Taman Indonesia Kaya Semarang, Taman Budaya Outdoor

Taman Indonesia Kaya Semarang
Taman Menteri Supeno atau yang dikenal juga sebagai Taman KB yang berada di Jalan Menteri Supeno Mugassari Semarang, saat ini sedang direnovasi menjadi Taman Indonesia Kaya. Pemugarannya sendiri sudah mulai dikerjakan sejak 1 November 2017 lalu dan targetnya akan selesai pertengahan tahun 2018 ini. Taman dengan luas 5.000 meter persegi dipugar oleh Pemkot Semarang dengan menggandeng Djarum Foundation.

Taman dengan desain futuristik ini nantinya akan dimanfaatkan menjadi ruang publik bagi masyarakat dan akan menjadi taman budaya pertama di Jawa Tengah dengan konsep panggung outdoor untuk menjadi wadah berekspresi para seniman untuk dapat dinikmati masyarakat secara gratis. Selain futuristik, taman ini juga akan lebih hijau dengan penanaman beberapa jenis tanaman serta pepohonan di area ini. Selain itu patung Ibu dengan dua anak yang selama ini menjadi ikon Taman KB, akan tetap ada dan akan ditata agar lebih sesuai.

Sebagai tempat untuk nguri-uri kebudayaan, pertunjukan yang natinya ditampilkan akan terlebih dahulu dikurasi dengan pengaturan jadwal pementasan ditangani oleh tim budya Djarum Foundation. Konsep seperti ini sebelumnya sudah pernah dilakukan di Galeri Indonesia Kaya Jakarta yang menampilkan berbagai seni pertunjukan dengan tema keragaman Indonesia serta menjadi rumah bagi para seniman untuk berkarya.

Taman Indonesia Kaya yang futuristik

Taman yang rindang

Panggung teater dengan kapasitas penonton hingga 1.000 orang bakal ada di sini. Fasilitas ruang ganti dan make-up artis ber-AC juga disediakan untuk para seniman yang akan tampil di panggung teater terbuka Taman Indonesia Kaya yang lokasinya berada persis di depan SMA N 1 Semarang ini.

Taman ini akan menginspirasi para pekerja seni untuk dapat mengeksplorasi kemampuannya untuk menampilkan seni dan budaya asli Indonesia serta memadukannya dengan konsep kekinian sehingga bisa diterima oleh seluruh masyarakat.

Kategori: Taman Kota .
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *