Masjid Agung Jawa Tengah

masjid dan payung elektrik
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) adalah Masjid yang terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang Jawa Tengah. Masjid ini sangat megah dengan luas lahan mencapai 10 Hektar dan luas bangunan induk untuk shalat 7.669 meter persegi tersebut bargaya arsitektur perpaduan antara Jawa, Jawa Tengah dan Yunani.

Masjid Agung Jawa Tengah Semarang ini dibangun pada hari Jumat, 6 September 2002 yang ditandai dengan pemasangan tiang pancang perdana yang dilakukan Menteri Agama Ri, Prof. Dr. H. Said Agil Husen al-Munawar, KH. MA Sahal Mahfudz dan Gubernur Jawa Tengah, H. Mardiyanto, akhirnya Masjid Agung Jawa Tengah Ini diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006.

Meskipun baru diresmikan pada tanggal 14 Nopember 2006, namun masjid ini telah difungsikan untuk ibadah jauh sebelum tanggal tersebut. Masjid megah ini telah digunakan ibadah shalat jum’at untuk pertama kalinya pada tanggal 19 Maret 2004 dengan Khatib Drs. H. M. Chabib Thoha, MA, Kakanwil Depag Jawa Tengah.

Di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah Semarang ini terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah di Tower Asmaul Husna Lantai 2 dan 3, Hotel Graha Agung di sisi Utara dan resto yang memiliki view terbaik di Kota Semarang ini di Tower Asmaul Husna Lantai 18.


Daftar Kategori Masjid, Wisata
Hashtag: , , ,

38 Responses to “Masjid Agung Jawa Tengah”

  1. kalau saya pulang kampung pasti saya jalan-jalan ke semarang dan mampir di Masjid Agung Jawa tengah ini… sungguh ikon baru kota Semarang ini harus dijaga……

  2. jadi pengin ke semarang lagi

  3. emang asyiiik…bs lht smg dr atas!!!

  4. hemmmmmmmm
    pengen ke semarang
    lagi……………
    kpan ya
    hem ntr liburan aja lg

  5. Muhammad Ridha Ramadhan says:

    Alhamdulillah Masjid Agung Besar Sekali Agama Islam Indah

    • Muhammad Ridha Ramadhan says:

      Semua Banyak Keluarga Muslim Agama Islam Indah
      Semua keluarga Orang Tua Kakek,Dewasa Muda,Remaja,dan Anak badan sehat seumur hidup perjalanan Masjid Agung Besar Jawa Tengah

  6. Nurul Mustaf says:

    Aku dah kesana 4x tp ko jlnX g hafal2 z he3…

  7. 081-KHAERUDIN says:

    Pada hari Jum’at tanggal 30 Desember 2011 Pukul 13.40 Star dari Kota Klaten menuju Simpang Lima Semarang Pada pukul 21.30 naik sepeda mini 20″ dan mampir ke Masjid Agung Jawa Tengah pada hari berikutnya

  8. ini masjidnya kayak yang ada di arab saudi sana, arsitekturnya keren..

  9. Masjidnya indah dan elegan, masjid al akbar surabaya kalah deh.. Apalagi ada tower dgn fasilitas resto dan hotel ??? Betulkah ?? Kalau betul emang luaar biasa ikon semarang yg satu ini !

    • ada hotel di sayap kiri pak,
      klo tower di sayap kanan,
      di tower ada stasiun radio, museum perkembangan Islam di lantai 2 dan 3, resto yang lantai nya dapat berputar 360 derajat di lantai 18 dan menara pandang di lantai 19,
      tower ini tingginya 99 meter pak, melambangkan Asmaul Husna,
      sesekali wisata sini pak… :)

  10. terlihat bangunan masjid nya sangat megah dan gagah. jadi pengen liat langsung kesna. hehe

  11. Muhammad Ridha Ramadhan says:

    Masjid Agung Besar yang baru senilai 100% Persen keren…
    Alhamdulillah… Islam yang Indah…

  12. Masjid agung ini keren banget, tapi jangan keliru, ini Masjid Agung Jawa Tengah, bukan Masjid Agung Semarang yaaaa…. :D

  13. bagus postnya.. mari kita bangun kota klaten

  14. Besok pas mudik pasti aku mampir kesini .harus!!

  15. yaaaa ALLAH kapan ya bs melihat keagunganMU di Semarang,,,,
    dan daerah jawa lainnya,,,,

  16. insyaAllah bulan desember nanti mau akad nikah dimasjid agung jawa tengah,semoga dimudahkan dan mendapat ridho allah swt,amin

  17. Maaf sblmnya, emng bangunan masjid sangat mewah.
    Namun krn paduan cetnya kurang pas, jd terkesan biasa2 sj.

  18. SubhanAllah

  19. syakinah girls says:

    yaa…allah indah banget,, besok jumat kami kesana,, asyiiiikkk

  20. Padi City Resort says:

    bagus sekali :) trimakasih infonya..

  21. Subhanallah, indah sekali masjid agung jawa tengah ini.

  22. Bromo Travelling says:

    masjidnya megah sekali, subhanallah…

    thanks infonya :)

  23. Kl mau foto pre wedding d area masjid agung blh ???ªªk????? ?ªãªª ? Apa perlu ijin sebelum ????
    Makasih

  24. Mohon petunjuk arahny//rute jlan kmsjid agung jawa tengah klo dri arah gubuk,
    »»ane orng kdiri,,lum tau jln smrng,syukron

  25. GUNTUR ACHMAD says:

    Subha nallah……

  26. Assalamualaikum Wr Wb. Alhamdulillah Minggu, 24 Nov ’13 Saya dan kel berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terkesan megah dan modern. Bbrp hal menarik yang saya temukan dari hasil berkunjung ke MAJT, sebagai berikut:
    1. Tiket parkir hanya Rp. 2.000 untuk mobil dengan lahan parkir yang memadai dibawah bangunan masjid dan di samping kanan kiri masjid. Namun kondisi parkiran di kanan kiri masjid terkesan tidak terawat dengan rumput yang tumbuh tidak beraturan dan sampah bungkus makanan dan minuman serta puntung rokok masih berserakan.
    2. Kondisi payung hidrolik tertutup meski cuaca di bagian depan masjid terasa panas dan menyengat. Hal ini dimungkinkan krn pengunjung yang tidak padat dan tidak ada aktivitas di bagian depan masjid. Sebagai pengunjung saya berharapa,:”Semoga pada saat adzan dhuhur, payung terbuka hingga ashar dan magrib payung menutup!” Tp ternyata payung tetap tertutup.
    3. Di bagian depan masjid tertera “Batas Suci” tetapi sebagian pengunjung tetap menggunakan sandal dan atau sepatu melintasi batas suci tanpa ada petugas yang mengawasi apalagi menegur sampai pengunjung di tegor pengunjung lainnya atau sadar sendiri.
    4. Di teras lantai bawah menuju ke tempat wudhu, sandar dan sepatu pengunjung berserakan karena diletakkan sembarangan meski di dekat pintu lokasi wudhu terdapat penitipan sepatu dan sandal.
    5. Di tangga dari tempat wudhu menuju ke atas, bau pengap dan lembab menimbulkan aroma yang tidak sedap karena basah dari tempat wudhu terbawa ke anak tangga menuju lantai atas.
    6. Di tempat sholat banyak pengunjung yang tidur dan tidur2an sehingga kurang etis dipandang. Ada beberapa pengunjung yang sepertinya bukan org islam mengambil gambar dengan tampilan yang kurang baik. Bahkan sebagian pengunjung perempuan tidak mengenakan pakaian yang seharusnya sebagai seorang muslimah.
    7. Pengunjung tidak menjaga kebersihan dengan baik karena penulis melihat adanya puntung rokok dan sampah lainnya di tangga dan anak tangga dekat Beduk Hijau.
    8. Pada lokasi tower, antrian masih belum tertib, kondisi musium yang sangat kurang penerangan sehingga terkesan angker dan koleksi yang ada di dalam kaca sangat berdebu sehingga dapat merusak benda2 berharga yang ada dalam etalase kaca.
    Saya pribadi berharap pihak pengelola dapat melakukan perbaikan dan pengawasan yang lebih tegas sehingga bisa menjadikan MAJT menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta menambah keimanan kita sebagai seorang muslim. Kita ketahui bahwa Islam adalah agama yang Rahmatan lil alamin dan iimplementasinya adalah ketegasan yang humanis, bersih, tertib dan disiplin. Semoga Pengelola MAJT dapat melaksanakan tugasnya dengan amanah dan pemerintah juga mau membantu dalam pemeliharaan Obyek Wisata yang ada di Semarang sebgai wujud dari amanah dalam tugas dimana, “Kondisi Obyek Wisata adalah Cermin Kinerja Pemerintah”. Semoga tulisan ini bermanfaat dan membawa kebaikan bagi daerah wisata di Semarang khususnya Masjid Agung Jawa Tengah.

  27. id card murah yogyakarta says:

    perlu dicoba ni,,

  28. Anggi Wiyani putri says:

    Masjid agung the best

  29. grosir sandal sancu says:

    pengen banget ke sana bersama keluarga..

  30. Assalamualaikum,,??? nanya pak ?ä??? dari demak ke masjid agung jauh ndak

Leave a Reply