clear

Seleksi Penerimaan Taruna Akpol Tahun 2013

Lambang Logo PolriKepolisian Negara Republik Indonesia Memberikan Kesempatan Kepada Pemuda-Pemudi Warga Negara Indonesia Untuk Mengikuti Seleksi Penerimaan Taruna AKPOL  TA 2013. Pendaftaran Online Mulai Tanggal 14 April s/d 21 Mei 2013 Melalui Website http://penerimaan.polri.go.id

1. Persyaratan Umum:
a. Warga negara Indonesia (Pria atau Wanita).
b. Usia minimal 16 (enam belas) tahun, maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada saat pembukaan pendidikan.
c. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
d. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
e. Sehat jasmani dan Rohani (Surat keterangan sehat dari institusi kesehatan).
f. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu keahatan (SKCK).
g. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
h. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian.

2. Persyaratan Lain:
a. Berijazah serendah rendahnya SMU/Madrasah Aliyah jurusan IPA/IPS dengan ketentuan: Bagi yang berusia kurang dari 17 tahun dengan ketentuan: nilai rata rata ujian nasional minimal 8, atau nilai rata rata ujian nasional minimal 7.25 s.d 7.99 harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEFL diatas 500. Bagi yang berusia 17 s.d 21 tahun memiliki nilai rata rata ujian nasional minimal 7.25.
b. Bagi lulusan tahun 2013 (yang masih kelas III) menggunakan nilai rata rata rapor kelas III semester I dengan ketentuan: bagi yang berusia kurang dari 17 tahun nilai rata rata minimal 8. Bagi yang berusai 17 – 21 tahun nilai rata rata minimal 7.25. Setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dan diberlakukan persyaratan butir 2.a.
c. Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku: Pria 165 (seratus enam puluh lima) cm dan wanita 163 (seratus enam puluh tiga) cm.
d. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan.
e. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama selama 10 (sepuluh) tahun, terhitung mulai saat diangkat menjadi perwira Polri (Masa dinas surut tidak diperhitungkan).
f. Memperoleh persetujuan dari orang tua / wali.
g. Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan suatu instansi lain.
h. Pada saat mendaftar telah berdomisili di wilayah Polda Jateng minimal 1 (satu) tahun, yang dbuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jateng atau kartu keluarga (bagi yang berusia 17 tahun ke atas) atau surat keterangan kepala desa/lurah berdasarkan KK (bagi yang belum berusia 17 tahun). Bagi yang masih menempuh pendidikan dan lulus belum 1 (satu) tahun dibuktikan dengan raport/ijazah dari sekolah yang berada di wilayah Polda Jateng.
i. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan, 1. Mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan. 2. Bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Taruna AKPOL.
j. Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian baik tingkat Panda dan tingkat Panpus dengan sistem yang sudah ditentukan, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut:

1) Tingkat Panda:
a) Pemerikasaan admnistrasi awal.
b) Pemeriksaan kesehatan badan tahap I.
c) Pemeriksaan psikologi.
d) Pengujian akademis meliputi: 1. Pengetahun umum (undang undang Kepolisian dan muatan lokal), 2. Bahasa Indonesia, 3. Matematika.
e) Pemeriksaan kesehatan tahap II.
f) Uji kemampuan jasmani dan anthropometri.
g) Pemeriksaan administrasi akhir.
h) Sidang terbuka kelulusan tingkat panda.

2) Tingkat Panpus:
a) Sistem gugur: Pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan dan kesehatan jiwa, pengujian kemampuan jasmani dan athropometri, pemeriksaan psikologi (wawancara).
b) Sistem rangking: Pengujian akademik meliputi TPA dan Bahasa Inggris, pemeriksaan penampilan, sidang terbuka kelulusan tingkat pusat.

#TIDAK DIPUNGUT BIAYA.
Informasi lebih lanjut dapat diperoleh di Polres/ Polrestabes atau Kantor Polisi terdekat.


