MURI Museum Rekor Dunia Indonesia

muri museum rekor indonesia


Museum Rekor Dunia Indonesia didirikan atas prakarsa Jaya Suprana di kawasan industri Jamu JAGO Jalan Perintis Kemerdekaan Semarang pada 27 Januari 1990 dan diresmikan oleh Menko Polkam Soedomo dan Menko Kesra Soepardjo Roestam disaksikan oleh Ketua PMI Pusat Ibnu Soetowo dan Gubernur Jawa Tengah, HM Ismail. Museum Rekor Dunia Indonesia kemudian lebih popular dengan sebutan MURI yang diberikan oleh Soepardjo Roestam pada upacara peresmian MURI.

Gedung MURI sendiri berada di kawasan industri Jamu Jago Semarang. Luas ruang sekitar 600 m2 terdiri dari ruang ekshibisi data dan foto MURI, balai pertemuan dan ruang eskhibisi Museum Jamu Jago yang menampilkan foto-foto dan benda-benda bersejarah perusahaan yang pada tahun 1918 di desa Wonogiri, Jawa Tengah oleh TK Suprana. MURI merupakan lembaga pertama di Indonesia yang khusus menghimpun data-data rekor superlatif di Indonesia. Pendirian dan pelaksanaan kegiatan MURI didukung sepenuhnya oleh kelompok- usaha Jamu JAGO.

Rekor-rekor yang diciptakan masyarakat untuk MURI bukan hanya rekor-nasional namun juga rekor-dunia. Edisi perdana BUKU MURI atas prakarsa Wakil Ketua Umum MURI, Aylawati Sarwono akan diterbitkan PT Elex Komputindo, kelompok Gramedia pada HUT 19 dan ulang tahun ke-60 Pak Jaya Suprana.

Museum Rekor Dunia Indonesia terbuka untuk kunjungan umum tanpa dipungut biaya, setiap hari kerja Senin sampai Jumat mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 14.00. Untuk kunjungan siswa sekolah rombongan turis, lembaga dianjurkan membuat reservasi kunjungan selambat-lambatnya dua minggu di muka ke kantor MURI.

Kantor MURI Museum Rekor Dunia Indonesia
Alamat : Jalan Perintis Kemerdekaan No 275 Semarang.
Nomor Telepon : 024 7475172
Website: http://muri.org
Email : info[at]muri.org

Peta Lokasi MURI Museum Rekor Dunia Indonesia Semarang Srondol:
GPS Waypoint: 7°4’10.58”S (Latitude) 110°24?39.08” E (Longitude)
Google Map Refference (-7.069606,110.410856)
Jadi MURI bukan di JAKARTA ya… :)


Daftar Kategori Museum
Hashtag: , ,

20 Responses to “MURI Museum Rekor Dunia Indonesia”

  1. Endang G. Sawarno says:

    Dear Muri,
    bagaimana caranya mengajukan proposal utk suatu group seni supaya mendapatkan penghargaan rekor Muri ?
    Sambil menunggu jawaban, saya ucapkan banyak terimakasih.
    Endang G. Sawarno.

  2. yusuf nugroho says:

    Tangerang,29 februari2012

    Perihal:”Pengajuan permohonan Rekor MURI”kontek judul “reward penelpon Dan penerima panggilan terlama untuk provider PT XL Axiata.Tbk

    Kepada yth,
    Bapak/Ibu Pengelola MURI
    di Semarang

    Salam Hangat,

    Dengan ini saya secara pribadi memohon dan mengajukan kepada pihak management MURI yang mana saya berkeinginan untuk mengajukan permintaan untuk “diNOBATKAN” sebagai REKOR
    pengguna Provider/pelanggan PT XL Axiata yang mana saya selaku pemilik no ponsel 087810611978 telah melakukan panggilan 1X24 jam dengan durasi panggilan terlama dg no tujuan panggilan juga dari provider PT XL Axiata dg no ponsel 081805881980 dengan pemilik no yang bernama ibu Dyah Candra Indrawati yang berdomisili saat ini di kab Blora jateng,Untuk akumulasi panggilan tersebutdalam satu hari 1 x 24jam minimal panggilan 3 s/d 5jam dalam satu hari atau sekitar berdurasi 180 menit s/d 300 menit dalam melakukan panggilan / menerima panggilan ,blm termasuk panggilan masuk atau keluar ke no lain tetapi tetap satu provider PT XL Axiata.Tbk.Kiranya permohonan dan permintaan dari kami selaku pelanggan provider PT.Xl Axiata yang setia menggunakan produk dari XL mengucapkan banyak terima kasih atas dikabulkanya permohonan kami untuk di Nobatkan sebagai REKOR MURI untuk kategori” Pelanggan provider PT XL Axiata Tbk yang setia menggunakan produknya dengan melakukan panggilan terlama dalam waktu 1×24 jam.trima kasih.
    Salam hangat,yusuf Nugroho

  3. Saya selaku pembimbing study tour dr smkn 26 jakarta mohon diijinkan untuk dapat mengunjungi musium tersebut seb agai penambah wawasan siswa siswi kami dalam memotivasi untuk lebih berprestasi. Bila di perkenankan kami akan datang pada hari jumat depan tgl 22 juni 2012 jam 8 pagi bila ada syarat yg perlu di penuhi kami segera sampaikan secepatnya. Atas perhatian diucapkan terima kasih. Koko smkn 26 jakarta

  4. Saya punya saudara jauh yang pernah dapat penghargaan dari MURI untuk Pengumpul guntingan kertas koran yang berhubungan dengan olah raga dari tahun 1972. Bisa kah saya mendapatkan data ulang nya. Dan data kebenaran nya karena saya coba cari di info MURI tidak saya temukan.
    Terima kasih. Penghargaan waktu itu di berikan oleh Bapak Paulus Pangka di Ungaran ( Jamu Djago )

  5. christina diah says:

    selamat malam .. Saya seorang siswi SMA .. Saya ingin mengajukan rekor buku puisi terkecil dengan tulisan yg extra kecil , tmpat tinggal saya di Magelang .. Lalu bagaimana ?

  6. Dear Muri,
    bagaimana caranya mengajukan proposal utk suatu kegiatan
    supaya mendapatkan penghargaan rekor Muri ?

    Kegiatannya adalah Family Environment Edutainment, yang akan di adakan pada saat liburan sekolah di bulan Juni 2013.

    Ditunggu feedback selanjutnya dan saya ucapkan banyak terimakasih atas jawaban yang diberikan.

    Salam
    Mia

  7. sahala simanjuntak says:

    Mohon tanggapan terhadap menyanyikan 200 lagu midley non stop.

  8. Yuni Astuti says:

    Dear Muri !
    Saya adalah Kepala SLB Pembina TK. Nasional Bag. C Malang, di sekolah saya memiliki sebuah band yg bernama “The Special Band” merupakan sebuah band yang kolaborasi antara anak tunanetra dan tunagrahita, saya ingin band kami bisa masuk MURI dengan menyanyi 100 lagu nonstop. Mohon petunjuk apa yang harus saya lakukan dan apakah ada biayanya, jika ada berapa?
    Trimakasih saya ucapkan atas perhatian dan kerjasamanya

  9. Yoseph Sugiarta says:

    Kepada Yth,
    Bapak/Ibu Pengelola MURI
    di Semarang

    Salam hormat,

    Perkenalkan nama saya Yoseph Sugiarta, beralamat di Jatiwarna RT002/04 Kec.Pondok Melati, Kota Bekasi. Dengan ini saya memohon bantuan untuk informasi nomor telephone Bapak Masudin dari Jombang yang dapat menyembuhkan tunarungu. Hal ini dikarenakan anak saya yang kedua mengalami tunarungu sejak lahir dan berkeinginan untuk datang mengobatkan anak saya ke Jombang, sehingga dapat membuat janji terlebih dahulu.

    Demikianlah permohonan saya, atas bantuan Bapak/Ibu pengelola MURI saya ucapkan terimakasih. Tuhan memberkati.

