Gedung Kesenian Sobokarti

Gedung Kesenian Sobokarti Semarang
Sobokartti, Perkumpulan Seni Budaya dan Gedung Cagar Budaya Semarang.
*Banyak disebut dengan Sobokarti, nama asli Gedung Sobokartti (2 huruf t).

Minat dan perhatian Thomas Karsten pada kebudayaan dan kesenian lokal ( Jawa ) sudah diperhatikannya semenjak kedatangannya di Nusantara. Ia termasuk pendiri Java Institut dan tokoh de Oudheidkundige Commissic. Kedua organisasi tersebut bergerak di bidang kebudayaan dan kesenian Jawa. Berdasarkan pengkajiannya dan pemahamannya tentang kesenian rakyat setempat, ia mengajukan usulan rancangan teater untuk mempertunjukkan kesenian tersebut. Teater ini sebagaimana ditandaskan berbeda dengan teater Barat, sehingga rancangan gedungnyapun harus menunjukkan hal tersebut . Di dalam gedung ini dapat dipertunjukkan baik wayang orang maupun wayang kulit.

Teater Sobokarti merupakan karya Karsten kedua yang bertampang Jawa, setelah sebuah pendopo di komplek Istana Mangkunegara, Surakarta (1923). Nyata sekali bahwa ia belajar banyak dari bentuk pendopo, sehingga ini pun diterapkan dalam rancangan teater tersebut. Pada tahun lima puluhan gedung ini pernah dipakai untuk sebuah sekolah tinggi yang dipimpin oleh dr. Paryono. Sejak dulu memang selain dipergunakan untuk tempat pertunjukkan, gedung ini sekaligus juga untuk tempat latihan berbagai seni tradisional.

Pertunjukan Wayang Kulit

Kegiatan-kegiatan yang saat ini diselenggarakan di Gedung Sobokartti antara lain Latihan karawitan, Pentas rutin pedalangan, Kursus pedhalangan, Kursus pranatacara, Kursus membatik serta Latihan tari.

Pertunjukan Wayang Orang

Gedung Kesenian Sobokartti Semarang.
Alamat: Jalan Dr Cipto 31-33 Semarang, Indonesia.
Nomor Telepon: +62 24 70373060 (informasi kegiatan); +62 24 6712334 (umum)
Email: sobokartti@yahoo.com
Website: http://sobokartti.wordpress.com

Daftar Kategori Gedung Kuno

Promote

Leave a Reply