clear

Kantor Imigrasi Semarang

kantor imigrasi semarang
KANTOR IMIGRASI SEMARANG
Kantor Wilayah Jawa Tengah Kementerian Hukum dan HAM RI
Alamat: JL. Siliwangi No 514 Semarang
Nomor Telepon: 024 7623145, 7623144
No Fax: 024 7607461
Website: http://www.imigrasi.go.id

Kantor Imigrasi Semarang mulai berdiri tahun 1981 dan efektif beroperasional sejak tahun 1982. Sejalan dengan terbitnya Keputu-san Menteri Kehakiman R.I Nomor. 04.PR.07.10 tahun 1982 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kanwil Depkeh. Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Imi-grasi berubah status menjadi Kantor Imigrasi Semarang yang merupakan Unit Pelaksanaan Teknis dari Kantor Wilayah Departemen Kehakiman Jawa Tengah.

Kantor Imigrasi Klas I Semarang yang terletak + 488 km dari Jakarta, yang dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat diantaranya Kereta Api dengan memakan waktu + 10 jam serta dengan Bus + 10 jam, sedangkan apabila dengan menggunakan transportasi udara memakan waktu kurang lebih 1 jam. Secara geografis, Kota Semarang juga menjadi salah satu pintu gerbang Jawa Tengah. Kota ini memiliki Bandara Ahmad Yani dan Pelabuhan Tanjung Emas. Di pelabuhan ini dari tahun ke tahun, pertumbuhan arus barang terutama peti kemas selau meningkat. Secara nasional Pelabuhan Tanjung Emas menempati peringkat ke 4 (empat) terbesar dalam arus bongkar muat setelah Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta), Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya) dan Pelabuhan Belawan (Medan).


Daftar Kategori Pemerintahan
Hashtag: ,

29 Responses to “Kantor Imigrasi Semarang”

  1. erfin mauladi says:

    mau tanya untuk pembuatan passpor berapa?terima kasih

  2. IKA NURSIAMI says:

    mau tanya persyaratan pembuatan visa bagaimana?

    • Raja Pardamean NHP says:

      Persyaratan pembuatan visa, sesuai persyaratan masing-masing negara tujuan.
      1. Paspor;
      2. Itenari Tiket Pesawat;
      3. Hotel/ Tempat Menginap;
      4. Pas Foto 4 x 6 latar belakang putih (tergantung masing-masing negara);
      5. Saldo rekening bank sampai puluhan juta (tergantung masing-masing negara).
      Lebih lengkapnya dapat menghubungi kantor duta besar negara tujuan.

      • rokhayatun says:

        Saya mw tanya klau saya buat paspor baru ikut umur yang asli boleh dak soalnya dulu saya tki umur saya di tuakn tapi paspor saya masih berlaku gmn bisa dak terima kasih

  3. kalau memperpanjang panjang pasport bisa g yaaaa…..????…gmana caranyaaa

    • Raja Pardamean NHP says:

      Bisa, usahakan 6 bulan sebelum habis masa berlaku dapat diperpanjang. Agar sewaktu-waktu mau ke luar negeri kembali tidak kesulitan dalam pengurusan visa. Datang ke kantor imigrasi salah satu terdekat di seluruh Indonesia (sudah online) dengan membawa paspor lama.

  4. mw tanya?..proses pembuatan paspor koq lama amat,knapa padahal prosedur proses sudah dilalui.padahal di slogan informasi tertera 4 hari setelah photo.ini malah sudah 7hari gak jadi2…mohon tanggapan pihak yang berwenang…trim’s

  5. Kantor imigrasi wilayah pati,jawa tengah komputernya rusak sudah 1 minggu,kok lebih tidak jadi,memang tiap kantor Cuma punya satu komputer,pelayanan jadi tidak masimal,mohon penjelasannya

  6. ahmad saddad says:

    Assalamu’alaikum

    Mau cari info kepada Bapak-bapak petugas. Saya: Ahmad Saddad. Alamat: Krajan-Bonomerto RT 3/1. Kec. Suruh, Kab. Semarang.
    Tgl 21 mei yg lalu membuat paspor dengan nomor permohonan: 1351000000243967
    Nomor Perforasi SPRI: A5546698
    Nomor Register: 1A11LC9023AMRV

    Apakah kami bisa minta Nomor Paspor dan tanggal akhir mass berlakunya? Kami memerlukannya untuk memesan tiket. Maaf, kami di luar kota.

    Trimakasih

    Ahmad Saddad

  7. Yulian Rispandhy says:

    Dengan menggunakan Visa saja (tidak mempunyai imta) apa WNA bisa bekerja, anak sekolah dan menetap lama di indonesia.

  8. zulfikar adi p says:

    min, saya mau tanya kira” butuh berapa hari ya kalau bikin paspor?

    • Cara dan Biaya Pembuatan Paspor says:

      Cara dan Biaya Mengurus Paspor Sendiri:

      Daftar online terlebih dahulu lewat website resmi imigrasi.go.id . langkah2 pengisian form ada dalam format pdf yang bisa diunduh secara gratis, jadi tak perlu bingung lagi. Anda hanya perlu scan beberapa dokumen yang diperlukan untuk di-upload. Dengan mendaftar online terlebih dahulu, anda bisa ‘memangkas’ waktu satu hari dalam pembuatan paspor karena jika tidak mendaftar online terlebih dahulu, anda harus datang ke kantor imigasi untuk menyerahkan file, kemudian harus datang lagi untuk foto&wawancara, baru akhirnya datang untuk mengambil paspor yang sudah jadi (datang 3x), sedangkan jika sudah mendaftar online, anda cukup datang 2x yaitu untuk bayar-foto-wawancara dalam satu hari dan mengambil paspor yg sudah jadi.

