clear

Kelenteng Sam Poo Kong, Gedung Batu

Wallpaper Kelenteng Sam Poo Kong Semarang
Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong Semarang

Kelenteng Sam Po Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Tempat ini biasa disebut Gedung Batu, karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu. Terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang.

gedung batu sam po kong

pengunjung sampokong imlek

sam poo kong sisi samping

imlek di sam poo kong

bagian depan sam po kong

Hampir di keseluruhan bangunan bernuansa merah khas bangunan China. Karena kaburnya sejarah, orang Indonesia keturunan cina menganggap bangunan itu adalah sebuah kelenteng – mengingat bentuknya berarsitektur cina sehingga mirip sebuah kelenteng. Sekarang tempat tersebut dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang serta tempat untuk berziarah. Untuk keperluan tersebut, di dalam gua batu itu diletakan sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Djien. Padahal laksamana Cheng Ho adalah seorang muslim, tetapi oleh mereka di anggap dewa. Hal ini dapat dimaklumi mengingat agama Kong Hu Cu atau Tau menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka.

Peta lokasi Sam Po Kong Gedung Batu:

View Peta Wisata Semarang in a larger map


Daftar Kategori Klenteng, Wisata
Hashtag: , ,

5 Responses to “Kelenteng Sam Poo Kong, Gedung Batu”

  1. Niiqentt says:

    Foto landscape sam po kong semarang

    The oldest Chinese temple in Semarang, Central Java, Indonesia.
    The foundations were set by Admiral Zheng He who arrived in the western part of what is now Semarang around year 1400 to 1416.

    Zheng He (1371–1433) was a Hui-Chinese court eunuch, a moslem, mariner, explorer, diplomat and fleet admiral, who commanded expeditionary voyages to Southeast Asia, South Asia, the Middle East, and East Africa from 1405 to 1433.

    Bangunan sisi timur Sam Po Kong

    Ornamen di dalam Kelenteng

    Ukiran batu di Sam Po Kong gedung batu

  2. Menyambut kedatangan laksamana cheng ho
    Klenteng sam poo kong gedung batu semarang dalam rangka hut menyambut kedatangan laksamana cheng ho.

  3. Waktu Libur Lebaran kemaren saya ke Semarang & menyempatkan diri ke Kelenteng Sam Poo Kong ini, sebetulnya bisa menjadi obyek wisata yg menarik, namun sangat disayangkan KEBERSIHANNYA sangat kurang, banyak dus-2 bekas makanan berserakan & kurang sarana penunjang lainnya…

  4. Hai semuanya. Saya pernah berkunjung ke Sam Po Kong dan alasan saya berkunjung karena mendengar kabar bahwa tempat ini merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. lokasinya Strategis dan bangunannya sangat Khas merupakan warisan budaya dari Cina dan sangat mirip dengan bentuk kelenteng yg saya kunjungi di Jepang.

    Setelah melihat langsung dan berkunjung, saya penasaran dan sedih. Kenapa sejarah tentang Laksamana Cheng Ho tidak terdata dengan baik ya. Beliau adalah Seorang pejuang Islam dari Negeri Cina yang menyebarkan Islam di Semarang dengan misi damainya. Tetapi kenapa sekarang lokasi ini justru diakui dan dipergunakan sebagai sebuah kelenteng? Padahal masjid2 yang ada di Cina sendiri bangunannnya menyerupai kelenteng dan tetap berfungsi sebagai masjid. Maaf tidak bermasud apa2 hanya saja sejarahnya kok tdk sesuai dengan kenyaan saat ini. Wallahualam.

    Meskipun terjadi pengaburan sejarah atau kaburnya sejarah, saya berdoa semoga almarhum Laksanama Zheng He / Cheng Ho dan para pasukannya mendapatkan tempat yang baik di sisi-Nya, diterima seluruh amal ibadanya, dilapangkan kuburnya dan mendapatkan kebahagiaan di akhirat kelat. Amin ya Robbal alamin.

  5. Dear All

    Saya sangat sedih dan terkejut setelah saya berkunjung di sampokong semua di komersial kan saya berniat sembayang disana ternyata harus bayar ke pintu masuknya apakah masuk kerumah ibadah sekarang harus bayar? dimana kenyamanan nya untuk beribadah?

Leave a Reply