Air Terjun Curug Sewu Kendal

Curug Sewu Kendal

Obyek wisata air terjun Curug Sewu merupakan air terjun dengan debit aliran air terbesar di Jawa Tengah, berada di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Koordinat GPS: 7 5′ 8.64″ S 110 5′ 58.15″ E. Dengan harga tiket masuk hanya Rp 3.500 [April 2015], menyajikan pemandangan alam sekitar yang terlihat sangat indah dan menawan, dan pada saat tertentu, muncul pelangi dengan aneka warna yang mempesona diantara tiga tingkatan air terjunnya.

Pemandangan alam yang indah

air terjun curug sewu kendal

Saat memasuki area air terjun Curug Sewu ini pengunjung disambut dengan patung Prabu Baladewa di depan pintu masuk dan vespa ukuran raksana di dalamnya. Salah satu kelebihan dari obyek wisata air terjun ini adalah, setelah pengunjung memasuki area kawasan air terjun, dengan berjalan tak terlalu jauh dan jalan yang relatif datar, pengunjung bisa menikmati landscape pemandangan alam yang indah beserta air terjun di bagian atas kawasan.

Jika pengunjung ingin melihat dari dekat, tentu harus turun menuruni ratusan anak tangga menuju air terjun. Sesampai di bawah, pengunjung disambut udara sejuk yang bercampur kabut air dari air terjun, dan juga pelangi di sekitar air terjun. Air terjun Curugsewu terdiri dari tiga tingkatan dengan total ketinggian 70 meter, air terjun utama memiliki ketinggian 45 meter, pada tingkatan kedua 15 meter dan 20 meter pada tingkatan ke tiga.

menyusuri anak tangga menuju air terjun
[Pengunjung, travel blogger peserta FamTrip Jateng yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov Jawa Tengah / Dinbudpar Jateng, menyusuri anak tangga menuju lokasi air terjun]

Batu karang

Pelangi dan air terjun

Pemandangan yang indah

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, pada lokasi Air Terjun Curugsewu juga dilengkapi dengan taman rekreasi beserta fasilitas pelengkap seperti Kebun binatang mini, panggung taman bermain anak dan juga berbagai fasilitas lainnya.

Bagaimana Rute Menuju Air Terjun Curug Sewu Kendal ini?

Tak terlalu jauh dari Kota Semarang, atau berada sekitar 40 kilometer dari kota Kendal dengan terlebih dahulu melewati Weleri dan Sukorejo. Kendal sendiri relatif mudah dijangkau, berada di jalur utama Pantura (Pantai Utara Jawa Tengah) yang menghubungkan Kota Semarang – Jakarta. Dari Semarang, lokasi dapat dijangkau dalam waktu yang relatif tidak lama. Sesudah sampai di pusat Kota Kendal, rute yang dapat ditempuh untuk sampai ke obyek wisata Curug Sewu adalah melalui rute Cepiring, Weleri, dan kemudian Sukorejo.

Perjalanan menuju Curug Sewu bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik dengan mobil atau sepeda motor. Jalan menuju obyek wisata Curug Sewu ini sudah berupa jalan beraspal yang halus, namun medan berkelok-kelok dengan cukup banyak tanjakan selayaknya jalan yang membelah area pegunungan. Namun pemandangan yang disajikan memang seimbang dengan perjalanan menuju tempat ini.

loading...
Daftar Kategori Wisata


2 Responses to “Air Terjun Curug Sewu Kendal”

  1. A1 says:

    kepingin ke curug sewu….
    Love wisata nusantara!

  2. Bang Guruh wisnu says:

    The Landscape Look so amazing guys

Leave a Reply