      Setelah berhasil daftar online, jangan lupa bawa file ‘undangan ke kantor imigrasi’ nya pada tanggal yang sudah ditentukan (anda yg memilih sendiri tanggalnya ketika registrasi online). Biasanya dikirim ke email pribadi anda yang sudah didaftarkan saat registrasi online.

      Datang ke kantor imigrasi pagi-pagi. Saya sempat mengabaikan saran dari tante saya untuk datang pagi2 karna saya pikir tidak begitu penting, tapi ternyata setelah sampai sana jam 8.30, wuah.. kantornya sudah penuh manusia :-D . Saya sempat khawatir juga kehabisan antrian, tapi untungnya masih kebagian meskipun harus antri berjam-jam. Harusnya jika saya berangkat lebih pagi, nggak perlu nunggu selama itu. Jadi, datanglah jam 7.30 pagi, dan oh ya, jangan lupa pakai baju rapi ya, jangan pakai kaos. ;-)

      Langkah-langkahnya yaitu, mengumpulkan fotokopi dokumen yang diperlukan seperti KTP, KK dan akte kelahiran (sambil menunjukkan aslinya), mengisi surat pernyataan bermaterai (biasanya bisa dibeli di koperasi kantor imigrasi), setelah itu antri lagi untuk membayar, dan terakhir, antri untuk foto dan wawancara. Biayanya Rp. 255.000,- saja. :-)

      Foto dan wawancara adalah langkah terakhir dalam proses pembuatan paspor, setelah itu, anda harus menunggu selama 4 hari kerja untuk kemudian datang lagi mengambil paspor yang sudah jadi. Gampang kan? ;-)

      Jika anda orang yang sangat sibuk dan punya uang banyak, maka pilihan mungkin akan jatuh ke bikin paspor lewat travel agent. Tinggal bayar dan menyerahkan dokumen asli, semuanya akan ada yang mengurus. Anda biasanya hanya akan diminta datang ke kantor imigrasi untuk foto. Untuk biaya, tentu saja lebih mahal.

      By Mbandah, http://twitter.com/mbandah

  9. Assalamualaikum saya mau tanya saya adalah bekas TKW yg bekerja di singapura
    Semenjak tahun 2003 waktu itu umur saya baru 16th tetapi PT saya yg urus smua umur di tuakan 4th.skrg saya sudah tidak lg bekerja sbg TKW saya ingin menikah dengan orang malaysia. Masalahnya bisakah saya membuat passport baru passport pelancong mengikut detail umur yg asli yg berada di akta kelahiran?
    Dan apakah saya msh bs memasuki negara singapore dan malaysia lg dengan passport baru tersebut dengan umur yg berbeda?
    Passport lama saya juga gunakan nama bpak tiri saya tetapi di akta kelahiran dan ijasa gunakan nama almarhum bapak saya sedangkan saya mencari surat nikah ibu dan bapak kandung saya sudah tidak ada lg apa yg hrs saya lakukan. Terimakasih bnyak

  10. Biaya dan Persyaratan untuk perpanjangan pasport berpa dan ap saja ya,,,???
    terimaasih

  11. Pls adv persyaratan bikin passport apa saja?

  12. Saya mau nanya, saya belum pernah keluar negri sebelumnya jd saya masih sangat bingung. kalo mau ke hongkong kurang dari 30hari kira2 harus pake visa juga gak ya? Terimakasih..tolong dijawab ya min

  13. Cara syarat dan biaya perpanjangan pasport

  14. M.Zaenudin says:

    Mau tanya persyaratan untuk membuat paspor (Perpanjangan) dan prosedurnya , dan persyaratan membuat paspor untuk anak angkat umur 11 tahun, trim

  15. rokhayatun says:

    Saya rokhayatun mw tanya paspor saya masih berlaku tapi saya mw buat paspor baru ikut umur asli saya 27 thn sedangkan paspor yng sekarang 29 thn karena dulu dituakn oleh ejensi karna dulu saya bekas tki gmn bisa gak Terimakasih

  16. ayuagustin says:

    Saya mau tanya kalau akte kelahiran msh dalam pemutihan apakah bisa memakai surat kelahiran? Trims. Mohon infonya.

  17. Maaf sy mau tny bs g d sni perpanjang visa keluarga.

  18. agan,,,,
    saya maunanya, dulu saya dah punya paspor tp sekaranh hilang blm habis massanya, trs kira2 saya bisa buwat lg ngak ya,,,,,
    tlg d jawab ya gan,,,,

  19. agan
    saya mau nanya..untuk buat paspor biasa kanpa petugas kanim waktu wawancara kok mereka minta foto copy paspor.surat undangan dan almt kita mau liburan..memang itu ada prosesury

  20. siti isnaeni laeliyah says:

    mau tanya, setahu saya kalau bikin pasport kan ada tiga berkas yang harus di bawa, ktp, akta / ijazah dan KK. kalau blm terdaftar di KK bagaimana ya?

  21. Mau tanya mas. Kalo misal orang medan mau bikin paspor di semarang bisa enggak ya? Info dong

  22. Saya bikin paspor 2 minggu lebih tidak jadi karena petugase salah memasukkan nama saya.setiap saya konfirmasi petugas cuma bilang besok dan besok.kyake cuek bgt gitu.trus saya disuruh telpon aja utk konfirmasi, tapi nomor telpon yg tercantum tak ada satupun yg bisa dihubungi.kmdn saya minta no telp Contact person saja tdk berani ngasih no telp.katanta ntar siang dihubungi,eh ditunggu tunggu gak nelpon juga tuh.tdk ada tanggung jawab menjanjikan tapi …0.

Leave a Reply