Stasiun Semarang Tawang

Foto Stasiun Tawang Semarang Malam hari

stasiun semarang tawang smt
Stasiun Tawang Semarang SMT
Alamat: Jl. Taman Tawang No 1 Semarang
Nomor Telepon: 024 3544544, 3511072, 3582859
Contact Center KA melalui nomor panggilan 121(Telepon rumah) dan 021 121 (telepon genggam), Layanan (24 jam) : Reservasi – Informasi – Keluhan – Saran.
Info jadwal dan Reservasi: http://tiket.kereta-api.co.id

Stasiun Semarang Tawang merupakan stasiun induk di Kota Semarang yang melayani kereta api eksekutif dan bisnis, serta ekonomi. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia. Sejak pertama kali di bangun, tak banyak perubahan terjadi di Stasiun Tawang. Hampir seluruh bagian di stasiun ini tetap sama. Lapangan di depan Stasiun Tawang (sekarang menjadi Polder) juga mempunyai nilai historis yang tinggi yaitu sebagai ruang terbuka di kawasan kota lama yang difungsikan sebagai tempat upacara, olah raga, pertandingan dan sebaginya.

Stasiun Tawang merupakan pengganti Stasiun Tambak Sari milik N.I.S yang pertama. Adapun pembangunan stasiun pertama tersebut ditandai dengan upacara pencangkulan tanah oleh Gubernur Jenderal Mr. Baron Sloet van de Beele, bersamaan dengan pembentukan sistem perangkutan kereta api milik N.I.S pad atanggal 16 Juni 1864. N.I.S melayani jalur Semarang – Yogya – Solo. Setelah mengalami proses pembangunan yang tersendat-sendat akhirnya jalur pelayanan kereta api ini terselesaikan pada 10 Pebruari 1870. Berkembangnya kegiatan perdagangan menyebabkan stasiun Tambak Sari tidak memenuhi syarat lagi. Maka direncanakanlah stasiun yang baru dengan arsitek J.P de Bordes. Setelah kemerdekaan Republik Indonesia, stasiun ini diambil alih oleh Pemerintah Daerah Kotamadya Semarang dan diganti dengan nama Perusahaan Jawatan Kereta Api Tawang ( PJKA).

Tidak banyak perubahan yang dilakukan pada stasiun ini terutama pada bagian facade dan sampai sekarang masih terawat dengan baik. Lapangan di depan Stasiun Tawang ( sekarang menjadi Folder ) juga mempunyai nilai historis yang tinggi yaitu sebagai ruang terbuka dari kota lama yang difungsikan sebagai tempat upacara, olah raga, pertandingan dan sebaginya.

Stasiun Tawang merupakan tetengger yang penting bagi kawasan Kota Lama. Pada masa lalu terdapat sumbu visual yang menghubungkan stasiun ini dengan Gereja protestan ( Blenduk ). Sehingga peran stasiun ini dalam pembentukan citra kawasan sangat penting dan mampu menambah nilai kawasan. Integritas langgam arsitektur Indische sangat kuat dan banyak terpengaruh unsur lokal. Integritas kekriyaan ditampilkan dalam detil bermotif dan berwarna. Integritas setting masih tetap seperti semula. Sedangkan integritas type bangunan merupakan ruang kantor. Integritas sesinambungan fungsi yaitu sebagai bangunan pengangkutan masih terjaga dengan baik. Kaitan bangunan dengan sejarah yaitu pembangunannya ditujukan untuk menggantikan stasiun Tambak Sari di Pengapon, dengan perancang adalah JP Bordes. Selain itu kaitan bangunan dengan sejarah perangkutan milik NIS tidak kecil. Arsitekturnya unik, dengan ciri arsitektur Indische yang bahan untuk elemen dinding yang bermotif dan berwarna menjadikan bangunan ini sangat estetis. Dilihat dari segi lansekap kota, Stasiun Tawang menambahkan kualitas dan potensi dari ruang terbuka di kawasan tersebut.


Daftar Kategori Gedung Kuno, Serba serbi
Hashtag: , , ,

40 Responses to “Stasiun Semarang Tawang”

  1. direktori belanja says:

    no telpnya gk ada yg angkat…

    • call center 121 telpon anda penting buat kami, maat telah mbuat anda menunggu, tunggu sebentar kami akan segera melayani anda,,,, sepertinya tak layak lagi kalimat itu dijdkana nada tunggu bulak balik ditelp jawabannya hnya itu, kalo tidak niat melayani masyarat via call center ttidak usah ada layanan call center aja

  2. Mena Larasati says:

    Saya bernama Mena Larasati, kebetulan pagi ini saya menggunakan jasa kereta api kaligung menuju arah Pekalongan. Saya sedikit kecewa dengan pelayanan tiket, saya membeli tiket untuk keberangkatan pagi hari. Saya tiba di stasiun pukul 08.00 lantas saya membeli tiket, saya bertanya ke petugas tiket. Kereta Kaligung jam berapa dan petugas menjawab kereta berangkat jam 08.30. Pesanlah saya tiket 1 dan saya meminta kursi dipinggir jendela untuk keberangkatan saat itu juga. Saya dapat tiket dengan gerbong 1 kelas executive no 9C. Dan saya menunggu di kursi tunggu.
    Begitu ada panggilan kereta saya, saya langsung menuju gerbong yang saya maksud dan saya sempat kaget begitu kereta sudah sampai di stasiun poncol mulai ada keanehan, ternyata kereta saya jadwalnya sore hari. Karena ternyata sebelah saya juga mendapatkan no kursi yang sama dengan saya /erbonbg 1 kelas executive 9C. Pas saya lihat jam keberangkatan ternyata saya sore hari. Sungguh pelayanan yang tidak memuaskan….

  3. teka-Jakarta says:

    Njelehi….Nomer telpon kok ga ada operatornya.
    Wong kita mau butuh informasi2 apalah…tp ga ada operatornya.
    Payah tenan….
    idem sama mb

  4. harga di website tidak update dgn harga jual asli.. payaaah uey..
    dan no telpnya susah bangeet dihubungi.. <> helloo.. helloo.. :((

  5. wah wah wah gimana ini…anehhhh ada no telp…deringnya masuk tapi selalu tidak ada yg jawab telpon.,.trus dari segi pelayanan gimana nih??????

  6. interlink says:

    iki nang endi kabeh operatore…. pelayanan cap entut

  7. dhanysaputra says:

    iya nih Tawang…gimana tuh??? sdh banyak keluhan soal no tlp yg tdk ada respon…?? ayo tingkatkan pelayanan publiknya agar masyarakat makin mencintai transportasai ini dan bisa menjadi andalan dan kebanggaan masyarakat luas…apalagi menjelang double track….semangat….!!!

  8. Pelayanannya sumpah jeleeek banget,,
    Pokoknya parah,,
    Pesan tiket tgl 14 di buat tgk 13
    Di complnt gak terima,,
    Malah bilang nyolot dan merasa gak bersalah
    Di minta maaf gak mau karna merasa pada saat pembelian buakn dia yg melayani

  9. Wah…. kok pada ngeluh yaaaa? Jd takut mo naik kreta api.

  10. aji setyawan says:

    selama ini saya contact ke center 021121 selalu nyambung dengan respon yg cepat. tp memang benar contact lokal stasiun memang payah. mending saya sarankan kontak center lbh cepat.

  11. JADAWAL KERETA HARI INI….GMN PAK ? DI TUNDA APA ?

  12. EKHO PLUS says:

    Payah nih bila nelpon gak diangkat.

  13. no telp stasiun tawang kok nggak beres, yang 1 tut tut.. yg lain kagak ada yg angkat. gimana nih Pimpinan stasiun…?

  14. payaaaah.

  15. untuk admin, jika ada perubahan mohon untuk di Update.
    no tlp tidak ada yang bisa dihubungi. kl tidak bisa ditlp, saya sarankan untuk pake PAGER saja….

    terima kasih

    • beberapa waktu lalu kita ke stasiun, sama mbaknya kita tunjukin postingan ini, “mbak nomor telepon bener ini atau sudah ganti?”, “betul itu pak…”, “kok kita telepon nggak diangkat???”, dengan enteng dijawab, “istirahat mungkin pak…”…. “klo istirahat itu sejam oke mbakkkkk mbak… ini beberapa hari nggak ada yang angkat….” !@#$%^&*()_!@#$%^&* bwahaahahhahaha….

  16. Candra says:

    Tingkatkan pelayanan dong…

  17. no telp ada nada sambung tapi SEMUA tidak diangkat, kalau alasan istirahat, istirahatnya berapa jam ataaauuuuu berapa HARI ya…..??

  18. kai gimana sih says:

    Saya telp juga ga diangkat. akhirnya telp 121 dari telp rumah. itu juga lama baru tersambung ama CS.

    emang payah stasiun tawang. perlu di perhatikan managemen di stasiun tawang.

    Pak Jonan, tolong dong sekali kali telp stasiun tawang… dan rasakan jengkelnya warga semarang atas pelayanan stasiun tawang.

  19. heh, ki ono operatore gak sih???!!
    nomer telpon tok tapi gak ono wonge podo wae!
    lha nek meh takon njur piye kas?!

  20. Betull bgt,tawangnya kebanjiran.operatornya pada tidur.pelayanan nol besar

  21. Pelayanan di stasiun tawang kurang memuaskan, setiap mau tanya sama mbk2 yang ada di loket ditinggal ngombrol sama teman2nya tidak dilayani dengan baik.

  22. indah ratna 15 says:

    Pelayanannya kurang memuaskan

  23. petugas loket PT kai songong-songong sama sekali tidak ramah kepada pembeli tiket…..

  24. udah banyak yg ngritik tetep aja ga digubris ya…., berasa penting si mereka…,njelehi!!!

  25. Gombal, dikritik juga sama aja, mending ndak usah kasih nomor telpon, ndak bisa dihubungi semua.

  26. Kan ada call center KAInya 121, cendas dikit dong….
    Klo ga tau tanya Telkom 108, Klo ga tau juga ya maap ada ketinggalan informasi…
    Mengkritik itu mudah, klo bisa kasih saran yg membangun….

  27. @aji setiawan : bener bro…anda termasuk orang cerdas siiipp…
    @All : tuch tiru aji, dia tau apa yg dia lakukan….kalian bisa menggunakan media internet untuk cari informasi bukan mengkritik aja….
    Wah sayang sekali, punya teknologi canggi tapi sayang g pernah d gunai hal2 yg positif…
    @KAI : Semangat ya, untuk menjadi yg terbaik :), aq mendukung KAI

  28. Saya adalah salah satu pelanggan setia kereta api kurang lebih sudah 17 tahun… Setahu saya, lantai dan peron stasiun Tawang sudah di renovasi dan dinaiikan elevasinya puluhan kali, Karena berpacu dengan banjir yg pasti melanda Stasiun Tawang ini. Entah sudah berapa meter pengurugannya. Lihat saja pintu masuk utama atau pintu2 yg lain sudah kelihatan kerdil (pendek) . Sebaiknya PT. KAI juga menceriterakan tetang hal ini. Jangan me.ghilangkan sebagian Sejarah Semarang Tawang tercinta ini.

  29. Pelayanan sangat TIDAK MEMUASKAN, mbaknya counter sangat LELET, masa’ melayani 1 no antrian aja setengah jam lamanya, udah gitu counter yg lain juga ga dibuka, helloowwww…. byk yg ngantri tauuuu!!!!!!!

  30. Satu jam yang lalu sy berusaha menghubungi stasiun tawang,tapi 3 no yg sering dipublish tdk ada yg bs dhubungi,bahkan ada yg belum terdaftar *aneh*..dan contact center 121 sami mawon,habis pulsa 20rb nunggu telp diangkat operator ga ada hasilnya..

  31. Kang Artha says:

    Gak genah… sumpah, kayaknya gak kuat bayar operator… kantore wes apik tapi SDMnya tetep payah… konsumen kok dicuekin :(

  32. pegawai ne iso ne mangan gaji buta ….makanya pada miskin2

  33. ikut urun rembug.sama….saya tadi telp juga nggak diangkat.hari gini kok masih ada pelayanan stasiun nggak baik???padahal penting bangeeeet.
    ///

  34. Dah bubarin saja g usah ada stasiun klo cuma bikin kecewa
    Memang payah orang 2 kita ini diajak untuk memuaskan konsumen
    Kapan bisa maju n bisa bersaing dg negara luar.

    Maaf mungkin ini lagi pada kebanjiran kali

  35. apaan no stasiun kok g bisa dihubungi, apa gunanya dipajang tu nomor

  36. selamat PT KAI, sudah jauh lebih baik,,, Pak Jonan OK BANGet,,,

  37. mari bersama dukung reformasi di transportasi unruk Indonesiaku,,,

Leave a Reply