BRT Trans Jateng Koridor 1, Rute Tawang – Bawen

Armada bus brt trans jateng

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat 7 Juli 2017 meluncurkan moda transportasi massal, bus rapid transit BRT Trans Jateng Koridor 1, dengan rute Stasiun Tawang – Terminal Bawen di kabupaten Semarang.

Tarif BRT Trans Jateng ini adalah Rp 3.500 untuk umum dan Rp 1.000 untuk pelajar dan buruh. Sedikit berbeda dengan BRT Trans Semarang di mana, buruh masuk kategori umum. Untuk sementara buruh dengan menunjukkan BPJS ketenagakerjaan diklarifikasi dengan seragam dan ID Perusahaan. Ke depan aturan akan diperjelas lagi.

BRT Trans Jateng Koridor I ini dengan jumlah armada bus sebanyak 18 unit yang masing masing beroperasi sebanyak 6 kali perjalanan pergi – pulang. Dengan jam operasional dari pukul 05.00 – 21.00. Panjang rute dari Stasiun Tawang – Terminal Bawen sekitar 36,5 KM akan ditempuh selama sekitar 90 menit, dengan waktu tunggu antar bus sekitar 15 – 20 menit. Jumlah halte yang ada di sepanjang rute dengan jumlah 71 buah. Dari jumlah halte tersebut, 4 buah diantaranya menggunakan halte yang sama dengan BRT Trans Semarang.

Adapun rute lengkap BRT Trans Jateng ini adalah:
Stasiun Tawang – Kota Lama – Kantor Pos Besar – Balai Kota – Tugu Muda – RS Kariadi – Gajah Mungkur – Taman Diponegoro – Akpol – Jatingaleh – Gombel – Ada Banyumanik – Watugong – Taman Unyil – Lemah Abang – Pasar Karangjati – Sidomuncul – Bergas Terminal Bawen.
Sedangkan untuk rute sebaliknya sama dengan rute di atas, dari terminal Bawen melalui titik titik di atas, namun sampai Tugu Muda, melalui Imam Bonjol – Stasiun Poncol – Layur – Stasiun Tawang.

[Foto: Humas Pemprov Jateng]

Loading...
Daftar Kategori Serba serbi

Leave a Reply