Jelajah Tempat Wisata Menarik di Pantura Jawa Tengah

Bus PariwisataBertajuk Familiarization Trip Travel Blogger (#FamtripJateng), 19 blogger dan admin social media dari berbagai kota seperti Semarang, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Blora dan Tegal menjelajah tempat tempat wisata yang menarik di sepanjang patura barat Jawa Tengah. Event Famtrip Jateng ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah (Dinbudpar Jateng), untuk mengeksplorasi pesona keindahan tempat tempat wisata di Kabupaten Kendal, Kota dan Kab Pekalongan, Kab Pemalang dan juga Tegal.

Berangkat dari Kantor Dinbudpar Jateng, bus menuju Obyek Wisata Curug Sewu di Kabupaten Kendal. Air terjun ini masih sangat alami, dengan pemandangan alam yang terhampar indah di depannya. Dan pengunjung yang mengalami kesulitan naik turun anak tangga, bisa menikmati dari atas area obyek wisata dengan landscape pemandangan yang hijau alami pepohonan. Air terjun ini memiliki debit air yang relatif besar dan paling besar dibandingkan dengan curug atau air terjun lainnya di Jawa Tengah.

Air Terjun Curug Sewu Kendal

Selanjutnya menuju Museum Batik Pekalongan. Di museum ini dipajang banyak koleksi batik dan juga peralatan membatik. Bahkan pengunjung bisa mencoba membatik sendiri, baik batik tulis dengan canthing atau membatik dengan menggunakan cap.

Museum Batik Pekalongan

Masih di Pekalongan, destinasi selanjutnya adalah Pekalongan Mangrove Park. Taman mangrove ini relatif baru, dibangun untuk mengatasi abrasi dari air laut yang kian lama kian mengancam, sekaligus mengembalikan keseimbangan ekosistem yang ada. Di Pekalongan Mangrove Park ini pengunjung bisa berkeliling menggunakan perahu yang telah disediakan.

Pekalongan Mangrove Park

Siang berganti malam, dan setelah check in dan beristirahat sejenak di Hotel Namira Syariah, perjalanan dilanjutkan menuju Pendopo Cahyo Kedhaton atau lebih dikenal dengan Sanggar Tari Sufi Pekalongan. Di sini gendhing gendhing atau musik tradisional yang suaranya memukau dimainkan bersamaan dengan tari sufi.

Tari Sufi

Hari kedua, masih di Pekalongan, mengunjungi Kampung Batik Pesindon. Kunjungan ke kampung batik ini menuju ke Larissa Showroom and Gallery. Di tempat ini termasuk salah satu yang paling besar, selain mendisplay batik, baik pakaian jadi maupun bahan, juga produksi batik mulai dari batik tulis, batik cap hingga batik printing. Pengunjung juga bisa melihat proses membuat batik tersebut secara langsung.

Kampung Wisata Batik Pesindon

Alat batik Cap

IBC (International Batik Center Pekalongan), pasar batik kelas premium karena konsepnya seperti mall merupakan destinasi terakhir di Pekalongan. Banyak sekali batik di tawarkan di satu tempat.

IBC International Batik Center Pekalongan

Destinasi selanjutnya adalah Widuri di Pemalang. Terdapat wahana permainan air yang cukup lengkap di Widuri Water Park ini. Dari water park ini di bagian belakang dihubungkan dengan Pantai Widuri. Banyak penduduk setempat memancing dari tempat ini untuk mencari ikan, dan juga terlihat beberapa perahu kecil nelayan di kejauhan.

Widuri water park Pemalang

Pantai Widuri Pemalang

Hari ketiga Famtrip Jateng ini menuju Taman Wisata Air Panas Guci di Tegal. Di sini terdapat pemandian air panas dan juga air terjun. Berada di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut, air sungai yang mengalir masih benar benar alami, karena airnya masih sangat bening. Sumber air panas Guci kaya akan kandungan unsur belerang dan mineral lain namun jernih dan tidak berbau dan tidak berwana, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Famtrip Travel blogger

Taman Wisata guci tegal

Pemandian air panas guci tegal

Taman Wisata Guci menjadi satu – satunya destinasi wisata yang dikunjungi dikota ini, karena Waduk Cacaban yang masuk dalam itinery FamTrip tidak jadi dikunjungi mengingat batas waktu yang ada dan harus kembali lagi ke Semarang.

Demikian Famtrip Jateng bersama Travel Blogger ini untuk mengeksplorasi destinasi tempat wisata yang ada di Pantura Jawa Tengah.

Kategori: Wisata .
Loading...
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *