Candi Gedong Songo

eksotisme relief candi gedong songo
Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedongsongo, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang dan kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, “Gedong” berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan. Jadi Arti kata Gedongsongo adalah sembilan (kelompok) bangunan.

Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Di sekitar lokasi juga terdapat hutan pinus yang tertata rapi serta mata air yang mengandung belerang. Kabut tipis turun dari atas gunung sering muncul mengakibatkan mata tidak dapat memandang Candi Gedongsongo dari kejauhan. Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin.

Untuk menuju ke Candi Gedong I, kita harus berjalan sejauh 200 meter melalui jalan setapak yang naik. Anda bisa memanfaatkan jasa transportasi kuda untuk berwisata mengelilingi obyek wisata Candi Gedongsongo. Tahun 1740, Loten menemukan kompleks Candi Gedong Songo. Tahun 1804, Raffles mencatat kompleks tersebut dengan nama Gedong Pitoe karena hanya ditemukan tujuh kelompok bangunan. Van Braam membuat publikasi pada tahun 1925, Friederich dan Hoopermans membuat tulisan tentang Gedong Songo pada tahun 1865. Tahun 1908 Van Stein Callenfels melakukan penelitian terhadapt kompleks candi dan Knebel melakukan inventarisasi pada tahun 1910-1911.

Disela-sela antara Candi Gedong III dengan Gedong IV terdapat sebuah kepunden gunung sebagai sumber air panas dengan kandungan belerang cukup tinggi. Para wisatawan dapat mandi dan menghangatkan tubuh disebuah pemandian yang dibangun di dekat kepunden tersebut. Bau belerangnya cukup kuat dan kepulan asapnya lumayan tebal ketika mendekati sumber air panas tersebut. Karena keindahannya Candi Gedong Songo ini sering menjadi tempat yang indah untuk foto foto Pre Wedding.

Tiket Masuk: Dewasa/5 tahun ke atas: Rp 5.000/orang dan Rp 25.000/orang untuk Wisatawan Asing [2012].

Tarif Jasa Naik Kuda Candi Gedong Songo
- Wisata Desa Rp 25.000 (Wisman Rp 35.000)
- Ke Air Panas Rp 40.000 (Wisman Rp 60.000)
- Ke Candi II Rp 30.000 (Wisman Rp 40.000)
- Paket candi Songo Rp 50.000 (Wisman Rp 70.000)

Untuk menuju Candi Gedong Songo diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, dan kemiringannya sangat tajam. Lokasi candi juga dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari obyek wisata Bandungan. Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini.

- Ungaran – Gedong Songo : 25 km
- Ambarawa – Gedong Songo : 15 km
- Semarang – Gedong Songo : 45 km

GPS Waypoint: 7°12’39.72”S (Latitude) 110°20?32.88” E (Longitude)
Google Map Refference (-7.211033,110.342467)



Daftar Kategori Wisata
Hashtag: , , , ,

39 Responses to “Candi Gedong Songo”

  1. Sejarah Dunia says:

    Indonesia sekali ya,…
    Maksud saya Indonesia banget, objek begini seharusnya jadi pusat perhatian, ikut diiklankan ke manca negara. Jadi tak hanya Bali yang memiliki counter pemasaran diluar negeri

    • MULDAN says:

      mungkin blm mas..soale uang yg buat iklan bnyk yg nyasar

  2. wawan s says:

    Gak cuma wisata budaya, ada juga wisata petualangan lho. Sekelompok penerbang paralayang membuat aktifitas di perbukitan samping candi. Ayo ikut terbang!

  3. bayu says:

    maaf, koreksi saja… gedong songo masuk wilayah kecamatan Bandungan bukan ambarawa…

    • osing says:

      ga jadi masalah gan, yang penting indonesia… jangan rebut2an wilayah… hehe… intinya indah. bagus. perlu sangat wajib dilestarikan.

    • nobp vee kurniaa says:

      denahnya kalo dari salatiga kauman terus kemana nya?

  4. portu says:

    Lha Bandungan mana wisata andalan di seputar semarang….????

  5. MULDAN says:

    pertama kali aku masuk semarang aku kaget, tak pikir daerahnya panas eeee gak taunya sewejuk tenan…

  6. ghozaliq says:

    hwahwhawha…
    jadi teringat saat dulu ujian kenaikan tingkat di gedong songo
    bermalam di bawah aula, tidur cuman beralaskan tikar ma selimut…
    dinginnnnyyaaa, apalagi kalau kabut udah turun…. bbbrbrrr

  7. hipnoterapi surabaya says:

    sejuknya udah kerasa dari foto nya, apa lagi udah di sananya.

  8. Eko Yulianto says:

    wuiih..jadi ingat masa muda… 2 kali camp sama anak2 kampoeng tidar krajan mgl.. jempol dahh..

  9. rarera says:

    memori 85-88 camping di gedong songo

  10. Sewa Mobil Semarang says:

    Kalau hendak ke gedung songo, silakan hubungi rental mobil kami :D

  11. antonosoen says:

    Teringat waktu lulus smk, ke sana patungan, nyamperin sana kumpulkan duit lg buat pulang, menginap semalam di joglo cuman makan bakwan, ok

  12. tri yoga says:

    Dateng kesini akhir agustus kemarin bareng keluarga, adem plus deg-deg an waktu mendaki ke atas dengan naik kuda ha ha tp pengalaman yg tdk terlupakan.Semoga someday bisa balik lagi ke sini

  13. ari says:

    tiket masuk objek wisata berapa yaa?

    • osing says:

      sudah tertera tuh gan. :D

  14. sena dipa says:

    nice brada, besok mau touring ke sana :D
    udah ada gambaran yg menarik dari Gedong Songo \m/

  15. aank says:

    Ngontel kesana yuk

  16. nobp vee kurniaa says:

    pengen mengenang dia d tempat ini lagi :)

  17. ayya says:

    Hmm jd pgn ksna lg sm pcr…..Indh bwgttt.ttp di jg ke asrian tmptny yaaaaa

  18. Sutardi says:

    Memang indonesia masih ketinggalan jauh dari tailan..

  19. Sutardi says:

    Memang indonesia masih ketinggalan sama thailan….

  20. suhadi says:

    mas mau tanya,

    kalo dari semarang (sam po kong), menuju candi gedong songo ini bisa pakai apa ya kendaraan umumnya? dan estimasi perjalanan berapa lama? terima kasih banyak :)

  21. alvie says:

    Kalo naik kereta turunnya stasiun mana ya ???

  22. ayya says:

    maz/mb’, tanya.
    di sekitar gedung songo ada wahana gak?
    Terima kasih.

  23. KENTRUXX ( ENDRI NYAMPURAN ) says:

    Kerennnn>>>>> anyisssss>>>>> uenak tenannnn kanggo pacaran kiii>>>aku cah sumowono……ono pora seng kelingan karo aku….taun baru kemah nang gedong songo….tambah keren ijo tenannn tanahku…

  24. faeydilla says:

    memang indah..sejuk dan damai…25 juni 2014 kemarin aku menjelajahi candi gedong songo untuk yg ke dua kalinya…

  25. BAn Siudardi says:

    Happy jadi pengin ke sana.

  26. Masalalu says:

    Teringat masa tahun 2010 s/d 2012, tiap 1 bulan sekali kesana.
    Jangan lupa kalau ke bandung mampir di umbul sidomukti jg,
    di jamin tak nyesel jhonn.

  27. Masalalu says:

    MaksudNya bandungan,
    dr pasar bangkong lurus terus. . . . !

  28. Tahta Laksana D says:

    Wah ternyata ada yo candi Gedong Songo itu ? Saya malah baru mendengar namanya saat ini mas.

    • SMA 1 LIRIK RIAU says:

      tunggu ya? kami akan datang.

  29. SMA 1 LIRIK RIAU says:

    I AM COMING DESEMBER 2014. nantikan kami.

  30. agung says:

    wah enaknya kalian jalan-jalan terus. berarti yang ke 6 kalinya tuh. banyak duite ye?

  31. piter says:

    maaf gan, bisa bantu saya untuk lakukan penelitian perkembangan pemandian air panas / hot spring. klau bisa tolong invite pin saya 74437E27 atau ke e-mail saya pitersmile@rocketmail.com

    thaks gan

  32. NUGROHO says:

    Minggu,28 Desember 2014 saya sekeluarga menyempatkan ke gedong songo, suasananya enak, nyaman dan dingin yang jelas mantap n jos gandos malamnya nginep di Bandungan , nyantap sate ayam n jagung bakar nyam nyam enak tenan

  33. sihab says:

    Saya sekeluarga ke kdng songo selama 1pekan dan malas pulang krn merasa nyaman dan duuiinginn muantabe,makanan murah meriah ,hotel juga murah,aku ketagihan ke sana,

  34. sihab says:

    Saya dr bekasi ada saudara di sana ,riko dan agung,,orangnya nyantai tp pasti,dia suja jalanin kuda di tmpt wisata kedng songo

Leave a Reply