Kepulauan Karimunjawa

Merupakan Taman Laut Nasional, Kepulauan Karimunjawa berada di laut jawa arah barat laut Jepara. Terdiri dari gugusan 27 pulau dengan pesona keindahan alam, pantai dengan pasir putih dan bawah laut, menjadi salah satu tujuan wisata yang tak terlalu jauh dari Kota Semarang. Terumbu karang dan variasi dari flora dan faunanya menjadikan Kepulauan Karimunjawa salah satu Taman Laut Nasional di Indonesia.

Gambar Tugu Selamat Datang Karimunjawa

Foto Pantai Karimunjawa Pohon Kelapa

27 Pulau di Kepulauan Karimunjawa: Karimunjawa, Menyawakan, Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Sambangan, Krakal Besar, Krakal Kecil, Kemujan, Parang, Tengah, Nyamuk, Cemara Besar, Cemara Kecil, Genting, Kembar, Sintok, Burung, Burung, Katang, Bengkoang, Mrico, Batu, Gundul, Geleang, Cendikian, Seruni, Cilik.

Kapal motor cepat KMC Kartini 1 Pulau tengah KarimunjawaSunset di kepulauan karimunjawa Berenang bersama diantara ikan hiu

Bagaimana mencapai Kepulauan Karimunjawa?
Sarana transportasi menuju Karimunjawa bisa diakses melalui pelabuhan Jepara dengan kapal Ferry Siginjai atau Express Bahari, melalui pelabuhan Semarang dengan kapal cepat Kartini atau melalui pelabuhan kendal dengan kapal Express Bahari.

Harga Tiket Penyeberangan: Kapal Ferry Siginjai Rp 75 Ribu, Kapal Cepat / Express Rp 150 Ribu / penumpang (one way).

Jadwal Keberangkatan Penyeberangan Ke Karimunjawa:
Jadwal Penyeberangan ke Karimunjawa
*Updated Juli 2017, Jadwal dan harga tiket mungkin berubah, hub nomor di atas.

Kapal Cepat Kartini I, khusus penumpang, kapasitas 168 orang, fasilitas AC. Dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan dari dermaga Kartini Jepara ke Karimunjawa, sedangkan dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang adalah 3,5 jam perjalanan. Sedangkan Kapal Ferry Siginjai dengan waktu tempuh Jepara – Karimunjawa 5-6 jam perjalanan.

Kapal Cepat Kartini atau Express Bahari lebih cepat namun kapal ferry memungkinkan jika penumpang membawa muatan lebih besar seperti mobil jika ingin jalan jalan di karimunjawa dengan mobil sendiri.

Foto: Hello Karimun.

Loading...
Daftar Kategori Serba serbi

3 Responses to “Kepulauan Karimunjawa”

  1. Karimunjawa - Si Jelita Dari Tengah Laut Jawa says:

    Kepulauan Karimunjawa berada nun jauh di tengah Laut Jawa. kecantikannya sempat lama terpendam, sebelum beberapa tahun terakhir melesat menjadi salah satu destinasi wisata unggul di wilayah Jawa tengah selain Borobudur dan Dieng.

    Ragam pelancong berdatangan, domestik maupun asing. Karimunjawa adalah kepulauan di wilayah Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Kepulauan ini terdiri atas 27 gugusan pulau dan jadi rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut.

    Diantaranya tercatat 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat di sini adalah elang laut dada putih, penyu sisik dan penyu hijau. Terumbu karang di kepulauan ini merupakan jenis terbanyak dan terlengkap di laut Jawa.

    Eksotis. Itulah kesan yang dapat diungkapkan ketka pertama kali menginjakkan kaki di kepulauan yang memiliki panorama alam laut yang luar biasa indahnya. Untuk mencapai pulau yang terdapat di tiga desa ini (Karimunjawa, Parang dan Kemojan), memang tidak selalu mulus.

    Pengunjung harus mengarungi laut jawa. Penyeberangan dapat ditempuh mealui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Pantai Kartini di Jepara. Apabila melalui Tanjung Emas, perjalanan dapat ditempuh menggunakan KM Kartini express selama sekitar 4 Jam.

    Namun apabila memilih jalur jepara dapat ditempuh sekitar 1,5 jam menggunakan Kapal Motor Executive. Sebagai catatan, saat ini di pulau ini juga sedang dibangun landasan udara yang bisa didarati pesawat angkut ringan seperti Casa 212.

    Sesampai di Dermaga Karimunjawa, pengunjung disuguhi pemandangan laut dengan air yang sangat jernih memperlihatkan gugusan terumbu karang di dasarnya. Sementara saat pandangan menghadap lurus, akan dihadapkan dengan bukit yang hijau dan asri.

    Bagaimana dengan fasilitas akomodasi? Anda tak perlu khawatir. Di pulau ini, banyak penduduk setempat yang menyediakan homestay sesuai selera, tentunya mempertimbangkan budget, terdapat beberapa hotel yang cukup memadai fasilitasnya.

    Perjalanan menuju karimunjawa memang cukup melelahkan. Tapi sepanjang perjalanan, jika tidak ada halangan ombak tinggi, kita bisa istirahat menghemat tenaga di kapal. Setiba di pulau, terserah, mau istirahat dulu atau langsung keliling pulau naik perahu motor.

    Terdapat beberapa pilihan obyek wisata yang hampir seluruhnya menyuguhkan eksotisme bahari. Antara lain pulau Gosong, Pulau menjangan, Pulau Menjangan Kecil, Tanjung gelam, Pulau Cemara Besar, Pulau Cilik, Pulau Karimunjawa, Pulau Tengah dan masih banyak lagi.

    Di pulau Gosong, kita bisa diving/snorkeling melihat pemandangan bawah laut yang terhampa indah gugusan terumbu karang hidup. Dengan kedalaman sekitar satu meter, wisatawan bisa melihat jelas aktivitas ikan hias dan dapat memberi makan ikan dengan roti.

    Menjelang senja, wisatawan akan diarahkan menuju Pantai Tanjung Gelam, di ujung Pulau Karimunjawa. Pantai ini berpasir putih halus. Di lokasi ini, pemburu fotografi dipastikan tidak akan kehabisan obyek untuk mengabadikan moment tenggelamnya matahari di ufuk barat. Proses utuh sunset bisa dinikmati jika cuaca cerah. Mulai saat matahari yang perlahan memerah, lalu tenggelam memancarkan cahaya yang menyemburat di permukaan laut yang airnya cukup tenang.

    Saat inilah momen yang sungguh mampu menggetarkan hati untuk mengagumi semesta alam. Momentum itu belum habis karena di pagi hari berikutnya, wisatawan dan terutama yang gemar fotografi, jangan lupa menyantap pesona sunrise.

    Menjelang adzan Maghrib, wisatawan diantarkan kembali menuju dermaga untuk beristirahat di penginapan masingmasing. Apabila ingin berkeliling di pulau ini, penduduk setempat juga menyediakan persewaan sepeda motor.

    Akhir pekan di Karimunjawa, jangan harap mencari tempat hiburan ala kota. Di pulau ini, setiap malam Minggu para remaja biasa berkumpul di alun alun yang lokasinya tepat di pinggir pantai.

    Biasanya, pihak pemerintah setempat menyediakan hiburan umum seperti layar tancap. Jika tidak Dinas Pariwisata Kabupaten Jepara biasanya menyuguhkan pertunjukan dangdut di alun alun. Namun jangan bayangkan panggungnya gemerlap. Hanya ada panggung setinggi 1,5 meter dengan ukuran panjang dan lebar sekitar 4×5 meter. Sangat mungil untuk kelas pertunjukan massal.

    Di lokasi ini, juga tersedia mainan banana boat dengan kapasitas lima orang. Lantas, berapa sih modal melancong ke Karimunjawa? Untuk backpacker mungkin bisa menghemat, kecuali transport dari Semarang atau Jepara ke Karimunjawa PP.

    Dan yang tak kalah dahsyat, dan ini termasuk daya tarik utama Karimunjawa, ada di Pulau Menjangan Besar. Di Pulau ini, terdapat penangkaran ikan hiu hitam dan putih. Wisatawan diizinkan berenang diantara ikan ikan hiu, dengan syarat tidak boleh menyentuh/memegang ikan ganas tersebut.
    Sebagai gambaran, banyak operator mematok tarif paket wisata 3-5 orang dengan biaya per kepala antara 500 hingga 600 ribu, dengan masa perjalanan plus tinggal 3 hari 2 malam. Kelihatannya cukup mahal, tetapi ini sebanding dengan pesona yang bisa dinikmati di Karimunjawa. [April 2013]

  2. karimunjawa says:

    karimunjawa memang kaya akan alam, semoga kita semua bisa menjaga kelestariaannya agar anak cucu kita ntr bisa menikmati apa yang kita nikmati sekarang di karimunjawa

  3. Kapan2 aku mbok dijak ke sana mas, biar greget, wkwkwkwkw

Leave a Reply