Daftar Kategori Lowongan Kerja Semarang

37 Responses to “Seleksi Penerimaan Taruna Akpol Tahun 2013”

  1. Silakan adik adik, ndaftar dan jadilah Polisi yang baik…

  2. budi sa says:

    kalo ada wni yang setingkat SLTA tidak punya nilai ujian negara karena tempat menimba ilmunya tidak pake ujian negara ( lulusan pondok yang insyaallah lebih kokoh dalam pondasi keimanannya,, mudah-mudahan bisa benar-benar amar ma’ruf nahi mungkar) gimana dong??? apa harus tersingkir oleh intelektual dan ambisi duniawi?????

  3. ratna nudya salma says:

    kalo smk gimana pak, bisa nggak?

  4. sipppppppp deh kalo gtu

  5. Masuk akpol harus ada duit banyak dan deking yg kuat.baru bisa lulus.
    Cape2 aja test klo gak ada itu. 100 persen pasti kalah..!
    Yg masuk akpol rata2 anak polisi jg kok..!! Klo gak anak pejabat.

  6. mass mau nanya nih kalo nilai ijasahnya kuran 0,05 bisa ga ya mas kan pendaftara akpol t.a 2013 persyaratanya 7,25 , nah saya 7,20 , kira2 bisa ga ya mas ??,saya sih sudah ikt pendaftaran karna lulusan tahun skrng makanya pake nilai rapot dlu kan ya mas , nah alhamduliah ni itu memenuhi mas rata2 persyaratanya , tapi kalo kurang 0,05 gmna ya mass , toon ginformasihya secepatnya yaa mas :( saya mohon bgd infonya

  7. iya tuh..ada asap pasti ada api. masalah harga?

  8. Kata orang masuk AKPOL itu bayar ratusan juta..? bener apa nggak?

  9. isma banyuwangi says:

    Kata y cih…. masuk apol “GRATIS”…
    Yg ak kuwatirkn dh loloe tes n mngikuti pndidikn tau2 kena bayar puluhan juta… ak jadi ragu ma k inginn ku masuk akpol cz ak ank org miskin dri kecil ak dh “YATIM” Tolong dech pak jlaskn biar kraguan saya hilang n trcapai cita2 saya… amin…. sekian trima kasih…

    • Mbak / mas , di indonesia pendidikan yg terjalin ikatan dinas itu sebenernya gaadayg namanya BIAYA , GRATIS semua . Kalo masalah bayar itu hubungan nya dengan orang yg bawa mbak/mas. Biar ranking tes nya diatas .

  10. dewi kusuma says:

    kalau smk jurusan akuntansi gmana pak???

  11. tri andika malemna ginting says:

    Kalo dari smk bisa masuk gk pak ???

  12. maria lestari says:

    masuk polisi itu.memang memakan biaya besar pak???????????

  13. Kalau lulusan Smk bgaimana pak?

  14. eka pramesti says:

    kalo gk punya ktp jateng gmn dong pak,,?
    soalnya saya dari bali

  15. kalo belum punya KTP, tapi udah lulus gmna pak?

  16. adiwijayalendo says:

    Oke,, thanks for information.

  17. hndry sp.gm says:

    misalnya saya ni brumur 15 tahun bisa ngk saya masuk akpol,tpi pak saya ni sudah S 1 tingkat provinsi,,,,??????sip

  18. untuk th.2014 pendaftarannya kapan pk?

  19. pak kalo lulusan pesantren bisa gk pak,,,?

  20. Http://penerimaan.polri.go.id

  21. Kalau masuk sekolah taruna pasti lulus pak?

  22. febri kristiantoro says:

    pak ma’af mau tanya kalo perokok aktif apa masih bisa di terima di akpol
    .tks

  23. zaid al khair says:

    kalau lulusan pondok biasa tidak???
    tapi punya pengalaman militer dan mempunyai pengalaman bhasa inggris bgus???

  24. Joko tristiyanto says:

    Anak saya ingin jadi Taruna AKPOL,tinggi badan,berat,phisik,psikhis bagus,,,,tp ada gigi lobang,mesti dicabut atau ditambal aja,,,,terimakasih atfisnya….

  25. kalau gugur di panpus apa iya dapet tiket ke brigadir?

  26. kalau yg 16 tahun trus belum bisa buat KTP gimana pak?
    Disini katanya belum bisa buat KTP kalau belum 17 tahun.

Leave a Reply