Pemerintah Kota Semarang Sempurnakan Aplikasi Layanan Darurat 112

Launching integrasi lapor hendi

Di era digital saat ini, hampir segala kebutuhan hidup dapat ditawarkan dan diakses melalui ponsel kita. Perkembangan teknologi yang cepat membuat kebutuhan akan layanan digital semakin meningkat, salah satunya adalah kebutuhan atas penyampaian aspirasi, kesehatan, keamanan, keselamatan dan pertolongan. Hal ini direspon oleh Pemerintah Kota Semarang dengan penyempurnaan Aplikasi LAPOR HENDI dan Aplikasi Layanan Darurat 112 dari PT. ESA Kreasi Negri (ESA), yaitu Aplikasi Mobile Field Responder untuk perangkat OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Aplikasi LAPOR HENDI adalah media bagi masyarakat kota Semarang untuk menyampaikan aspirasi, dan pengaduan kepada Walikota Semarang secara langsung. Melalui Aplikasi LAPOR HENDI, masyarakat dapat memantau segala aspirasi dan pengaduan yang telah disampaikan, bahkan masyarakat dapat berkomunikasi secara langsung kepada seluruh elemen di Pemerintahan Kota. Aplikasi LAPOR HENDI dioperasikan menggunakan SMS dan beberapa platform media sosial seperti Facebook, twitter, instagram, dan lain-lain. Hari ini Rabu, 16 Oktober 2019, Aplikasi LAPOR HENDI memperkenalkan versi 3 sebagai jawaban atas kebutuhan cepat dan efisien dalam membantu masyarakat kota Semarang.

Sedangkan versi 3 dari Aplikasi Layanan 112 adalah pengembangan dari Aplikasi 112 berbasis Web dengan adanya Aplikasi Mobile Field Responder yang terintegrasi membantu proses dan komunikasi perangkat daerah sehingga berjalan lebih efisien dan responsif dalam pemberian pelayanan bagi masyarakat. Aplikasi Layanan 112 adalah inovasi Kreasi PT Esa Kreasi Negri sebagai perusahaan yang mengkhususkan diri pada Solusi IT kegawatdaruratan dan Call Center serta layanan mobile mencakup bantuan kesehatan, keamanan, keselamatan dan pertolongan masyarakat.

Saat ini layanan mobile yang dimiliki oleh ESA adalah:
1. Aplikasi Web based Layanan Darurat 112 Call Center
Aplikasi Nomor Panggilan Darurat 112 yang tersambung kepada Call Center di masing-masing kota.
2. Mobile Aplikasi 112 untuk Perangkat Daerah (dikenal juga sebagai Field Responder)
Aplikasi mobile yang diperuntukkan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menjalankan tugasnya merespon laporan-laporan keadaan darurat.

Selanjutnya PT. ESA Kreasi Negri akan memperkenalkan versi lanjutannya dengan Aplikasi Mobile 112 untuk Publik dimana aplikasi ini dapat membantu masyarakat dalam keadaan darurat diri dan/atau situasi darurat orang lain dan/atau entitas fisik (bangunan, kendaraan, tumbuhan, dll) terdiri dari:
• Tombol Panik (Panic Button).
• Kecelakaan (Incident).
• Pantauan Kecelakaan (Tracking Incident).
• Basis Informasi dan Sumber Daya (information and Resource Base).
• Pertolongan Pertama (First Aid).

Kategori: Serba serbi .
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *