25 Tempat Wisata Di Semarang Yang Terkenal

Ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Semarang. Berikut ini adalah daftar lengkap 25 tempat wisata Semarang yang terkenal, dari pantai, pemandangan alam, tempat wisata buatan, cagar budaya hingga wisata religi.

10 Tempat Wisata Paling Kekinian:

1. Grand Maerakaca

Perahu wisata di maerakaca

Grand Maerakaca merupakan branding baru Puri Maerokoco, tempat wisata ini sebelumnya cukup lama kurang terawat. Berbagai pembenahan telah dilakukan sejak tahun 2015. Pembuatan jogging track mangrove, pembenahan area jembatan, perbaikan di anjungan anjungan, diadakannya event M2M Malem Minggon Maerakaca dengan Festival Lampion serta penambahan perahu dengan aneka warna menambah daya tarik wisata dari Maerakaca ini.

Jumlah pengunjung tempat rekreasi keluarga dan anak muda ini mengalami peningkatan pesat semenjak dilakukan pembenahan serta giat melakukan promosi digital, dari pengunjung yang hanya kurang dari 25 ribu per tahun pada 2014 menjadi lebih dari 400 ribu pengunjung per tahun pada 2017. Selengkapnya…

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu merupakan ikon wisata kota Semarang. Salah satu bangunan cagar budaya yang telah berusia lebih dari seratus tahun ini berada di ujung Jalan Pemuda dan Pandanaran yang di depannya terdapat Tugu Muda, Lawang Sewu menjadi salah satu destinasi wisata yang buka hingga malam. Disebut Lawang Sewu karena jumlah pintunya banyak sekali. Meski tidak sampai seribu untuk jumlah lubang pintunya, namun jumlah daun pintu yang ada jumlahnya lebih dari seribu. Paling bagus jika mau foto foto di tempat ini saat sore hari hingga
sebelum isya’. Selengkapnya…

3. Kawasan Kota Lama

Kawasan Kota Lama Semarang

Banyak sekali perubahan di kota lama. Kawasan ini merupakan citra visual arsitektur eropa karena banyak sekali bangunan kuno dengan arsitektur eropa. Kawasan ini kini sangat ramai sekali dikunjungi wisatawan. Penataan yang dilakukan oleh pemerintah kota juga cukup banyak. Area paling favorit untuk foto foto di kawasan Kota Lama ini seperti Rumah Akar, Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Marba, dan juga Semarang Kreatif Galeri di jalan Letjen Suprapto sebelah barat Gereja Blenduk. Kini banyak cafe cafe bermunculan yang siap menyambut wisatawan setelah lelah berkeliling dengan sajian kopi atau menu lainnya.

4. Sam Poo Kong

Kawasan Wisata Sampookong

Berada di Jalan Simongan No 129 Semarang atau hanya berjarak 2,5 KM dari Tugu Muda, Sam Poo Kong yang juga dikenal sebagai Gedung Batu ini memiliki bangunan bangunan dengan nuansa tiongkok, dengan nuansa warna merah. Terdapat patung laksamana Cheng Ho yang ukurannya sangat besar. Kelenteng Sam Po Kong ini dahulu merupakan tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang sangat terkenal yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan manca negara juga banyak berkunjung ke Sam Poo Kong.

5. Kampung Pelangi

Kampung pelangi Semarang

Foto @aridiyanto / instagram. Lokasinya di Kampung Gunung Brintik, belakang Pasar Bunga Kalisari, di pinggir Kali Semarang, Jl Dr Soetomo tak jauh dari Tugu Muda. Sebelumnya area ini merupakan kampung kumuh yang tak tertata dengan rimbunan pepohonan dan tembok-tembok merah tak berplester. Kurang lebih 325 rumah yang dicat warna warni, dan saat ada yang posting di instagram, Kampung Pelangi ini mendadak ramai sekali dikunjungi orang, yang sebagian besar adalah anak muda.

6. Masjid Agung Jawa Tengah

MAJT Masjid Agung Jawa Tengah

Foto @faza05 / instagram. Masjid Agung Jawa Tengah seolah menjadi pilar 25 nabi ala koloseum di Kota Semarang. MAJT beserta fasilitas pendukungnya terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari menempati tanah bandha Masjid Agung Semarang seluas 10 ha serta mampu menampung jamaah lebih kurang 13.000 orang. Disamping bangunan Masjid disini juga dilngkapi fasilitas-fasilitas lain seperti : ruang kantor, ruang kursus dan pelatihan, ruang perpustakaan, ruang akad nikah, auditorium. Dengan bangunannya yang megah, MAJT menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Semarang dan Jawa Tengah.

Di area MAJT terdapat Tower Asmaul Husna dengan ketinggian 99 meter, dari tower ini wisatawan bisa memandang landscape kota Semarang dari segala penjuru. Di lantai 2 dan 3 tower terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah yang merekam jejak jejak perjalanan dan perkembangan agama Islam di Jawa Tengah. Selengkapnya…

7. Pantai Marina

Pantai Marina Semarang

Pantai Marina merupakan taman rekreasi yang murah meriah bagi warga Semarang. Kita bisa menghirup segarnya udara pantai dan memandang laut lepas atau menikmati deburan ombak yang menghantam bibir pantai. Setiap Minggu pagi Pantai Marina didatangi banyak pengunjung, rata rata datang bersama keluarga. Lokasi Pantai Marina di sebelah timur PRPP atau perumahan Royal Family, jika melihat patung elang cukup besar di bundaran, dibelakangnya merupakan pintu masuknya.

