Rumah Sakit Telogorejo Semarang

RS Telogorejo SmgRS Telogorejo Semarang
Alamat : Jl. KHA Dahlan Semarang
Telpon RS Telogorejo : 024 – 8446000 / 8446444 Fax : 024-8317410
Email : rstlgr@rstelogorejo.com
Website : www.rstelogorejo.com

Fasilitas Rumah Sakit Telogorejo: Unit Infertilitas & Bayi Tabung, Unit Medical Check Up, Telogorejo Family Care, Balai Kesehatan Ibu dan Anak, Hemodialisa / Renal Unit, Instalasi Farmasi, Unit Gawat Darurat, Klinik Umum, Klinik Spesialis, Radiologi, Laboratorium, Rehabilitasi Medik serta Sitostatika.

Jam Besuk / Jam Berkunjung Rumah Sakit Telogorejo: Setiap Hari Pagi : 10.00 – 12.00 WIB, Sore : 17.00 – 19.00 WIB
Hari Minggu / Hari Besar : 09.00 – 19.00 WIB.

Artikel dari Rumah Sakit Telogorejo.

Pentingnya Rehabilitasi Jantung.

Penyakit jantung kini banyak ditakuti hampir semua manusia di seluruh dunia. Penyakit ini umumnya ditemukan pada orang berusia produktif dan biasanya menyerang dengan tiba-tiba, akibatnya terjadi kematian mendadak tanpa sakit sebelumnya. Bagi mereka yang selamat, kemudian dilakukan operasi, banyak yang masih bingung akan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan setelah operasi atau setelah diketahui mengidap penyakit ini. Biasanya penderita menanyakan mengenai latihan fisik apa saja yang boleh mereka laksanakan di rumah setelah dipulangkan dari perawatan di rumah sakit.

Kebingungan lainnya misalnya apakah penderita bisa mengikuti program latihan seperti lari pagi atau sejenisnya. Ditambah lagi beberapa orang malah menganjurkan agar berolah raga segera supaya jangan terkena lagi serangan jantung.

Diantara mereka ada yang berpendapat bahwa serangan jantung yang baru dialaminya itu adalah akibat kurang berolahraga. Ada lagi pertanyaan yang sering dilontarkan misalnya apakah ia boleh segera kambali bekerja?

Kebingungan di atas menunjukkan pentingnya proses rehabilitasi jantung bagi pasien jantung. Menurut dr. Nanik Tri Mulyani, Sp.RM, dokter mitra RS Telogorejo spesialis Rehabilitasi Medik, program rehabilitasi ini diperuntukkan bagi pasien-pasien jantung yang mengalami gangguan fungsi, biasanya terjadi karena terjadi kemunduran.

’’Jantung berfungsi memenuhi kebutuhan oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke otak, dengan oksigen orang bisa mempunyai energi untuk dipakai melakukan aktivitas, jika oksigen berkurang tentunya akan terganggu. Penderita jantung mempunyai kemampuan terbatas dalam melakukan kegiatan, disamping harus diobati penyakitnya, juga harus dibantu rehabilitasi medik untuk memulihkan kondisinya,’’ terangnya.

Program rehabilitasi jantung sendiri mencakup beberapa komponen yang saling berkaitan satu sama lain. Tujuan utama rehabilitasi untuk memulihkan fungsi dan membantu pengobatan berjalan secara bersamaan dengan rehabilitasi jantung agar penderita mendapatkan fungsi yang lebih baik dan kualitas hidup yang meningkat.

’’Rehabilitasi jantung lebih ditekankan berupa latihan-latihan bukan merupakan olahraga, hasil training nantinya digunakan untuk mengetahui aktivitas sehari-hari apa yang lebih dianjurkan dilakukan ketika kembali lagi ke masyarakat umum dan melakukan kegiatan normal sehari-hari. Dengan hasil tes awal, nantinya akan kita berikan program latihan yang akan dilaksanakan, tidak boleh diforsir juga tidak boleh terlalu rendah,” ungkapnya.

Dalam rehabilitasi jantung, tidak hanya latihan, tetapi juga pendidikan kesehatan bagi penderita dan keluarga dalam penanganan penderita pasca serangan jantung. Edukasi dan konseling diperlukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pasien agar dengan upayanya sendiri mampu menghindari faktor risiko. Upaya pengontrolan faktor risiko diperlukan agar memodifikasi gaya hidup pasien ke arah hidup sehat dan tentunya dapat meningkatkan kebugaran penderita.

Rehabilitasi pasca serangan jantung haruslah dilaksanakan sedini mungkin (as early as possible) dan selama mungkin (as long as possible) melalui kegiatan rehabilitasi yang terpadu. Dengan latihan yang dilakukan sesuai dosis dengan supervisi dokter diharapkan akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Tentunya performance jantung akan meningkat secara bermakna dengan tujuan akhir meningkatkan aktivitas kehidupan sehari-hari dan kualitas hidup.

Di RS Telogorejo Semarang, program rehabilitasi jantung merupakan fasilitas yang disediakan rumah sakit untuk pasien yang membutuhkan rehabilitasi jantung, dengan aktivitas untuk memperbaiki kondisi fisik, mental dan sosial agar pasien dapat menjalani hidup secara normal. Program rehabilitasi ini dapat membantu pasien menjalani kehidupan yang baik di masyarakat setelah serangan jantung atau pembedahan jantung.

Untuk Informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi Unit Rehabilitasi Medik RS Telogorejo (024) 8448448 ext. 6421 atau Hotline Service RS Telogorejo 0816666340.

Loading...
26 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *