Rumah Sakit Ken Saras

rumah sakit ken saras semarang ungaran
RS KEN SARAS Ungaran Kab Semarang
Alamat: Jl. Soekarno – Hatta Km 29, Bergas – Karang Jati Ungaran – Kab Semarang.
Nomor Telepon: 024 – 6922269 (Hunting)
No Fax : 0298 – 522706
Email : humas@kensaras.com
Website : www.kensaras.com
Unit Gawat Darurat/Emergency Room/Ambulance 024 – 6922188.

Rumah sakit Ken Saras ini dengan fasilitas: CT scan 128 slices, MRI 1,5 tesla, angiografi, radioterapi, laparaskopi, panoramic, usg 2- 4 dimensi, mamografi.

Operasi Miom Tanpa Sayatan di RS Ken Saras.

Di Rumah Sakit Ken Saras yang berada di Bergas, Kabupaten Semarang ini, telah berhasil dilakukan operasi miom dengan metode baru, yaitu histeroskopi miomektomi.

Menurut dokter Indra Adi Susianto Msi Med SpoG, operasi ini merupakan suatu terobosan baru sebagai alternatif operasi miom yang tidak ada irisan pada dinding perut. Karena itu tingkat nyeri setelah operasi akan sangat minimal.

Dengan operasi ini, pasien dapat lebih cepat pulang dari rumah sakit dan segera dapat melakukan aktivitas normal sesegera mungkin.

Operasi menggunakan metode histeroskopi adalah suatu prosedur yang dilakukan melihat bagian dalam rahim. Bagian dalam rahim akan tampak melalui teleskop kecil berdiameter 0,4 cm yang masuk melalui jalan lahir (Vagina) dan secara perlahan bergerak melalui leher rahim menuu rongga rahim. Operasi ini mengangkat miom nya saja dan akan dilakukan bila fungsi reproduksi masih diperlukan dan keadaan mioma memungkinkan. Adapun operasi histerektomi (pengangkatan seluruh rahim) dilakukan bila fungsi reproduksi sudah tidak diperlukan.

Hentikan Perdarahan
Miom Submukosum dapat diangkat tanpa sayatan melalui mulut rahim melalui mulut rahim dengan reseksi histerskopi miomektomi. Alat reseksi histeroskopi miomektomi yang menyatu dengan kawat lengkung beraliran energy (wire loop) sehingga pandangan yang ada di dalam rahim akan ditangkap oleh optik teleskop pada ujung histeroskopi dan diteruskan ke kamera micro resolusi tinggi (high definition).

Dengan alat ini, maka dokter dapat langsung melakukan tindakan operasi tanpa membuang waktu lagi karena dengan satu alat, dokter dapat melihat lokasi tumor, kemudian memotong serta menghentikan perdarahan secara bersamaan dengan pasti. Miom akan tereseksi akan menjadi potongan potongan kecil, dan tindakan ini dilakukan dan dikontrol penuh oleh dokter secara bertahap sampai seluruh miom terbunag.

Miom Kecil mungkin tidak menimbulkan masalah, tetapi akan menimbulkan kesulitan dalam implantasi embrio, menstruasi di luar siklus haid, dan suatu saat miom kecil dapat tumbuh menjadi ukuran yang cukup besar sehingga menimbulkan masalah masalah seperti perdarahan sampai memerlukan transfusi darah.

Seperti operasi pada umumnya, setiap tindakan mempunyai resiko yang membutuhkan dokter dan tim perawat yang sangat terlatih dan memiliki sertifikasi resmi sehingga komplikasi bisa ditekan seminimal mungkin.

Loading...
64 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *