Seleksi Penerimaan Taruna Akpol Tahun 2013

Lambang Logo PolriKepolisian Negara Republik Indonesia Memberikan Kesempatan Kepada Pemuda-Pemudi Warga Negara Indonesia Untuk Mengikuti Seleksi Penerimaan Taruna AKPOL  TA 2013. Pendaftaran Online Mulai Tanggal 14 April s/d 21 Mei 2013 Melalui Website http://penerimaan.polri.go.id

1. Persyaratan Umum:
a. Warga negara Indonesia (Pria atau Wanita).
b. Usia minimal 16 (enam belas) tahun, maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada saat pembukaan pendidikan.
c. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
d. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
e. Sehat jasmani dan Rohani (Surat keterangan sehat dari institusi kesehatan).
f. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu keahatan (SKCK).
g. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
h. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian.

2. Persyaratan Lain:
a. Berijazah serendah rendahnya SMU/Madrasah Aliyah jurusan IPA/IPS dengan ketentuan: Bagi yang berusia kurang dari 17 tahun dengan ketentuan: nilai rata rata ujian nasional minimal 8, atau nilai rata rata ujian nasional minimal 7.25 s.d 7.99 harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEFL diatas 500. Bagi yang berusia 17 s.d 21 tahun memiliki nilai rata rata ujian nasional minimal 7.25.
b. Bagi lulusan tahun 2013 (yang masih kelas III) menggunakan nilai rata rata rapor kelas III semester I dengan ketentuan: bagi yang berusia kurang dari 17 tahun nilai rata rata minimal 8. Bagi yang berusai 17 – 21 tahun nilai rata rata minimal 7.25. Setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dan diberlakukan persyaratan butir 2.a.
c. Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku: Pria 165 (seratus enam puluh lima) cm dan wanita 163 (seratus enam puluh tiga) cm.
d. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan.
e. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama selama 10 (sepuluh) tahun, terhitung mulai saat diangkat menjadi perwira Polri (Masa dinas surut tidak diperhitungkan).
f. Memperoleh persetujuan dari orang tua / wali.
g. Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan suatu instansi lain.
h. Pada saat mendaftar telah berdomisili di wilayah Polda Jateng minimal 1 (satu) tahun, yang dbuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jateng atau kartu keluarga (bagi yang berusia 17 tahun ke atas) atau surat keterangan kepala desa/lurah berdasarkan KK (bagi yang belum berusia 17 tahun). Bagi yang masih menempuh pendidikan dan lulus belum 1 (satu) tahun dibuktikan dengan raport/ijazah dari sekolah yang berada di wilayah Polda Jateng.
i. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan, 1. Mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan. 2. Bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Taruna AKPOL.
j. Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian baik tingkat Panda dan tingkat Panpus dengan sistem yang sudah ditentukan, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut:

1) Tingkat Panda:
a) Pemerikasaan admnistrasi awal.
b) Pemeriksaan kesehatan badan tahap I.
c) Pemeriksaan psikologi.
d) Pengujian akademis meliputi: 1. Pengetahun umum (undang undang Kepolisian dan muatan lokal), 2. Bahasa Indonesia, 3. Matematika.
e) Pemeriksaan kesehatan tahap II.
f) Uji kemampuan jasmani dan anthropometri.
g) Pemeriksaan administrasi akhir.
h) Sidang terbuka kelulusan tingkat panda.

2) Tingkat Panpus:
a) Sistem gugur: Pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan dan kesehatan jiwa, pengujian kemampuan jasmani dan athropometri, pemeriksaan psikologi (wawancara).
b) Sistem rangking: Pengujian akademik meliputi TPA dan Bahasa Inggris, pemeriksaan penampilan, sidang terbuka kelulusan tingkat pusat.

#TIDAK DIPUNGUT BIAYA.
Informasi lebih lanjut dapat diperoleh di Polres/ Polrestabes atau Kantor Polisi terdekat.

Kategori: Lowongan Kerja .
Loading...
37 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *