Pabrik Rokok Praoe Lajar

Pabrik Rokok Praoe Lajar Semarang

Sebungkus Rokok Praoe Lajar KretekDi kisaran Kawasan Polder Tawang, Kota lama, tepatnya di Jalan Merak, terdapat pabrik rokok Praoe Lajar (Prau Layar), yang sudah lama beroperasi, sampai sekarang. Sebagai salah satu rokok indie, dengan segmen pasar kelas menengah bawah, yang sebagian besar dari kita mungkin belum pernah melihat iklannya di media atau mungkin juga belum pernah melihat rokoknya di toko atau warung, merupakan prestasi yang patut diacungi jempol karena pabrik rokok Praoe Lajar ini masih beroperasi hingga kini.

Pabrik Rokok Praoe Lajar Semarang – PT Prau Lajar:
Alamat: Jl Merak No 15 Tanjungmas, Semarang 50174 Jawa Tengah.
Nomor telepon: (024) 3546234 Fax: (024) 3559674.

Rokok Praoe Lajar, adalah satu dari sedikit pabrik rokok asal Semarang yang selamat ditengah gempuran korporasi besar industri rokok nasional. Perusahaan rokok yang mengklaim dirinya sebagai “Rokoknya Para Nelayan” ini konsumennya kebanyakan berada di Pemalang, Tegal dan Pekalongan. Pabrik Rokok Praoe Lajar memiliki pesona tersendiri karena berada di Kawasan Kota Lama Semarang, ditengah-tengah bangunan-bangunan peninggalan masa kolonial.

Namun, hanya sedikit orang yang tau bahwa Pabrik Rokok Praoe Lajar ini pada masa lampau adalah sebuah kantor milik Maintz & Co, sebuah perusahaan energi swasta yang pertama mengembangkan jaringan listrik di Hindia Belanda. Maintz & Co menjadi melayani kebutuhan listrik masyarakat di Pulau Jawa pada mulanya dan memiliki beberapa anak perusahaan sebagai operator listrik di Pulau Jawa bagian tengah dan timur, khususnya Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Pasuruan dan Salatiga. Maintz & Co memiliki beberapa anak perusahaan salah satunya adalah NV Algemeene Nederlandsch Indische-Electriciteits-Maatschappij (ANIEM) yang didirikan pada tahun 1909. Maintz & Co bernasib seperti perusahaan asing lain di Indonesia yang terkena kebijakan nasionalisasi seiring meningkatnya sentiment anti asing di Indonesia karena permasalahan Irian Barat. Perusahaan ini dinasionalisasi pada 2 Mei 1959. Kemungkinan setelahnya, kantor Maintz & Co. di Semarang digunakan kantor dan pabrik untuk Praoe Lajar, sampai sekarang.

Kategori: Gedung Kuno, Serba serbi .
Loading...
16 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *