clear

Rawa Pening

taman wisata rawa pening
Rekreasi Keluarga | Taman Wisata Rawa Pening Kab Semarang


Rawa Pening adalah danau sekaligus tempat wisata air dengan luas 2.670 hektare yang menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Rawa Pening ini berada di cekungan terendah lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran.

Daya tarik yang ada di Rawa Pening: Wisata Tirta: dengan perahu tradisional, Penghasil enceng gondok sebagai bahan kerajinan, area pemancingan alam, Sumber mata pencaharian nelayan dan petani ikan, Obyek fotografi yang sangat mempesona.

Danau ini mengalami pendangkalan yang pesat. Di tengah tengahnya banyak sekali tumbuh enceng gondok yang hampir menutupi seluruh permukaannya sebagian menjadi tempat mencari ikan. Gulma ini juga sudah menutupi Sungai Tuntang, terutama di bagian hulu. Usaha mengatasi spesies invasif ini dilakukan dengan melakukan pembersihan serta pelatihan pemanfaatan eceng gondok dalam kerajinan, namun tekanan populasi tumbuhan ini sangat tinggi. Saat menyewa perahu motor ke tengah rawa terasa sekali aura mistis dan misteriusnya, namun sayang segala potensi yang ada kurang bisa tergali karena pengelolaan yang terkesan seadanya. Untuk bisa ke tengah rawa pening ini bisa menyewa perahu motor dengan tarif 30 ribu rupiah untuk 30 menit max 6 orang. Rawa Pening juga merupakan salah satu tempat yang indah untuk foto foto Pre Wedding.

Peta Lokasi: Koordinat GPS: 7, 18? 20.06?LS 110, 25? 34.52?BT


Daftar Kategori Wisata
Hashtag: , ,

12 Responses to “Rawa Pening”

  1. Kengan indah yg menyejukkan hati.

  2. harvest.nagaswara says:

    boleh tau alamat nya di tempat..??

  3. Rizal Afif says:

    yth. admin mohon diberi penulisnya, biar ngerhargain yang nulis (kalu yang copas sadar diri)

  4. Hanifia Aremanita Tulungagung says:

    denah lokasi nya klau boleh tau mana yha…???

  5. Ferdian Kembarane Bebek says:

    wah bagus yha Rawa Pening ithuu…
    klau boleh tau Semarang yg mana ithuu…??

  6. nur khoiriyah says:

    Semoga pengelolaan dari dinas pariwisata Semarang lebih serius lagi,agar tmpt wisata yang indah ini tertata dan terpelihara dengan apik. Kalo tempat wisata ini bgus kan secara otomatis banyak para wisatawan yg berkunjung ,itu artinya dapat mengimprove pendapatan daerah sekaligus membuka peluang kerja dan meningktkan ekonomi masyarakat sekitar didaerah tersebut.

  7. Apik nda rawa nya, nggak bikin pening :D
    Gambar danau rawa pening di pagi hari

  8. DL wkt kana tmptny much ktr.JD q harp lbh diprbaiki tempt n kbrchny

  9. Ha….ha….dadi pengin muleh kampung. I lop yu banyubiru

  10. pengennnnn… :’(

  11. pancen endah lho…

Leave a Reply