LEGENDA, Sistem Untuk Meningkatkan Kualitas Tenaga BLUD Puskesmas Kota Semarang

Aplikasi legenda dinkes semarang

Saat ini, pelayanan merupakan tugas utama dari aparatur pemerintah yang dituntut untuk selalu meningkatkan mutu penyelenggaraan dan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Tuntutan tersebut tentu memicu untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu diperlukan sebuah terobosan inovasi yang diharapkan mampu memicu pegawai dalam ekerja secara profesional dan selalu berusaha untuk mengembangkan kemampuan secara keilmuan dan ketrampilannya dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Aplikasi Legenda

Dari bidang kesehatan, permasalahan yang diidentifikasi pada pembangunan kesehatan berdasarkan evaluasi kinerja Dinas Kesehatan Kota Semarang tahun 2019 yaitu sebagai berikut : Masih kurang maksimalnya kinerja tenaga kesehatan di Puskesmas.

Sesuai dengan visi pertama Dinas Kesehatan Kota Semarang, yaitu meningkatkan pelayanan kesehatan dengan sumber daya manusia kesehatan yang profesional, handal dan berprestasi, maka disusunlah suatu strategi salah satunya dengan meningkatkan sumber daya manusia kesehatan yang kompeten dan berkualitas serta meningkatkan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan yang terstandar.

Berbagai upaya yang telah dilaksanakan dalam pembangunan kesehatan, antara lain upaya peningkatan dan perbaikan terhadap derajat kesehatan masyarakat, upaya pelayanan kesehatan, sarana kesehatan dan sumber daya kesehatan. Secara umum upaya-upaya yang telah dilakukan dalam pembangunan kesehatan telah menunjukkan hasil yang cukup baik, namun masih ada beberapa program kesehatan yang belum mencapai hasil yang optimal.

Sehingga dalam hal meningkatkan pelayanan ini, kami dalam memberikan judul Aksi Perubahan adalah : LEGENDA ( Layanan Sistem Aplikasi Kendali Kinerja ) untuk meningkatkan Kualitas Tenaga BLUD Kota Semarang.

Aksi perubahan yang menitik beratkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya tenaga BLUD Puskesmas mengandung manfaat membawa dampak transformasi kinerja dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas.

Saat ini penilaian kinerja tenaga non ASN BLUD Puskesmas hanya dilakukan oleh Kepala Puskesmas, praktis pola pembinaannya hanya dilakukan oleh Puskesmas saja. Diharapkan dengan keterlibatan dan keterpaduan dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan akan membawa proses transformasi pengetahuan dan berdaya guna kepada tenaga BLUD Puskesmas di Semarang, melalui aplikasi LEGENDA (Layanan Sistem Aplikasi Pengendalian Kerja) sebagai Peningkatan Penilaian Tenaga BLUD di Puskesmas yang dilanjutkan pembinaan dilakukan oleh Dinas Kesehatan. Hal ini sekaligus sebagai implementasi konsep BERGERAK BERSAMA yang dicanangkan Bapak Walikota Semarang dalam proses pembangunan di Kota Semarang.

Pemanfaatan aplikasi LEGENDA dapat digunakan sebagai tempat penilaian, pengawasan dan pembinaan bagi Tenaga Non ASN BLUD Puskesmas dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan baik Upaya Kesehatan Perorangan, Upaya Kesehatan Masyarakat maupun jejaring bagi masyarakat di Kota Semarang. Selain itu juga merupakan uapaya peningkatan kompetensi bagi tenaga kesehatan. Kepala Puskesmas dapat melihat penjagaan cuti dan utang tenaga BLUD melalui aplikasi LEGENDA; Mengurangi anggaran ATK Puskesmas karena dilakukan dengan papperles.

Kategori: Serba serbi .
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *