Lokasi Candi Borobudur, Jawa Tengah Bukan Yogyakarta

Lokasi Borobudur berada di Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Objek wisata ini berada sekitar 100 km dari Semarang, 86 km dari Surakarta, dan 40 km dari DI Yogyakarta. Dan karena lebih dekat dari Yogyakarta dan lebih sering pula dijadikan agenda obyek wisata dari kegiatan promosi pariwisata dari Yogyakarta yang lebih intensif, sebagian orang Indonesia mengira Candi Borobudur ini berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gambar Patung Stupa Candi Borobudur

Candi Buddha ini merupakan peninggalan kerajaan Syailendra. Bangunan ini rampung dibuat pada 26 Mei 824 Masehi. Pada relief relief tergambar riwayat hidup Sidharta Gautama serta ajaran ajarannya. Ada tiga unsur yang terpapar pada relief reliefnya, yaitu seni, budaya dan filosofi. Dari puncak candi tampak keindahan Gunung Sumbing, salah satu gunung berapi di Jawa Tengah. Asap dari kawahnya mengepul di antara awan awan yang bergerak perlahan.

Foto Obyek Wisata Candi Borobudur

Borobudur merupakan gabungan dari kata “bara” dan “budur”. “Bara” dalam bahasa Sansekerta berarti kompleks candi atau biara. Sedangkan “budur” diperkirakan dari bahasa Bali, yakni “beduhur”, yang berarti di atas. Dengan kata lain, Borobudur berarti biara di atas bukit. Namun ada pendapat lain yang menyebutkan Borobudur berarti sebuah gunung yang berteras teras (“buddhara”).

Ciri khas candi ini bentuknya punden berundak yang terdiri atas 10 tingkat. Sebelum renovasi, tingginya 42 meter, namun kemudian menjadi 34,5 meter karena tingkat paling bawah digunakan sebagai penahan. Enam tingkat paling bawah berbentuk bujur sangkar dan tiga tingkat di atasnya berupa lingkaran dan satu tingkat tertinggi adalah stupa Buddha yang menghadap barat. Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia. Tempat ini menjadi pusat kegiatan perayaan hari hari besar umat agama Budha.

Loading...
Daftar Kategori Wisata

Leave a Reply