Pagoda Buddhagaya Watugong

pagoda buddhagaya
Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong Semarang ini memiliki tinggi 45 meter, pagoda ini dibangun tujuh tingkat dengan hampir semua konstruksi bangunannya terbuat dari beton, serta banyak menggunakan latar warna merah dan beberapa arca di tiap tingkat pagodanya. Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya ini ditetapkan oleh Museum Rekor Indonesia MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

Selain itu, dua gazebo besar tampak mengapit di samping kanan-kirinya, yang digunakan sebagai tempat tambur dan lonceng, yang menjadi salah satu adat kelengkapan pagoda. Pagoda Avalokitesvara juga disebut sebagai Pagoda Metakaruna atau Pagoda Cinta Kasih Sayang karena keberadaannya untuk menghormati figur cinta kasih dan kasih sayang, yaitu Kwan Sie Im Po Sat.

Foto galeri Pagoda Watugong Semarang:

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya memiliki banyak keistimewaan. Mulai dari genteng, aksesori, relief tangga dari batu (9 naga), kolam naga, lampu naga, air mancur naga, hingga patung burung hong dan kilin, seluruhnya diimpor dari China. Selain itu, pagoda itu terdiri atas tujuh tingkat. Tiap tingkat memiliki empat buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru.

Video Pagoda Avalokitesvara:

Patung Dewi yang membawa bunga dan teratai bisa digunakan pengunjung untuk berdoa agar dimudahkan mendapatkan jodoh. Patung Dewi dengan membawa anak perempuan, ditujukan bagi pengunjung yang berkeinginan memiliki anak perempuan. Demikian pula dengan patung Dewi yang membawa anak laki-laki, digunakan pengunjung berdoa agar mendapatkan anak laki-laki. Satu lagi, patung Dewi Kwan Im digunakan pengunjung untuk memohon panjang umur. Khusus di tingkat VII, diisi empat buah patung Amitaba. Selain 24 patung Dewi Kwan Im dan empat patung Amitaba, di tingkat I juga diletakkan satu patung besar Dewi Kwan Im dengan tinggi 5,10 meter serta satu patung Panglima We Do. Jumlah total patung yang ada di pagoda itu 30 buah. Selain sebagai salah satu icon Wisata Religi, dengan keindahannya lokasi ini sering dijadikan tempat untuk foto foto Pre Wedding.

Peta lokasi Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong:

View Peta Wisata Semarang in a larger map


Daftar Kategori Vihara, Wisata
Hashtag: , , ,

2 Responses to “Pagoda Buddhagaya Watugong”

  1. Indra Keong says:

    Informasi Yang Bermanfaat, Aku Wong Semarang tapi Ga pernah Kesitu hwehehehehehe
    Ijin Copy Ya Pak Bos

  2. Firstt off I wantt to say fantastic blog! I had a quick question that I’d liike to ask if you do not mind.
    I was interested to find out how you center yourself
    annd clear your thoughts prior to writing. I’ve had difficulty clearing my thoughts in getting my ideas out there.

    I truly do enjoy writing however it just seems like the first 10 to 15 minuts tend to be lost simply just trying to figure out how to begin. Any recommendations or tips?
    Many thanks!

Leave a Reply