Wisata Alam Semarang di Air Terjun Umbul Songo Kopeng

sumber:panduwisata.id

Kalau kamu kira di Semarang hanya ada wisata kota dengan berbagai bangunan bersejarahnya saja, kamu salah. Ada kok tempat wisata di Semarang yang berbau alam. Namanya Air Terjun Umbul Songo Kopeng.

Di antara air terjun lainnya yang ada di Semarang, Air Terjun Umbul Songo Kopeng merupakan yang paling populer. Letaknya diapit oleh Gunung Merbabu dan Gunung Telemoto dengan ketinggian tempat 1.450 m di atas permukaan laut. Aliran airnya deras setinggi 15 m. Belum cukup sampai di situ, pepohonan hingga suara burung secara alami mampu membuat siapapun yang datang kesana terkesan.

Air Terjun yang Terus Mengalir Meski Kemarau

Sekalipun kamu datang ke sini saat musim kemarau, kamu pasti tidak akan menyesal ataupun kecewa. Karena, air terjun ini tidak pernah berkurang arusnya. Keadaan ini pun memberi manfaat bagi masyarakat di sekitarnya ketika kemarau tiba. Masyarakat tidak kesulitan mendapatkan air bersih.

Eksotisme juga ditunjukan oleh bebatuan di air terjun yang tersususn rapi dengan lumut yang tumbuh secara alami pada dindingnya. Ini menjadi bukti bahwa apa yang ada di air terjun ini benar-benar belum tersentuh apapun. Semuanya masih alami.

Tapi, karena nama tempat wisata di Semarang ini semakin terkenal dengan pengunjung yang juga semakin banyak, pengelola air terjun ini kemudian mulai memfasilitasinya dengan berbagai fasilitas yang dapat mendukung keamanan dan kenyamanan wisatawan. Mulai dari area parkir yang luas, taman bermain anak, mushala, dan toilet.

Jika kamu termasuk orang yang takut menyebur langsung basah-basahan di bawah air terjun, kamu bisa berenang di fasilitas kolam renang. Kolam renang ini secara khusus juga ikut disediakan oleh pengelola air terjun Umbul Songo Kopeng tersebut.

Tersedia Fasilitas Penginapan di Sekitar Kawasan Air Terjun

Menikmati keindahan alam hingga bermain di air terjun ini sangat menyenangkan dan tidak jarang membuat wisatawan lupa waktu. Datang pagi, ingat-ingat sudah sore dan sangat melelahkan jika harus kembali ke kota langsung. Oleh karena itu, pengelola pun menyediakan fasilitas penginapan berupa villa.

Kalau menurut kamu villa terlalu besar untuk ditempati sendiri, kamu juga bisa kok menginap di rumah penduduk. Tarif menginap di rumah penduduk pun jauh lebih murah. Selain itu, menginap di rumah penduduk setempat juga lebih seru karena kamu bisa berinteraksi dan merasakan langsung kehidupan masyarakat di sana.

Air Terjun Umbul Songo Kopeng Simpan Sejarah

Perlu kamu tahu, Air Terjun Umbul Songo Kopeng ternyata menyimpan cerita sejarah. Konon, Umbal Songo Kopeng yang berarti Sembilan Mata Air ini ditemukan oleh Wali di zamana kerajaan Demak. Air ini kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan untuk bersuci, seperti berwudhu pada masa itu.

Debit air yang tak pernah berkurang menjadi bukti kekuasaan Allah SWT yang mengabulkan doa para wali tersebut. Kopeng menjadi salah satu dari mata 9 air yang ada di sini selain Solodhuwur, Tayengan, Contre, Takelan, Pang Jero, dan Kali Sati.

Akses ke tempat wisata di Semarang ini cukup mudah. Kamu tinggal datang saja ke Desa Kopeng di Kecamatan Getasa, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Jika kamu mengambil rute dari Semarang, jaraknya cukup dekat, hanya 54 km.

Pengelola menerapkan tarif tiket yang murah, Rp. 5 ribu saja. Kamu tidak perlu berat-berat bawa bekal makanan karena di sini banyak yang berjualan. Tapi, kalau sudah bawa makanan dan ingin makan di sana, kamu bisa menyewa tikar dan nikmati bekal tersebut sambil menikmati indahnya alam Umbul Songo Kopeng.

Loading...
Daftar Kategori Wisata

One Response to “Wisata Alam Semarang di Air Terjun Umbul Songo Kopeng”

  1. Apik ik…

Leave a Reply