Antisipasi Kenaikan Trafik Lebaran, XL Axiata Siapkan Jaringan di Seluruh Jateng

[Teknisi sedang melakukan pengecekan jaringan di salah satu BTS milik XL Axiata yang berlokasi di Perbatasan Jateng dan Jatim.]

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkatkan kapasitas serta kualitas jaringan data yang ada di Jawa Tengah mengantisipasi naiknya traffik saat libur panjang lebarang 2019 kali ini. Peningkatan jaringan ini terus dilakukan bersamaan dengan berkembangnya jumlah pelanggan.

“Dari tahun ke tahun, Jawa Tengah menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk mudik dan berlibur. Dan dengan adanya jalan Tol Trans Jawa yang semakin memudahkan masyarakat datang ke Jawa Tengah, akan semakin ramai. Dan kemungkinan traffik semua layanan, terutama data akan naik secara signifuikan pada libur panjang lebaran nanti. Oleh karena itu kami mengamankan jaringan di jalur transportasi utama, serta destinasi wisata yang hampir merata di Jawa Tengah dan DIY,” dikatakan Rd. Sofia Purbayanti selaku Group Head Central Region XL Axiata.

Untuk wilayah Jawa Tengah, kapasitas jaringan ini telah ditingkatkan 2x lipat. Dengan demikian, jaringan XL Axiata akan tetap aman untuk menghadapi adanya lonjakan trafik data yang signifikan. Dengan mengacu pada kenaikan trafik Lebaran tahun lalu dan rata-rata kenaikan trafik di hari-hari libur Panjang, Sofia memperkirakan akan terjadi kenaikan trafik data sekitar 30% dibandingkan hari normal.

Berdasar pada tahun-tahun sebelumnya, kenaikan trafik data tertinggi untuk wilayah Jawa Tengah diperkirakan ada di Kab Brebes yang mencapai 60%. Selain sebagai pintu masuk ke Jawa Tengah dari arah Barat melalui Jalur Pantura, Kabupaten Brebes juga merupakan salah satu daerah asal banyak pekerja informal di berbagai kota di Jawa Barat dan Jabodetabek. Kota lainnya yang biasanya mengalami kenaikan trafik data yang signifikan adalah Cilacap, Pemalang, dan Tegal

Untuk jaringan pendukung, selain meningkatkan kapasitas secara umum sesuai kebutuhkan, XL Axiata juga telah menyiapkan dukungan Mobile BTS (MBTS) di sejumlah wilayah Jawa Tengah. MBTS sudah disiapkan di sepanjang jalur utama pemudik dan tujuan wisata utama sepanjang libur panjang Lebaran, antara lain di area Sumpiuh.

Saat ini di seluruh Jawa Tengah dan DIY beroperasi lebih dari 15 ribu BTS, sebanyak lebih dari 6 ribu BTS di antaranya adalah BTS 3G dan sekitar 4 ribu BTS 4G. Pembangunan jaringan data akan terus dilakukan sepanjang tahun ini, terutama untuk menjaga kualitas jaringan.

Kategori: Serba serbi .
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *