik Junjung Tinggi Pancasila Lewat Lagu “Conspiration””

  1. Ramaikan…

Leave a Reply