Stasiun Poncol Semarang

Stasiun Semarang Poncol
Stasiun Poncol Semarang.
Alamat: Jl. Imam Bonjol No.115 Semarang.
Nomor Telepon: 024 3544496, 3556985, 3585092.

Stasiun Poncol Semarang ini merupakan salah satu karya peninggalan Henry Maclaine Pont, seorang arsitek jaman Belanda yang banyak berkiprah pada dunia arsitektur Indonesia. Beberapa detail elemen bangunan yang unik coba ditampilkan oleh sang perancang, misalnya pada tiang kayu di depan. Bangunan mempunyai integritas langgam arsitektur yang mengarah ke internasional Style, sesuai dengan zamannya dan mendirikan type bangunan perangkutan pada era modern. Keterkaitan bangunan dengan sejarah perkeretaapian di Semarang dan tokoh Maclaine Pont sebagai arsitek yang banyak jasanya dalam menonjolkan arsitektur Nusantara menambahkan arti penting bagi bagunan stasiun. Sebagai salah satu bangunan yang mewakili karya Maclaine Pont yang sedikit di Nusantara, bangunan Stasiun Poncol merupakan bangunan stasiun dengan kesinambungan fungsi yang masih dapat dilihat hingga kini.

Foto Stasiun Kereta Semarang Poncol

Stasiun Semarang Poncol berada dalam Daerah Operasional 4 Semarang. Stasiun ini adalah salah satu dari dua stasiun kereta api di kota Semarang. Dua stasiun kereta api di kota Semarang yaitu Stasiun Semarang Poncol dan Stasiun Semarang Tawang.

Stasiun ini dibangun pada tahun 1914. Stasiun ini semula milik SCS (Semarang – Cheribon Stoomtram Maatschappij). Stasiun ini kini menjadi tempat berhentinya kereta api kelas ekonomi. Bangunan stasiun ini dirancang oleh arsitek Henri Maclaine Pont, seorang arsitek Belanda.

Loading...
18 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *