Kawasan Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen berada di desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Kawasan ini berada di tepi jalan Raya Purwodadi – Semarang, atau berjarak sekitar 26 km dari Kota Purwodadi. Kawasan api abadi Mrapen ini merupakan sebuah fenomena geologi alam berupa gas yang keluar dari dalam tanah sehingga menciptakan api yang tidak pernah padam.

Banyak event besar yang mengambil api dari kawasan api abadi Mrapen ini, seperti pesta olahraga internasional Ganefo I pada 1 November 1963, Pekan Olahraga Nasional (PON) mulai PON X tahun 1981, POR PWI tahun 1983, HAORNAS hingga upacara hari raya Waisak.

Menjadi Tempat Wisata

Kini, Kawasan ini telah menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Grobogan. Ada sebagian orang yang bahkan melakukan berbagai ritual di tempat tersebut, dan percaya beberapa benda yang ada di Kawasan Api Abadi Mrapen ini mampu mendatangkan berkah.

Batu bobot mrapen

Ada batu bobot yang yang digunakan oleh orang yang sedang menghadapi beberapa pilihan yang sulit di dalam hidupnya. Untuk itu, batu bobot tersebut diangkat, jika pada saat diangkat, batu tersebut terasa ringan maka pilihan pilihan tersebut benar, namun jika terasa berat, maka berarti sebaliknya,” kata Juru Kunci Mrapen, Gunadi.

Sendang Dudo

Ada Sendang Dudo yang airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. “Namun itu kalau percaya saja. Kalau ragu sebaiknya jangan dilakukan. Karena airnya juga terlihat keruh. Yang memberi kehendak Yang di atas sana,” tambah Gunadi.

Kawasan Api Abadi Mrapen

Saat ini, Kawasan Api Abadi Mrapen ini dikelola oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah. Untuk masuk kawasan wisata tersebut hanya dikenakan retribusi sebesar Rp 2.500. Di kawasan tersebut juga tersedia berbagai fasilitas seperi kamar mandi yang bersih. Yang pasti, ada musala bagi umat muslim yang akan menunaikkan ibadah shalat.

Loading...
Daftar Kategori Wisata

One Response to “Kawasan Api Abadi Mrapen”

  1. Apinya tinggal kecil yaaa

Leave a Reply