clear

Mercusuar Pelabuhan Tanjung Emas

Gambar mercusuar semarang tanjung emas
Bangunan mercusuar ini sudah termasuk tua, karena menurut inskripsi yang terdapat di atas pintu mercusuar ini, dapat diketahui bahwa tahun pembangunannya adalah 1884. Tidak diketahui siapa yang merencanakannya. Namun tentu erat kaitannya dengan pengembangan pelabuan sebagai pelabuhan ekspor hasil bumi oleh Pemerintah Kolonial pada waktu itu. Pada masa menjelang akhir abad 19 Jawa merupakan penghasil gula nomor 2 di dunia. Gudang-gudang di pelabuhan disempurnakan demikian pula dengan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ini agar dapat disingahi kapal dagang yang lebih besar. Pemerintahan Belanda mendirikan mercusuar serupa di beberapa tempat di jawa pada waktu yang hampir bersamaan.

Foto Foto di sekitar Mercusuar:
Foto langit biru dan awan mercusuar

Gambar aktifitas di pelabuhan tanjung emas

gambar kapal yang sedang bersandar di pelabuhan

Mercusuar merupakan bangunan menara dengan sumber cahaya di puncaknya untuk membantu navigasi kapal. Sumber cahaya yang digunakan beragam mulai dari api, pada jaman dahulu, lampu sampai lensa. Karena kini teknologi navigasi kapal laut telah berkembang pesat dengan bantuan GPS, jumlah mercusuar di dunia telah merosot. Fungsi Mercusuar biasanya digunakan untuk menandai daerah-daerah yang berbahaya, misalnya karang dan daerah laut yang dangkal.


Daftar Kategori Gedung Kuno, Serba serbi, Update
Hashtag:

3 Responses to “Mercusuar Pelabuhan Tanjung Emas”

  1. Kondisi bangunan mercusuarnya harus tetap terawat baik, shg menjadi panduan keamanan pelayaran laut.

  2. Foto-fotonya bagus :)

    Foto mercusuar tanjung emas dari laut
    The Indonesian word for a lighthouse is mercusuar or (in two words) mercu suar. The phrase menara suar, which includes the Arabic word menara, is sometimes used instead. Tanjung and ujung are words for capes, pulau is an island, selat is a strait, karang is a reef, and teluk is a harbor.

  3. neng semarang jo lali neng tanjung mas yo

Leave a Reply