Tantangan Tenaga Kerja di Era Global

Pelatihan tenaga kerja BLKI Semarang
Tantangan yang dihadapi Indonesia dalam Masyarakat Ekonomi Asean 2015 adalah terjadinya pasar bebas tenaga kerja. Ini berarti tenaga kerja di Indonesia akan bersaing dengan tenaga kerja dari negara asean lainnya.

Pasar bebas tenaga kerja menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah, mengingat saat ini konflik buruh dengan pengusaha masih terus berlanjut terkait dengan upah minimum.

Sementara Myanmar, Kamboja, dan Vietnam menawarkan upah buruh yang lebih murah dibandingkan dengan upah buruh di Indonesia. Rendahnya kualitas angkatan kerja berdampak pada daya saing kompetensi tenaga kerja secara menyeluruh dalam memperoleh kesempatan kerja di dalam maupun luar negeri.

Berdasarkan data BPS Agustus 2012, rendahnya kualitas angkatan kerja terindikasi dari perkiraan komposisi angkatan kerja yang sebagian besar berpendidikan SD ke bawah, mencapai 47,37 persen. Sedangkan angkatan kerja lulusan SMP 28,57 persen dan diploma satu hingga sarjana sembilan persen.

Salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja sesuai Undang Undang Dasar Ketenagakerjaan adalah melalui pelatihan kerja yang diselenggarakan lembaga pelatihan kerja pemerintah dan atau lembaga pelatihan swasta dan perusahaan. Balai Latihan Kerja Industri Semarang sebagai unit pelaksana teknis pusat dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang berdomisili di wilayah Jawa Tengah melaksanakan berbagai pelatihan berbasis kompetensi diperuntukkan bagi masyarakat dan tenaga kerja yang bekerja di industri.

Program pelatihan yang diselenggarakan terdiri atas pelatihan otomotif, sepeda motorm mobil bensin, mobil diesel, body repair, tune up, teknik mekanik las (las SMAW, GTAW & GMAW), operator bubut, frais, CNC, AutoCAD, CAD/CAM, listrik industri, otomasi, pendingin, instalasi listrik, teknisi HP, teknik jaringan, design grafis, bahasa inggris, akuntansi, sekretaris, administrasi kantor, administrasi bisnis, menjahit, garmen, bordir, mebel, operator mesin kayu, drafter, finishing mebel dan lainnya.

Keunggulan Pelatihan di BLKI Semarang:
1. Mendapatkan kompetensi teknis sesuai dengan bidang kejuruan yang dibutuhkan industri.
2. Mendapatkan penempatan kerja yang didahului dengan seleksi.
3. Biaya pelatihan, bantuan transportasi dan makan siang ditanggung pemerintah.
4. Mendapatkan kemudahan akses informasi pelatihan, sertifikasi dan penempatan lulusan melalui kios 3in1.

Berlatih di BLKI Semarang menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia sehingga di masa mendatang Indonesia mampu menyuplai tenaga kerja terampil, bukannya buruh seperti kondisi yang ada saat ini. Untuk bergabung dan informasi hubungi:

BLKI Semarang – Balai Latihan Kerja Industri.
Alamat: Jl Brigjen Sudiarto (Majapahit) No 118 Semarang Jawa Tengah.
Nomor Telepon: 024 6712 680.
Email: info@blki-semarang.com
Website: www.blki-semarang.com

Kategori: Serba serbi .
Loading...
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *