AKPOL – Akademi Kepolisian

akademi kepolisian semarang
AKADEMI KEPOLISIAN, Semarang.
Alamat: Jl. Sultan Agung No 131 Candi Baru Semarang.
Nomor Telepon: 024 8411680-90.
Email : info@akpol.ac.id
Website: http://www.akpol.ac.id

Kurikulum Akpol Semarang disusun berdasarkan pendekatan kompetensi yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Pendidikan dilaksanakan melalui proses pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan dengan tujuan untuk membentuk Taruna menjadi anggota Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum yang profesional, modern dan bermoral.

Profil Lulusan Pendidikan Pembentukan Akpol diharapkan bisa sebagai Manajer Tingkat Pertama (first line supervisor) Tugas Umum Kepolisian yang Akademisi dan Praktisi dengan Kompetensi mampu untuk merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengendalikan dan mengkoordinasikan tugas pokok kepolisian dalam rangka menangkal timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban serta penyakit masyarakat dengan menggunakan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang relevan dan teknologi informasi, mampu untuk melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakkan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, serta Kemampuan mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya dalam rangka pelaksanaan tugas pokok kepolisian yang didukung oleh kepribadian luhur, mental yang tangguh dan kesamaptaan yang prima.


Daftar Kategori Universitas dan Sekolah tinggi
Hashtag: ,

101 Responses to “AKPOL – Akademi Kepolisian”

  1. maaf pak..saya mau tanya..apakah dari jurusan ips bisa masuk..dan apa bila memakai gigi tiruan …bisa di perbolehkan untuk mengikuti pendidikan …terima kasih

    • rizki buna says:

      jurusan ips bisa masuk.

      bila memakai gigi tiruan tentunya akan mengurangi penilaian pada tes kesehatan, dan semua keputusan dan penilaian tergantung dari penguji/dokter itusendiri yang berpedoman pada standar penilaian recruitment.

  2. Mifta Rizky says:

    Pak saya berminat masuk Akpol, gigi saya sehat tapi tidak beraturan bagian atasnya, kalo boleh tau berapa ya kira2 biayanya? saya wanita, keteampilan saya sepak bola, volley, climbing Saya baru kelas 3 SMP apa saja yang harus saya persiapkan untuk mendukung syarat2 masuk kesana? terima kasih ;)

    • rizki buna says:

      pendaftaran akpol BEBAS BIAYA / GRATIS.
      mungkin maksud saudari adalah biaya untuk perawatan atau pengobatan giginya? silahkan konsultasikan kepada dokter gigi.
      waktu adik masih panjang jadi harap untk daat mempersiapkan segala sesuatu dengan matang, jaga kesehatan. kesiapan prima akan menhasilkan sesuatu yang prima pula.

      untuk syarat-syarat masuk dapat dilihat di link berikut.
      http://www.penerimaan.polri.go.id/utama.php?menu=konten/konten&id_hal=50

      untuk tiap tahunnya persyaratan dapat berubah tergantung kebijakan.

      • armand raymond says:

        Pak saya mau nanyak , apa bila terjadi kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan patah di bagian kaki , saat berumur 11 tahun apa kah masih di perboleh kan masuk akademik polisi ? – sekian terima kasih

      • Pak saya mau tanya apabila tinggi badan kira-kira 155 apakah masih bisa masuk?

      • Joko tristiyanto says:

        Pak anak saya pengen jadi Taruna AKPOL,tinggi/berat/phisik sudah mendukung,,,,kalo ada lobang gigi sebaiknya dicabut atau tambal saja?trimakasih atas saranya

  3. assalammuailiakum…
    pak saya mau nanya…apakah bisa masuk ke akademi polisi semarang ini dengan tamatan smk pak
    dan bagaimana dengan syarat syarat mendaftar di akademi polisi ini pak

    • rizki buna says:

      waalaikumsalam..

      Mohon maaf untuk saat ini Akademi Kepolisian tidak menerima lulusan SMK. terima kasih.

  4. ma’f pak, sya mw tanya,,
    apa-apa saja yg perlu di persiapkan untuk msk akpol?
    Apakah tmat SMA bisa lngsung dftr?

  5. assalamuaikum pak

    pak berapa tahun tinggal di asrama akdemi polisi ?
    pak berapa jumlah yang di terima tahun ini?

    • waalaikumsalam.wr.wb

      untuk yang masuk tahun 2013 ini akan menjalani pendidikan selama 4 Tahun dan akan lulus sebagai perwira dengan pangkat Inspektur Polisi Tingkat Dua (Ipda) dan menyandang gelar Sarjana Terapan (S1).

      untuk tahun 2013 kemungkinan yang akan diterima adalah sekitar 300 orang (250 Taruna dan 50 Taruni).

  6. yusuf abdul syukron says:

    assalammualikum pak…. pak SMA negri & swasta untuk masuk akpol ada tidak perbedaan prioritasnya & kriteria penilain rapot SMA di perhitungkan tidak pak? pak kalo lewat jalur prestasi bisa tidak pak? prestasi sayakan sepak bola apakah bisa pak? terimakasih pak….

  7. rahmat.M says:

    pak z mau bertanya..yg palng keras tesnya kalau msuk akpol itu ap..kalau kesehatan jasmani z skrg..lumayan. z bisa restop sampai 25x tmpa istirahat,push up 50x,shit up 40,lari 9km,renang 25m..pakai gaya dada.tpi tinggi badan z masih 162cm..ttpi z sementara ini kuliah sambil ksi tinggi badan..umur z masih 17 tahun 8 bulan.

  8. naufal putra gayoe says:

    ass.
    pak saya siswa keelas ii naik klas iii tahun ini.
    saya berminat msuk akpol tapi saya mmiliki bkas luka kecelakaan dan mmpunyai gigi berlobang apaa penambalan ggi berlobang tidaj terpengaruh terhadap terddaftarnya taruna akpol trims

  9. Inge Yunianti says:

    Mohon maaf Pak, Bpk. Kombes Leonidas Braksan apa masih ngajar di Akpol ? Terima kasih

  10. Permas Heldi says:

    assalamualaikum
    pak saya mau tanya, untuk yang tidak lulus dalam tahap seleski itu bagaimana ?

  11. alfi rahayu says:

    ass
    Pak sya mau tany untk mask akpol itu kta hanya memenuhi persyaratn sehat jasmani sja serta mengumpulkan data2 saja. Atau ad tes fisikny jka ad ap sja tes fisik.a untk perempuan

  12. ranawoko says:

    Pak jadwal seleksi puast di semarang ada enggak ya?

    • ranawoko says:

      maaf Pak .. maksud saya jadwal seleksi dari panitia pusat untuk akpol yang sedang berlangsung idi ada jadwalnya enggak Bapak. Kalau pun ada boleh enggak mintak infonya….(terimakasih)

  13. assalamu’alaikum
    apa benar yang dari lulusan SMK benar-benar tidak boleh ke AKPOL?

  14. Minuk Arifah says:

    Maaf pak, kalau biaya saat pendidikan di akpol itu berapa?

  15. assalamu’alaikum..
    pak, saya mw tanya, kakak saya mau masuk Akpol tahun depan, tapi kami keluarga masih bingung mengenai biayanya.
    tolong, bisa tidak diperinci mengenai biaya masuk, per semester dan biaya-biayan tambahan ainnya hingga lulus?

    terimakasih…

  16. assalamualaikum..
    pak mau nanya, kalo lulusan dari SMK dan dari jurusan informatika. bisa masuk akpol tidak pak??
    terimakasih

  17. Pak,jika berat badan kurang apa bisa keterima?????

  18. pak maaf mengganggu . saya mau tanya tentang kesehatan kalo tangan agak membengkok itu bagaimana ? tinggi untuk wanita burapa dan biyaya setelah lulus tahap seleksi berapa atau setelah di terima menjadi taruni akpol ?
    terimakasih pak

  19. kalo minus mata berpengaruh ga pak?

    • muhammad rizki akbar says:

      Assallamualaikum.wr.wb
      Pak, saya sudah siap untuk masuk akpol, tapi saya masih kelas 3 smp..apakah saya bisa masuk? Saya sudah baca syarat dan ketentuannya..
      Sekian dari saya,saya ucapkan terima kasih

      • Belajar dulu yang rajin ya dik… :)

        • Pak.. Saya kelas 3 sma d tahun 2014 ini.. Tinggi saya 167, bisa di bilang tampan. Saya dapat peringkat terus di sekolah bahkan juara umum. Bahasa inggris saya pas-pasan. Gigi rapi. Saya pernah menjabat menjadi wakil ketos, ketos dan ketua mpk. Saya juga sering ikut pelatihan kepemimpinan. Tapi saya bersal dr keluarga yg sederhana. Dan saat saya bertanya mengenai akpol ke teman yg bapaknya polisi, mereka seakan menutupi info soal akpol. Mungkin bapak punya solusi buat saya. Bapak saya dan saya ingin sekali agar saya bisa masuk akademi.

  20. assalamualaikum pak

    pak saya mau tanya, kalo, gigi tambalan,g mana, pak,dan, ada masuk,polisi,gratis,pak, trimakasih,assalamualaikum

  21. Chumy Chumy Blambangan says:

    ” Apa kah anak “YATIM” n miskin kaya anak saya bisa masuk Akpol….???
    Cz kata y “GERATIS” yg saya takutkn dh lolos tes n mngikuti pndidikn tau2 kna bayar puluhn juta… sedangkn uang to gk siap, Tolong d jelaskn biar anak saya tdk ragu to mncapai cita2 y amin…. skian trima kasih…

  22. Rouf Ulin Caem says:

    pak, dari smk pelayaran bisa masuk pak,?? terima kasih

  23. Saya pengen sekali masuk sekolah akpol
    Gigi saya tidak begitu bagus,dan kuran bisa sit-up
    Apakah seperti begitu bisa sekolah akpol
    Sekian dari saya,terimakasih

  24. Reyginamour says:

    Pak saya mau tanya< saya berniat sekali untuk memasuki akpol. Tapi kelemahan saya adalah memiliki tangan yang gak lurus. Tepatnya nggendewo pinentang dari lahir. Apa itu berpengaruh sekali dengan tes memasuki akpol? Mohon balesanya pak

  25. anggara putra says:

    Pak saya mau bgt masuk akpol gigi saya bagus smua nya tapi tidak rata cuma taring yg tidak rata
    Saya paskibraka kabupaten 2013
    Apa saja perlengkapan masuk akpol pak
    Tinggi saya 172

  26. eka pramesti says:

    pak saya mau nanya, saya sekarang kls xii saya jurusan ips dan saya mempunyai 15 piagam kejuaraan karate baik dri kabupaten hingga provinsi, apa saja yang harus saya lengkapi kalau saya ingin mencari akpol pak,,?

  27. ass..kum..
    pak, kalau gigi gingsul gimana, bisa masuk Akpol nggak?

  28. pak, yg saya baca di website” yg tersedia biaya pendaftara GRATIS. tpi, setelah konsultasi dengan pamong saka bhayangkara dan mendengar dari orang, biayanya bisa sampai ratusan juta. saya jadi pesimis masuk akpol karena saya termasuk golongan bawah

  29. oh iya pak… untuk tahun 2014 pendaftaranya mulai kapan?

  30. pak saya mau daftar akpol 2014 …
    yang diterima berapa yha pak dan apa bisa langsung daftar ke semarang
    … saya anank malang_jawatimur.. mohon pemberitauhanya

  31. nasrun amrullah says:

    ass…
    pak berapa batas umur untuk S 1 dan apakah boleh jurusan ilmu poltik diterima dikepolisian . apakah boleh juga mendaftar mengunakan sertifikat resimen mahasiswa nantinya . terimasih

  32. nasrun amrullah says:

    mohon dibalas segera .

  33. izin bertanya,,
    sy ada penyakit hepatitis B tp tidak aktif dan tidak merusak atau mengurangi fungsi kerja hati apakah masih bisa lulus test POLRI ?

  34. pak saya lakilaki , saya minat masuk akpol biar seperti bapak dan kakak saya , saya sehat tetapi ada lobang di gigi dan cairan di telinga , gimna ? apakah bisa masuk AKPOL ? mohon saran

  35. argha pratama says:

    Mohon maaf pak saya mau tanya. Kalau giginya kropos kropos apakah masih bisa lulus tes pak. Sekian terima kasih.

  36. bilal akbar fadillah says:

    pak saya mw tanya, kalo dari daerah selain magelang berapa kali kita nglewatin tahap” tes nya?? trma ksih ..

  37. rafiqah humaira says:

    saya ingin bertanya. apakah bentuk gigi yang tidak beraturan mempengaruhi nilai test? serta apakah seleksi tulis para calon akpol harus menguasai toefl?

  38. assalamu’alaikum bpk police yang bertugas, maaf sebelumnya saya mau tanya untuk peserta akpol tahun masuk 2010 pada tahun berapa lulusya? dan apakah ada perpanjangan wktu lagi bagi peserta yang mempunyai prestasi. terimakasih dan selamat menjalankan tugas.

  39. Assalamualaikum, pak
    Saya mau nayak kalau lulusan smk apa bisa masuk di akpol soal a kalau di akmil lulusan smk tidak bisa masuk akpol, kalau emang tidak bisa masuk apa alasan nya ya toh itu juga sama jejang pendidikan setara sama sma cuman beda nya di smk di tambah keterampilan, nah itu juga lebih baik jd calon taruna akpol bisa berpengalaman lagi.
    Makasih atas info nya apabila memang smk tidak masuk apa alasan nya pak..
    Wasalamaualaikum

  40. MUH raifqi burhan says:

    tanya pak!, sertifikat SAKA itu bisaa di pakek daftar akpol?…(tolong di jawab pak)

  41. aji nurovik says:

    pak lulusan smk bisa masuk akpol?????

  42. Ika Febri Nur Andarini says:

    Maaf pak sebelumnya, saya mau bertanya, apakah dalam pendaftaran AKPOL ini sertifikat Paskibraka bisa berpengaruh dalam penerimaan?

  43. pak apa untuk masuk akpol dibutuhkan biaya yg besar ?

  44. mf pak, teman sy masuk akpol katanya bayar 500jt, ap benar,!? Mohon kejujuran menjawabnya atas nama Allah, trmksh,

  45. Kami dari Satya Wacana Children Centre Salatiga bermaksud untuk mengadakan kunjungan ke AKPOL SEMARANG…apakah ada program kunjungan anak-anak TK dari AKPOL sendiri?…jika ada, persyaratan/ prosedur apa saja yang harus kami penuhi ?….dan kami harus menghubungi siapa?….terima kasih

  46. assalamualaikum pak. saya kelas XI sma, saya pengen banget bisa masuk di akpol. tapi ada cidera di kaki sedikit. apa itu bisa mengurangi nilai masuk akpol?

  47. assalamualaikum, pak apa masalah gigi di permasalahkan ?

    • yuni artha says:

      pak saya mau nanyak, kalau tinggi 158 cm utk wanita bisa gk lulus seleksi ketinggian? trus pun mana situs yang bisa download soal seleksi akpol akademiknya pak? makasih sebelumnya pak

  48. berapa tinggi badan wanita jika ingin memndaftarkan diri disana pak??

  49. nama saya keke pak skrang saya kelas XII aliyah , saya ingin masuk akpol 2014 , apa saja yang harus saya persiapkan menjelang tesnya ? tes renangya gaya apa pak ?
    apa ada jalur undangannya ?

  50. assalamualaikum pak
    saya ingin bertanya pak, gigi saya tidak beraturan, apakah itu hanya mengurangi nilai atau dapat menggurkan kita di tes kesehatan

  51. etri humaerah says:

    Pendaftaran akpol 2014 tanggal berapa ya?

  52. Anne Rosalina says:

    maaf mau tanya saya punya teman di akpol namanya Yan Frits dulu tahun 1990,LETDA POL NRP 65090731 saya kehilangan kontak sudah lama sekali,bagaimana caranya agar saya bisa berhubungan teman saya? Makasih
    Anne Rosalina,Bandung no hp:085720129920

  53. dyah ayu pramesthi says:

    pak mau tanya ? saya itu orang nya gemuk tapi tidak over bangett kira kira bisa masuk ga ya di kepolisian ndak ? tapi ini saya berusaha berolahraga teratur :D

  54. Arif sulfiwan says:

    Bgaimana pak bila ketahuan menyogok untuk seleksi akpol?

  55. Novy Tarie says:

    Ass pak.
    saya mau tanya, dari dlu saya kepingin masuk Akpol Semarang, tapi saya tnggal di Medan, saya sdah bca syarat & ketentuannya, tpi sya tdak pnya saudara di semarang. apakah bisa masuk tanpa harus berdomilisi setahun di jawa pak>?

  56. asslmualaikum…..
    pak..ada sdikit yg sya tidak tau…..
    apakah tamatan smk bisa masu akpol….???
    mhon jwbnx pak…!!?

  57. Devita Ayu W says:

    Assalamualaikum ..
    saya kelas XI.
    minat masuk akpol. tapi mata saya minus san memakai kacamata.
    Apakah hal itu menjadi halangan untuk masuk akpol?
    terimakasih wassalamualaikum.
    Devita Ayu W.

  58. assalamualaikum,
    saya ingin mendaftar di akpol, saya juga punya piagam dan sertifikat bela diri, tp gigi saya bertambal kira” bisa atau tidak ya?

    • pendaftaran dan pembukaan untuk tahun kelulusan 2014 kapan dibuka? mohon untuk konfirmasi dan informasinya

  59. Ayu lestari says:

    Assalamualaikum.
    pak saya anak perempuan, satu tahun lg saya lulus sma dari jurusan ipa, serta saya aktip d organisasi pramuka dan saka di dalam nya, saya bercita-cita masuk akpol, apa setelah lulus sma saya bisa langsung mendaptar, trus syarat2 yg mempengaruhi masuk akpol itu apa saja.?
    trimakasih

  60. Eunike Azarya Bella says:

    Permisi , pak :) mau tanya nih saya saat ini kls 2 SMA jrusan IPA,nah sbentar lagi juga mau kelas 3 , pengen bgt langsung masuk AKPOL dan papah mendukung :) sedangkan mamah nyuruh kuliah :D pertanyaannya gini pak misal kalau daftar , dan tes segala macam lalu msuk bgitu itu boleh sambil kuliah atau tidak ? Dan di AKPOL itu berapa tahun ya pak ? Hehe maaf pak kalau pertanyaannya membingungkan. Saya belum begitu mengerti tentang AKPOL. terimakasih,, please dibalas :)

  61. Moneyca febryana ismi lestari says:

    Permisi pak saya mau nanya,saya saat ini kelas 2 SMA jurusan saya IPS,saya inget masuk AKPOL,saya suka olahraga pak,saya juga dapat prestasi kejuaraan sepak takraw DKI JAKARTA ya walaupun baru sampe tingkat daerah doang si pa,tinggi saya kurang lebih 168cm,hobby saya futsal,sepak bola,sepak takraw,renang,hampir semua yg berhubungan dengan olahraga dan pendidikan militer saya senangi pa,apa saya bisa masuk lewat prestasi yang saya punya tidak pak?dan kalo make mau daftar cara’gimana?makasih ya pak :) tolong di bales pak saya butuh banget info :)

  62. pak ? kalau lulusan dari smk kehutanan kadipaten, majalengka. atau smk bisa mendaftar di akpol ini ?
    thx.

  63. assalamualaikum maaf pak saya mau nanya apakah wanita itu tingginya harus 160 pas dan berat badanya 50 dan kalau tingginya sekitaran 159 dan berat badanya tidak sampai 50 apa akan bisa tetap di terima atau bagaimana terimakasih.

    • asalamualaiku wr wb
      maaf pak saya mau nanya apakah benar lulusan smk tidak boleh ikut tes Akpol mohon dijawab,thanks..

  64. diana safitri says:

    ass
    selmat sore pak
    saya diana dari sumtra selatan
    pak saya bertanya
    katanya sekolah tinggi ilmu kepolisiaan ini gak nerima yah tahun kemren* dari lulusan smk?
    klo untuk tahun 2014 dan 2015 nerima gak pak
    soalnya say pengen bget msuk dan jdi akpol
    saya ining mengangkat derajat ibu syaa
    terimksih pak seblm ny

  65. Jeffri handoko says:

    Pak, saya mau tanya
    akpol ta 2014 kan yang di ambil 350 orang, itu seluruh indonesia apa cuma wilayah tertentu saja ?
    Tolong pak informasinya, terima kasih. .

  66. beriansyah says:

    assalamu’alaikum..
    pak, saya ini tngginya 172cm beratnya 70kg, tapi saya dari pesantren, jadi apa dari pesantren bisa masuk akpol pak..?

  67. Habibi Phylhosofya says:

    Pak, izin saya mau tanya apakah mata minus bisa mendaftar menjadi anggota Polri?

  68. Siang pa, saya siska widianti dari sma n 2 Tegal saya minat sekali masuk akpol tinggi saya 160 cm saya mempunyai bakat dibidang olahraga yaitu volley dan saya aktif dikegiatan sekolah pertanyaan saya saya mempunyai sertifikat dan piagam penghargaan di tingkat kota,itu akan mempengaruhi nilai tes apa ga?

  69. siang pah saya mau tanya ni ,, kenapa sih lulusan SMK tidak bisa mendaftar dlm Akpol ??
    .. kan semua tergantung fisik !!

  70. Dina Maria Silaen says:

    sore pak.
    saya dina maria silaen dari SMK SEI RAMPAH.saya sangat berminat untuk masuk akpol.
    tinggi saya 160 cm saya mempunyai bakat dibidang olahraga yaitu taekwondo dan pertanyaan saya, saya mempunyai sertifikat.
    apa iTu akan mempengaruhi nilai tes apa ga pak ?

  71. TOMI EKOPRANSETIO says:

    Permisi Pak/Bu..
    Mohon maaf apabila saya menggangu, saya mau tanya untuk pendaftaran masuk akpol itu tgl berapa untuk th 2014, persyaratan apa saja yang harus dipenuhi, saya lulusan SMA tahun 2011-2012 jurusan IPS, terimakasih atas waktu nya bpk/ibu, bls..

  72. Dimas bosty says:

    Saya ingin bertanya Pak…apakah dengan kemampuan bahasa Inggris saya yang aktif dapat mendukung tes akpol untuk saat ini TOEFL saya sudah mencapai 400 tetapi dari segi keuangan keluarga kami tergolong dari keluarga sederhana sehingga tidak bisa mempersiapkan dana yang ratusan juta saat ini saya masih duduk di kelas 7 SMP terima kasih atas jawabannya Pak

  73. Assalamualaikum pak..

    Saya mau masuk akpol,saya mau bertanya tentang akpol,yg d tes nya itu apa saja ?
    Saya ingin mempersiapkan nya..
    Kalau ijasah belum kluar apa bsa masuk akpol,saya bru kelas 3 SMA..
    Terima kasih..

  74. assalamualaikum pak.
    pendaftaran akpol tahun 2014 dimulai kapan pak?

  75. agungpe4@gmail.com says:

    alrian dimana ya?namanya kok ngk asing hehe

  76. desi fatmawati says:

    assalamualaikum….maaf bapak saya mau tanya kalau lulusan bidan D3
    bisa apa tidak? mulai pendaftaran tahun 2016 kpn???
    trimakasih :)

  77. Selamat pagi pak
    Apakah tamatan smk jurusan perhotelan bs masuk akpol

  78. Selamat pagi pak

    apakah tamatan smk jurusan perhotelan bs masuk akpol?

  79. Assalamualaikum.

    Saya ingin bertanya pak, pendaftaran akpol 2014 itu tanggal berapa ya pak, agar saya tidak telat.

    Terimah kasih

  80. pak , saya mau nanyak …
    kriteria kaki o yang masih besar untuk kemungkinan lulus tu gmana ?
    dan kalau saya boleh tau , dokter yg bagus untuk mengecek kaki saya ini dokter khusus ap dokter2 yg ada d rumah sakit terdekat & untuk seleksinya sendiri apakah dipakai dokter dari kepolisian sndiri ? sekian tks ..

  81. yogi nugraha says:

    assalamualaikum .
    saya siswa kls 2 smk jurusan te.informatika izin bertanya apakah siswa SMK seperti saya sulit kemungkinannya masuk kepolisian ? alasannya knpa pa

  82. lilis widiarto says:

    Pak mau tanya mau masuk akpol tapu ada bekas jahitan operasi usus buntu sepanjang 19 cm tapi sudah sejak saya berumur 8 bulan sekarang 18 tahun gimana ya pak

  83. Komentarnya ditutup saja ah… :D