HondaJet HA-420, Pesawat Jet Honda Resmi Dipasarkan

Tidak hanya roda dua atau roda empat. Namun juga di darat, air, dan juga yang terbaru ini Honda ingin mengulangi sukses dengan membuat kendaraan di moda terbaru, udara, dengan menciptakan pesawat udara sendiri.
Sebenarnya sudah sejak tahun 1980-an, Honda serius ingin mewujudkan misi ambisius untuk pesawat jet tersebut ketika berhasil menciptakan rancangan pesawat jet pertamanya.

Pesawat Jet Honda
HondaJet HA-420 / Honda Aircraft Company

Resmi berdiri pada tahun 2006 di bawah bendera Honda Aircraft Company, sang CEO, Michimasa Fujino tidak pernah sedikitpun menunjukkan pesimisme untuk memenuhi cita cita Soiciro Honda untuk impiannya membuat pesawat terbang. Jerih payahnya terbayarkan saat untuk pertama kalinya pada tanggal 23 Desember 2015 lalu, pesawat Honda Jet model HA-420 akhirnya secara resmi dikirimkan kepada pelanggan.

Honda Jet HA-420 yang dikembangkan di kota Greensboro, AS, ini sebenarnya sudah menjalani uji penerbangan sejak pertengahan tahun silam. Namun FAA (Federal Aviation Administration) AS baru mengeluarkan sertifikasinya pada 8 Desember 2015 lalu.

Kabin pesawat jet honda

Kokpit pilot

president fujino

Pesawat Terbang Honda Jet di Landasan

Piknik dengan pesawat jet Honda

Pesawat dengan mesin turbofan ini pada dasarnya merupakan pesawat dengan klasifikasi sangat ringan. Jadi, jangan dibandingkan pesawat ini dengan pesawat komersial seperti Airbus atau Boeing, karena dimensinya hanya 13 x 12,1 x 4,5 meter. Jadi pesawat ini lebih cocok dikategorikan sebagai pesawat jet pribadi.

Dengan luas interiornya 5,4 x 1,5 x 1,5 meter, kabin Honda Jet HA-420 dapat menampung sekitar 4 hingga 6 penumpang. Kokpit dipersenjatai dengan sederet layar sentuh serta sistem navigasi yang canggih rancangan Garmin. Pesawat Jet buatan Honda ini dijual dengan banderol harga sebesar 4,5 Juta dollar atau setara dengan 150 unit CRV di Indonesia, pesawat ini lebih mahal dari rata rata pesawat di kelasnya. Mesi begitu, kini Honda dapat bangga karena mereka tidak hanya dikenal lewat Vario, Mobilio ataupun NSX, tetapi juga Honda Jet. [6 Jan 2016]

Loading...
Daftar Kategori Serba serbi

Leave a Reply