10 Tempat Wisata Kendal Yang Populer

Obyek Pariwisata Kabupaten Kendal Jawa Tengah
Kabupaten Kendal memiliki cukup banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari pantai, air terjun, goa, perkebunan, wisata alam, hingga tempat untuk memacu adrenalin. Berikut adalah daftar 10 obyek pariwisata di Kendal yang paling populer:

1. Air Terjun Curug Sewu.
Sesuai dengan namanya, Curug Sewu berada di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Obyek wisata air terjun ini merupakan salah satu air terjun dengan debit air yang cukup besar. Air terjun ini memiliki 3 tingkatan dengan total tinggi 70 meter, air terjun utama memiliki ketinggian 45 meter, pada tingkatan kedua 15 m dan 20 m pada tingkatan ke tiga.

Curug sewu kendal

Pemandangan alam sekitar yang terlihat sangat indah dan alami, dan pada saat tertentu, muncul pelangi dengan aneka warna. Jika di kebanyakan tempat wisata air terjun, pengunjung harus naik turun tangga yang cukup jauh, di Curug Sewu ini pengunjung tanpa harus naik turun sudah bisa menikmati pemandangan air terjunnya. Namun tentu saja pengunjung juga boleh untuk turun dan menikmati air terjun dari dekat.
Koordinat GPS Lokasi: 7 5′ 8.64″ S 110 5′ 58.15″ E.

2. Kebun Teh Medini.
Menyajikan sejuknya alam pegunungan, Perkebunan Teh Medini ini berada di sisi utara Gunung Ungaran, dengan ketinggian sekitar 2050 meter di atas permukaan laut. Kebun Teh ini berada di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Sudah ada sejak tahun 1901, perkebunan teh ini dengan luas sekitar 386,82 hektar. Pemandangan kebun ini sangat indah yang mana setiap pagi hari kita dapat menyaksikan gadis-gadis desa sedang memetik daun teh diantara sejuknya udara pegunungan.

Kebun teh medini mawaddatunnailinCredit foto @mawaddatunnailin instagram.

Kebun Teh Medini bisa dicapai via Boja maupun Sidomukti (Base Camp Mawar). Jika melalui Sidomukti jalan relatif mulus namun harus dilanjutkan dengan trekking sekitar 1 jam. Sedangkan melalui Boja, bisa langsung sampai dengan kendaraan namun jalannya jalan berbatu dan menanjak. Jalan yang di pergunakan adalah standar truck pengangkut teh, bukan mobil sedan. Bisa menggunakan kendaraan roda dua atau mobil jeep.

3. Tubing Genting.
Bagi yang hobi memacu adrenalin, di Kendal ada Tubing Genting yang menawarkan river tubing, seperti arung jeram namun menggunakan ban. Sambil menyusuri sungai dengan suasana asri dan alami, serta tebing penuh bebatuan yang eksotis di Kedung Wali.

Tubing genting

Tubing Genting tepatnya berada di dusun Genting, Desa Getas, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Uniknya adalah tebing bebatuannya berbentuk seperti kotak kotak dengan sudut agak bulat yang tertata rapi seperti bebatuan candi. Tebing ini terbentang sekitar 200 meter dengan aliran sungai untuk river tubing sendiri sekitar 2 KM.

Pemandangan menuju Tubing Genting pun tak kalah indahnya. Perkebunan karet nan hijau dan sejuk terbentang di sepanjang jalan membuat pengunjung yang datang benar benar menikmati udara segar dan nuansa alam perbukitan Kendal ini. Akses jalan bisa lewat kecamatan limbangan masuk PT Rehobat Sringin. Selengkapnya bisa di lihat di instagram @tubinggenting.

4. Santosa Stable.
Berada di kawasan perbukitan asri di Dusun Lendoh, Desa Leban, Kecamatan Boja, Kab Kendal Jawa Tengah, Santosa Stable Horse Riding School and Resort menawarkan pengalaman berkuda dengan suasana alam yang menawan seperti perkebunan, persawahan, dan sungai, baik untuk hiburan maupun keperluan yang lebih serius seperti sekolah berkuda untuk kompetisi.

Bicara kepada Kuda Santosa Stable

Di Santosa Stable terdapat resto gazebo di sepanjang tepi sungai dan resto di pendopo joglo lengkap dengan arena bermain anak-anak. Juga terdapat fasilitas penginapan berupa 2 rumah limasan dengan kapasitas masing-masing hingga 30 orang. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.30. Instagram: @santosastable

5. Plantera Fruit Paradise.
Kebun buah tropis dengan luas 234 hektar ini sebelumnya dikenal dengan nama Agro Wisata Ngebruk Patean atau juga Agro Wisata Kebun Ngebruk. Plantera Fruit Paradise berada di Desa Sidokumpul Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal Prov Jawa Tengah.

Plantera fruit paradise

Awalnya, kebun yang dikelola PT Cengkeh Zanzibar ini merupakan perkebunan cengkeh. Untuk pengembangan usahanya, sejak tahun 2000 Zanzibar mencoba untuk membudidayakan buah tropis unggulan. Seiring waktu berjalan, kebun ini mulai dikunjungi masyarakat, baik pribadi hingga keluarga yang ingin melihat perkebunan dengan luas ratusan hektar yang ditanami aneka buah tropis unggulan. Dan pada 15 Desember 2009 Kebun Ngebruk resmi dibuka untuk umum dengan nama Plantera Fruit Paradise.

Paket wisata yang ditawarkan mulai paket wisata tour keliling kebun menggunakan mobil wisata yang didampingi seorang pemandu wisata hingga paket wisata petik/panen buah sendiri. Paket ini diadakan sesuai jadwal panen kebun. Koordinat Lokasi Plantera Fruit Paradise Ngebruk: 7°5’39″S 110°9’24″E.

6. The Sea Pantai Cahaya.
Obyek wisata ini berada di Desa Sendangsikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. Tak seperti pantai umumnya dengan garis pantai yang panjang, tempat wisata The Sea Pantai Cahaya ini berupa cekungan yang kecil. Tetapi tempat ini memiliki fasilitas yang cukup banyak.

The sea pantai cahaya

Fasilitas antara lain perpaduan hutan, laut dan hewan yang dilengkapi dengan pentas lumba-lumba & aneka satwa, renang bersama lumba-lumba, therapy lumba-lumba, pemandangan laut lepas, kebun binatang mini, dan juga kolam renang yang di dalamnya terdapat water boom mini, kolam apung, kolam tanding dengan air terjun niagara, balkon sunset, perahu kano, kereta mini, atv jungle dan juga panggung hiburan theatron.

Berada dibawah naungan PT Wersut Seguni Indonesia (WSI). PT WSI menjadi sebuah lembaga konservasi yang melindungi, melestarikan, serta menjaga flora dan fauna langka yang ada di Indonesia, berada di bawah naungan BKSDA/Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah.

7. Agrowisata Tirto Arum Baru.
Berada di Jalan Soekarno Hatta KM 2,7 Kota Kendal [tepi jalan raya pantura Semarang – Jakarta], Agrowisata Tirto Arum Baru ini memiliki aneka ragam fasilitas wisata yang sesuai untuk out-bound, family-gathering, atau sekedar melepas lelah dari kepenatan dari rutinitas kerja sehari-hari.

Tirto arum baru Kendal yayad-imbolennpccCredit foto @yayad-imbolennpcc instagram.

Terdapat fasilitas seperti wahana permainan di sawah berlumpur, rakit, flying fox, arena futsal dan bola voli, arena atv, kebun binatang mini dan juga jalan pijat refleksi. Dan tentu saja kolam renang dengan ukuran yang sangat besar. Ada 3 jenis kolam renang: Kolam Prestasi, Rekreasi dan Kolam Anak.

Agro Wisata Tirto Arum Baru kini juga telah ditambah fasilitas wisata baru berupa hotel dengan dilengkapi fasilitas Sky Garden Cafe, tempat bersantai menikmati makanan lezat dan roof top untuk melihat pemandangan indah kota Kendal.

8. Goa Kiskendo.
Berada di Desa Trayu, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Goa Kiskendo berjarak sekitar 15 km dari Kendal Kota atau 27 km dari kota Semarang. Goa ini memiliki beberapa lorong gua, namun lorong lorong ini tidak menembus satu dengan lainya. Pada sisi paling bawah gua, terdapat aliran sungai kecil yang jernih, yang diatasnya terdapat stalaktit dan stalakmit yang sangat indah.

Goa kiskendo kurniawanjalanjalanCredit foto @kurniawanjalanjalan instagram.

Goa Kiskendo ini dikelola oleh pihak Perhutani Kedu Utara. Tebing-tebing didekat kawasan ini juga sering dijadikan tempat latihan panjat tebing. Udara yang sejuk dan kerimbunan hutan menambah keindahan panoramanya.

9. Mercusuar Weleri, Pantai Moro.
Pantai Moro atau Pantai Sendang Sikucing berada di desa Sendang Sekucing, Kec Rowosari, sekitar 5 km sebelah utara Weleri atau 22 km dari Kendal kota. Di pantai ini terdapat sebuah mercusuar yang menjadikan tempat ini populer, dan menjadi lebih populer karena instagram.

Mercusuar pantai moro dwihriCredit foto @dwihri instagram.

Dari atas Mercusuar Weleri, Pantai Moro ini banyak muda mudi yang berfoto selfi dengan latar belakang panti dan langit yang biru. Garis pantai yang panjang dan deburan ombaknya membuat pengunjung betah berlama lama di pantai ini.

10. Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo.
Banyak keindahan alam yang tersaji di Kabupaten Kendal. Dan yang tersembunyi dan belum diexplore tampaknya masih banyak. Seperti Bukit Selo Arjuno dan Bukit Selo Bligo yang berada di Dusun Watulawang Desa Kedungboto Kec Limbangan Kabupaten Kendal yang kini sedang menjadi perbincangan di kalangan traveller.

Bukit bligo didikfakyudiCredit foto @didikfakyudi instagram.

Lokasinya berjarak +-40 km arah selatan pusat Kota Kendal. Saat ini hanya dapat dituju dengan kendaraan sendiri, karena lokasinya lumayan terpencil, serta tidak adanya angkutan. Dari Kendal bisa lewat Kaliwungu – Boja – Limbangan, dan mengikuti petunjuk arah ke desa Biting atau ikuti arah ke curug Glawe. Meski sudah diberi pegangan besi, untuk mencapai Bukit Selo Arjuno bukanlah hal yang mudah. Karena harus memanjat batu dengan sudut 90 derajat. Untuk petualang mungkin seru, namun untuk traveller kebanyakan mungkin terasa sangat sulit.

Jika sudah sampai di atas, rasa capek akan terbayar, gugusan bukit bukit nan hijau dengan batu batu besar menyembul menjadikan landscape pemandangannya sangat indah.

Loading...
Daftar Kategori Wisata

One Response to “10 Tempat Wisata Kendal Yang Populer”

  1. Akeh ya tempat wisata ne bak eee…

Leave a Reply