    Salam Kasih Yoseph Sugiarta ( HP:081382642369)

  10. Boedie Soekarno says:

    Dear MURI,
    Bagaimana cara saya untuk menyampaikan talent dan karya cipta serta profile/ debut seni saya yang muncul pada usia 55 tahun dan perdana agar supaya dapat dicatat di rekor MURI, mohon infonya mengenai persyaratan tsb.
    saya senantiasa menunggu balasannya.

    Salam Hangat,
    Matur Nuwun Sanget

    Boedie Soekarno
    Mobile : 0812.3457.6467, Home : (021)7316868
    Address : Perum Kunciran Mas Permai, Jl.Cucut Blok D3 No.99, Kunciran Indah
    /Pinang/Kodya Tangerang 15144

  11. hendriyanto says:

    Dear Muri .. saya ingin membuat rekor remote mainan via internet . thx

  12. Jusak Johan Handoyo says:

    Dear Ibu dan Bapak Pimpinan Pengolala MURI,

    Perihal rekor MURI materi FILATELI yg telah mendapatkan penghargaan dalam Pameran Nasional & Internasional (lebih dari 1.200 halaman) dan berkenaan dengan HUT – 150 Prangko INDONESIA Pertama, merupakan suatu “kebanggaan” sejarah Bangsa & Negara NKRI.

    Mohon maaf sebelumnya,
    Mungkin karena kesibukan MURI, E-mail kami tertanggal 3 Desember 2013 dan 7 Februeari 2014, mohon kiranya dapat dipertimbangkan dan kami menunggu khabar-baiknya, terimaksih.

    Best rgds,
    Sangadji Stamp.

  13. adi sutriyono says:

    saya adi anak lampung ingin di kategorikn sbagai muri karna saya bisa suara donal duck dll.bila tak percaya hub 085768051975.

  14. Dear muri
    Saya ingin mengajukan keluarga saya sebagai keluarga yg memiliki anak kidal terbanyak dimana
    Anak saya 2 kidal
    Anak adik saya 2 kidal
    Dan anak adik saya yg satunya lg juga 2 kidal
    Kiranya bisa dipertimbangkan
    Sekian dan terima kasih

  15. Saya adl murid kls 11 dari sebuah SMA di semarang. niat saya adalah ingin membuat rekormuri dunia indonesia dg konsep replika lukisan / foto dari beberapa ratus – ribu permen. bagaimana cara agar mndapat rekormuri trsebut? mohon konfirmasinya. terimakasih

  16. yth MURI

    Ayah saya menjabat mnjadi ketua RT selama 27 th tanpa pamrih.apakah ini layak untuk mndapat rekor Muri sbg bntuk pnghrgaan atas pngabdiannya?
    trm ksh atas pnjelasanya.

  17. zainal muttaqin says:

    Selamat malam ibu/bpk ketua Rekor Muri INDONESIA saya berke’inginan untuk membawa nama harum kota pekalongan+ memberi kenangan pada calon istri saya . Saya ingin memberi kejutan di hari jdi calon istri saya dengan cara saya akan lari dari kota semarang sampex kota pekalongan dengan waktu 1 hari apa kah itu sudah cukup buat mendapatkn Rekor muri.
    Terimaksih
    Zainal muttaqin kota pekalongan barat
    Bisa hubungi saya 089649011068 / 223FC2A3

  18. heru nugroho says:

    Yth Record Muri
    kami sebagai produser acara talk show Dokter Kita Jogya TV pingin sekali mendapat informasi dari record Muri..acara talk show kami dimulai 5 September 2004 dan sampai saat ini terus masih live interaktif berari telah lebih 1o tahun..mengingat acara ini edukatif dan tak pernah berhenti apakah sudah dapat masuk record muri?
    salam
    Heru Nugroho

  19. warman.bonde says:

    ass, kepada yang terhormat bapakibu, pengurus rekor muri nama saya warman bonde alamat sulawesi utara manado, saya telah menemukan telur ayam seram yang ukuranya lebih kecil dary telur burung puyuh dan saya mengklaim bahwa telur temuan saya ini adalah telur ayam terkecil dy dunia, trs saya mau tnya apakah telur ayam trkecil dy dunia ini bisa masuk muri . ? ? hp 085657377644. 085756076836

Leave a Reply