PRPP Jawa Tengah

PRPP Semarang

[Jateng Fair @ PRPP Jateng – Jl Anjasmoro Tawangsari Semarang]

Sekilas Sejarah PRPP: Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah berawal dari Pekan Raya Semarang (PRS) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Semarang pada tahun 1970. Lokasi di Tegal Wareng di mana lokasi ini sekarang menjadi Taman Budaya Raden Saleh/TBRS. Event tersebut menyajikan hiburan kepada masyarakat sekaligus menjadi ajang pameran produk-produk pembangunan daerah maupun swasta.

Awal tahun 1980-an Pekan Raya Semarang diubah menjadi Pekan Raya dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah. Tahun 1985 dibentu Yayasan PRPP. Dan dengan terbentuknya yayasan, kegiatan pameran dipindahkan dari TBRS ke kawasan Tawang Mas Semarang, pada tahun 1986. Menurut Perda Nomor 9 tahun 1993, pengelola PRPP tidak dapat menggunakan badan hukum berupa Yayasan, namun harus berbentuk Perseroan Terbatas. Maka pada 7 Maret 1995 Yayasan PRPP berubah PT. Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan Jawa Tengah atau disingkat PT. PRPP Jawa Tengah.

Wahana, Event dan Fasilitas PRPP: Grand Maerakaca & Mangrove Tracking, Jateng Fair, Jateng Science Center, Balai Pertemuan indoor untuk Pameran, Seminar atau Special Event, area outdoor dan juga Sirkuit Balap ada di PRPP Jateng.

Denah PRPP Maerakaca

Denah Lokasi PRPP Semarang.

Grand Maerakaca & Mangrove Tracking
Pesona grand maerakaca semarang

Sebelumnya bernama Puri Maerokoco, Taman Mininya Jawa Tengah. Namanya diambil dari salah satu bagian epos Mahabarata dengan cerita tentang keinginan salah seorang dewi memiliki seribu bangunan hanya dalam waktu satu malam. Terdiri dari 35 anjungan, Puri merokoco berusaha menampilkan “wajah” 35 kabupaten/kota di seluruh Jawa Tengah. Kemudian setelah banyak revitalisasi dilakukan, namanya direbranding menjadi Grand Maerakaca. Pada sisi “Laut Jawa” yang ditanami tanaman mangrove dan di tepiannya dibuat trekking mangrove yang indah yang bisa jadi spot foto favorit. Dan di miniatur laut jawa tersebut banyak perahu yang bisa digunakan untuk berkeliling, baik yang dengan mesin maupun dengan mendayung.

Jateng Fair
Event Jateng Fair

Jateng Fair merupakan event tahunan yang paling dinantikan di PRPP Jateng. Setiap tahun pameran pembangunan dan multiproduk, event hiburan dan rekreasi terbesar di Jawa Tengah ini digelar dengan tema – tema yang berbeda.

Jateng Science Center
Wahana edukasi Jateng Science Center JSC menampilkan beberapa alat peraga IPTEK yang menambah ilmu pengetahuan bagi anak anak dengan cara yang lebih menarik.
Jateng science center semarang

JSC ini berada di Balai Sumbing, dengan alat peraga seperti: Manusia dan alam: Miniatur PDAB, lebah madu dan koloninya, kupu kupu, rantai makanan, belalang sembah, rumah gempa, tornado. Mekanika: Sepeda rangka, hamster ring, sepeda keseimbangan. Elektromagnetik: Halilintar, van de grafm bola petir, wimshurst machine, ring lompat, generator tangan. Simulasi dan Permainan: ekscavator mini, dinding paku, menurun ke atas, katrol, gyroextreem, tebak tanggal lahir, rabbit hole, tangram, giroskop, jembatan lengkung keseimbangan, harpa tanpa dawai. Energi: Mikro hidro, wind turbin, baterai tangan, solar cell, energi vs daya.

Balai Pertemuan: Pameran, Seminar atau Special Event.
Gedung pertemuan pernikahan sewa

Ada 3 balai pertemuan yang dapat disewa di PRPP Jawa Tengah sesuai kebutuhan anda, yaitu Balai Merapi, Merbabu, dan Sindoro. Masing masing mampu menampung sekitar 2.500 hingga 3.000 orang. Luas area 2.500 m2 tempat ini banyak digunakan untuk gelaran event seperti gathering, pameran, pernikahan, wedding expo, seminar, dan lainnya. Selain disewakan untuk umum, tempat ini biasa digunakan untuk event khusus PRPP seperti Jateng Fair yang digelar rutin setiap tahunnya.

Sirkuit Balap
Sirkuit balap tawangmas

PRPP Jateng memiliki area sirkuit balap yang dapat disewa. Sirkuit dengan luas lahan sekitar 2 Ha dengan panjang lintasan +- 400 m. Bisa untuk kejuaraan otomotif, drag race, drag bike, safety riding, slalom test, gathering, konser musik atau acara outdoor lainnya.

Jalan Menuju PRPP Semarang: PRPP berada di Area Marina dekap Puri Anjasmoro, dari pusat kota Semarang, mengambil jalur ke arah barat, Jalan Pandanaran, lalu Tugu Muda, MGr Soegijapranata, Jendral Sudirman, Jalan Anjasmoro, terus saja sampai di pintu gerbag PRPP.

PT PRPP JAWA TENGAH
Alamat: Jl. Anjasmoro – Tawangsari Semarang, Jawa Tengah.
Nomor Telp: 024 – 7606286, 76174333, 7617434.
No Fax. 024 – 7617433, 7606282
Email. info@prppjawatengah.com
Website: www.prppjawatengah.com

Kategori: Serba serbi . Tags:
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *