Pasar Karetan, Destinasi Wisata Baru Dengan Konsep Alam

Stan kopi sanger pasar karetan

Dengan konsep suasana pedesaan yang asri, Pasar Karetan menyajikan aneka kuliner, dolanan bocah hingga seni tradisi khas pedesaan. Pasar Karetan ini merupakan kolaborasi netizen dari komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Jateng dengan masyarakat lokal yang digelar di Radja Pendapa Desa Segrumung, Meteseh, Boja, Kabupaten Kendal, Minggu (5/11/2017).

Kolaborasi antara masyarakat sekitar dengan anak muda yang serba digital menghadirkan sebuah atraksi dengan nuansa back to nature. Ada alam, budaya, dan buatan menjadi satu utuh atraksi dalam Pasar Karetan ini.

Hiasan kekinian seperti payung yang serba go green atau ramah lingkungan ini memikat ribuan pengunjung menjejali areal hutan Karet di Radja Pendapa Camp. Gelaran ini merupakan gelaran perdana yang rencananya akan digelar setiap hari Minggu.

Mirna annisa bupati Kendal

Mirna Annisa, Bupati Kendal menyempatkan datang di gelaran perdana Pasar Karetan ini. Menurutnya, jarang sekali di Kendal digelar festival. “Ini luar biasa, di tengah hutan karet ada atraksi nyata orang jualan, berinteraksi, ada kuliner khas, bisa belajar, masyarakat disini juga terlibat. Ini akan meningkatkan potensi ekonomi warga,” katanya.

Konsep back to nature membawa para pengunjung menyatu dengan alam. Stan stand kuliner juga dengan alat makan yang go green yang meminimalisasi penggunaan gelas kaca, plastik, sterefoam, dan sebagai gantinya bahan ramah lingkungan sepeti mangkok batok, piring rotan, daun, dan poci tanah liat digunakan.

Mata uang yang berlaku di Pasar Karetan ini berupa koin kayu khusus pembayaran mulai senilai Rp.2.500, 5.000, dan 10.000, untuk transaksi pembelian. Di depan pintu masuk ada tempat penukaran uang ini.

Kuliner tradisional

Sajian tradisional pasar karetan

Rumah joglo asri

Hiasan payung artistik

Pengunjung pasar karetan

Ayushita Nugraha

Kesenian tradisional

Spot yang ada di sini juga Instagramable, pada tiap sudutnya dihias dekorasi yang unik, lapak dibuat dengan kayu, petugas yang memakai pakaian tradisional, hiasan artistik payung disana-sini, dan juga treking alam pohon karet serta area persawahan sangat memanjakan mata.

Pasar Karetan @ Radja Pendapa Camp
Ds Segrumung Meteseh Boja Kabupaten Kendal [5 KM dari Kantor Kec Mijen yang baru]
Koordinat Lokasi 7°04’13.5?S 110°16’52.4?E
Gmaps -7.070402, 110.281223
Atau search “Radja Pendapa Camp” di google maps

Loading...
Daftar Kategori Wisata

2 Responses to “Pasar Karetan, Destinasi Wisata Baru Dengan Konsep Alam”

  1. Ahhh ada Ayushita

  2. Koreksi om, Kabupaten Kendal bukan Boja 🙂

Leave a Reply