Museum Kereta Api Ambarawa

Lokomotif B 2502 museum kereta api ambarawa
Museum Kereta Api ini dulu merupakan stasiun kereta api, namun kini beralih fungsi menjadi museum. Berada di pusat kota Ambarawa, sekitar 20 km dari Ungaran, Kabupaten Semarang. Museum Kereta Api Ambarawa memiliki salah satu kereta api uap dengan Lokomotif Nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen, kereta api yang pernah berjaya pada zamannya, yang sampai sekarang masih dapat menjalankan aktivitas sebagai kereta api wisata.

Lokomotof tua museum kereta api ambarawa Bangunan kuno museum kereta api ambarawa

Lokomotif No B 2502 ini dengan kelengkapan Kereta api uap bergerigi ini sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di dunia. Dua di antaranya ada di Swiss dan India. Selain koleksi-koleksi kereta tadi juga ada berbagai macam jenis lokomotif uap dari seri B, C, D hingga jenis CC yang paling besar (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik) di halaman museum.

Suasana di depan Museum Kereta Api Di satu sudut Museum Kereta Api

Stasiun Kereta Api ini didirikan karena untuk permintaan dari King William I. Ini sebelumnya digunakan untuk mengangkut pasukan. Namun pada tahun 1970, stasiun ini ditutup. Sebagai hasilnya, jalur dari Magelang – Semarang – Yogyakarta tersebut sudah tidak ada lagi. Pada tahun 1976, Gubernur Jawa Tengah, Soepardjo Roestam, mengubah fungsi stasiun ini menjadi Museum Kereta Api. Meskipun kelihatannya tua, namun bangunan dan semua peralatan yang masih terpelihara dengan baik. Suasana ini tampaknya membawa pengunjung ke masa kejayaan kereta dari Nederlandsch-Indische Maatschappij Spoorweg.

Museum Kereta Api Ambarawa.
Alamat: Jalan Setasiun No 1, Ambarawa Kab Semarang.
Nomor Telepon 0298 591035.
Update: Setelah cukup lama tutup dan tidak menerima kunjungan umum karena restorasi, mulai 1 Oktober 2014, museum kembali dibuka untuk umum.

Loading...
Daftar Kategori Daftar Museum, Wisata
Tags:

33 Responses to “Museum Kereta Api Ambarawa”

  1. loker semarang says:

    Ayo wisata ke semarang…

  2. Tempat Yang bersejarah..ayo Mari ke Semarang Jangan lupa mampir kesini

  3. giznaxia says:

    haduuuu,, deket ama rumah saya ini

  4. tgl 10 mei nelpon ke museum, di nomor 0298-591035 (dapet dari 108). Katanya museum masih tutup, entah kapan dibuka lagi… hiks… indonesia yah, kok renovasi aja lama banget… padahal bagus banget buat tempat wisata. Trus utk naik kereta api kuno-nya, kudu pesan dari semarang, dengan harga paket yang tidak bersahabat. Hanya ada 2 paket, yang harga 5juta dan 7juta per sekali perjalanan. Hiks…

  5. Bromo Travelling says:

    sangat menarik untuk dipelajari..

    nice article 🙂

  6. museumnya deket rumahnya mbahku mas, tp seumur2 baru dua kali ke museum ini dan jaman cilik :D, apakah sudah ada perubahan?

  7. toko bunga says:

    bagus sekali museumnya, perlu di jaga dan di lestarikan karena merupakan salah satu peninggalan bersejarah 🙂

  8. Kalo mau naik kereta wisata gimana caranya?
    Mohon info

  9. Wah kecewa berat, setelah berkendara 400 km lebih dr bandung ternyata DITUTUP dgn alasan renovasi TANPA INFO KAPAN DIbuKA KEmBALI.

  10. javas wiryatama says:

    saya sudah kontak pihak museum ambawara per 18 oktober 2013, DITUTUP untuk umum sampai batas waktu yang tidak jelas, namun bisa di kunjungi dengan perjanjian khusus melalui “Asmen DAOP IV Semarang, Jl. Thamrin No. 3 Semarang no telp. (024) 3544606” naik kereta uapnya pun harus pesan melalui kontak tersebut dengan harga yang tidak ekonomis kalau dinaiki satu keluarga saja, jadi sebaiknya rombongan minimal 40 orang, nah kalau ada yang pesan kereta wisata bolehlah di koordinir dan saya pesan 3 tiket.. hehehe..

  11. bener itu belum ada kejelaasan kapan dibukanya. cm denger dari penjaganya kemarin katanya mau dibuka akhir tahun 2014. huff.. padahal kemarin sore saya capek2 pke motor dari jogja. ternyata sampai sana tutup.. 🙁

  12. saya mau kesini akhir desember 2013, kira-kira sudah buka belum ya? 🙁

  13. Waah…payah..masak renovasi kok luama dan nggak tau kapan selesainya ..
    Tadi sdh tak belain dtg dr surabaya jam12 siang..nyarter mbl dr stasiun jogja 500 rb dg harapan bisa nonton kereta tua dan naik kereta tua…eehhh…sampek sana masuk saja mau foto foto gaak boolleeeh…. ,!!!!!..
    Mungkin harus lapor dulu ke Bp.Dahlan Iskan biar diperhatiin.. Sayang potensinya buagus buanget tersia sia begitu saja..tadipun kami ketemu rombongan mbil plat D , AA , L , B yg pada kecewa buerat…

  14. 1 kata.. KECEWA..!!
    pdhl pengin ngajak liburan ponakan yg demen ama KA..
    cepetan renovasi-nya..!!
    2014 banyak tanggal libur..
    sayang kan..ntar ilang pendapatan tiketnya..
    sepertinya masukan dari masyarakat nggak diperhatiin..
    percuma bikin website DUUL.. 🙂

  15. masih belum selesai juga nih renovasi???

    renovasi apa renovasi???

  16. saya kecewa jg nih…
    jauh2 dr surabaya sekeluarga, eh ternyata tutup 🙁
    400km berkendara jd sia2

  17. Kalo bisa dibuka seperti museum2 pada umumnya……

  18. Sungguh kecewa. Sampai di museum kereta ternyata tutup, infonya sedang renovasi yang ga jelas sampai kapan. Apakah hanya karena perebutan pemanfaatan oleh beberapa pihak, akhirnya masyarakat yang terkena imbasnya? Untuk mengajak anak anak belajar mengenai perkeretaapian di Indonesia susah.. Mungkin semua museum di tempatkan di Belanda saja, daripada di daerah sendiri namun tidak bisa dinikmati…..

  19. museum masih di renovasi. kapan selesainnya…??
    semoga segera selesai, supaya banyak orang dalam maupun luar yang belum tahu serta melihat tentang KA lokomotif B2502 yang merupakan salah satu KA uap yang masih tersisa di Dunia….:D

  20. kapan selesainya neh museum

  21. Tidak direspon percuma.intinya mengecewakan

  22. bayu purwantara says:

    Saya juga aga sedikit kecele… baru kmarin tanggal 17 sep 2014..
    Pengin bkunjung… tapi…. :'(
    Masi di tutup untuk umum… dan entah kapan renovasi beres..
    Saya dari bogor.. jalan kaki :'( :'(

  23. Saya bulan oktober ke Ambarawa dan saat akan berkunjung Stasiun belum buka. Kapan ya selesai renovasi?

  24. saya sekeluarga kesitu bulan oktober 2014 masih renovasi , minimal 4-6 bulan lagi baru selesai

  25. ratu adil nagari says:

    saudara sy dr tanjung pinang penasaran dg museum kereta..tak pamerin macem2..sampai disana lha kok tutup..sampai kapan tuh renovnya..perasaan sdh setahun lebih…

  26. wow.. menarik, aku wond demak, tapi rak tau mlaku mlaku ning semarang,. kepengen sih

  27. yugo gautomo says:

    Kemarin tanggal 26 Juli 2015 sudah bisa koq, hanya parkirnya masih harus diluar area.

    Untuk naik kereta uap harus booking dulu dengan harga 10 jutaan per trip.
    Tapi alternatifnya naik kereta diesel dengan gerbong penumpang kayu jaman dulu, dengan harga Rp. 50.000 /orang plus biaya masuk museum Rp. 10.000 /dewasa.

    Note kereta hanya jalan pada hari Minggu jam 10.00, jam 12.00 dan jam 14.00. Saran saya datang maximal jam 8 kalau mau naik kereta, karena peminatnya cukup banyak.

  28. susahnya ditelp…..

Leave a Reply