Untuk wisata pantai ada pantai lagi selain Pantai Marina, di sebelah barat (dekat bandara, ada Pantai Tirang dan Maron yang air lautnya lebih berwarna biru, memiliki hamparan pasir dan juga dengan pemandangan gunung ungaran, namun akses jalan menuju pantai ini kurang bagus.

8. Brown Canyon

Brown Canyon Semarang

Foto @itsme_donald / instagram. Sejatinya Brown Canyon bukanlah tempat wisata, namun ini adalah bekas tambang galian tipe C. Namun karena meninggalkan bentuk tanah dengan bentuk unik, banyak yang berdatangan ke tempat ini. Saat pagi hari atau sore hari dengan cuaca yang cerah foto yang bisa didapat seringkali sangat bagus. Secara administratif Brown Canyon berada di Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Namun demikian, akses jalan paling mudah melalui sebelah timur Klipang, setelah menyeberangi jembatan ganda, lokasinya sekitar 2 KM dari stasiun TVRI yang berada di Demak, sehingga sebagian mengira tempat ini berada di Demak.

9. Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya

Pagoda Watugong Semarang

Foto @nurlusianadewi04 / instagram. Lebih sering disebut Pagoda Watugong, Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya ditetapkan Museum Rekor Indonesia sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda yang memiliki tinggi 45 meter itu dibangun tujuh tingkat. Menurut sejarah vihara ini merupakan Vihara pertama di Indonesia setelah keruntuhan kerajaan Majapahit. Pada tahun 1955 YM Bhante Narada dan Bhante Ashin meresmikan vihara tersebut. Saat kedatangan YM Narada di Indonesia.

10. Gedong Songo

Vanaprasta Gedong Songo

Foto @noisebanyak / instagram. Sejuknya alam pegunungan dan indahnya Gedong Songo begitu memukau. Ditambah dengan cuaca yang seringkali berubah dengan cepat, dari kondisi panas tiba tiba mendung lalu hujan menjadi daya tariknya tersendiri.

Berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedongsongo, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang dan kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Istilah kata Gedong Songo sendiri berasal dari bahasa Jawa, β€œGedong” berarti rumah atau bangunan, β€œSongo” berarti sembilan. Jadi Arti kata dari Gedongsongo adalah sembilan bangunan. Selengkapnya…

Tempat Wisata Lainnya:

Di atas tadi daftar obyek pariwisata di Semarang yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, sebenarnya masih banyak sekali tempat yang masuk ke dalam kategori obyek wisata, sebut saja Waduk Jatibarang, Santosa Stable, Eling Bening, Bonbin Mangkang, Pantai Tirang, Kampoeng Wisata Taman Lele, Kelenteng Tay Kak Sie, Candi Tugu, Air Terjun Kali Pancur, Kawasan Wana Wisata Penggaron, Wisata Alam Umbul Sidomukti, Danau Rawa Pening, Curug Benowo, Museum Ronggowarsito, Museum Mandala Bhakti. Selamat jalan jalan di Semarang.

Loading...
Daftar Kategori Wisata

58 Responses to “25 Tempat Wisata Di Semarang Yang Terkenal”

  1. TuSuda says:

    Banyak juga tempat wisata yang menarik sekali…kapan-kapan bagus juga bisa menyempatkan diri pergi melancong kesana.
    Salam hangat dari Kendari. 8)

  2. Anggraini says:

    Terima kasih infonya, jadi punya list lokasi pariwisata yang bagus untuk saya kunjungi pas libur nanti. :))

  3. mari kita dukung kota semarang dengan melestarikan budaya dan alam sebagai kota wisata yang indah dan maju.

  4. terimakasih atas infonya. tambahkan juga dong info kuliner tradisionalnya, terutama yang sudah memiliki sertifikat halal.

    Semarang Joss Gandos

  5. Telah hadir motor taxi dengan tarif yang sangat terjangkau minimal Rp.5000 maksimal Rp.15.000

    Call Center
    024-70337466

  6. Ade Perdhana says:

    ternyata banyak juga tempat wisatanya. lain kali akan saya datangi semua tempat wisatanya. nice post πŸ˜€

  7. Semoga wisata islami di semarang kan selalu diberkahi pengunjung sehingga syiar islam kan sampai ke umatnya. amin

  8. HIDAYATULLAH RABBANI says:

    WOW, banyak sekali ya obyek wisata yang menarik di kota atlas ini, aq bangga jadi bagian generasi penerus kota ini

  9. aku wis tau ning umbul sidomukti, mejid agung jateng, gedong songo, mejid raya… hmm.. brati kurang akeh…

  10. kucingpecinta says:

    cah semarang rak ngerti obyek wisata ne dewe berarti…. katrox alias kurang piknik !

  11. Masih banyak Obyek Pariwisata yang belum ditampilkan

  12. Saya barusan melakukan wisata di kota ini, sebenarnya banyak tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi di kota ini dan sekitarnya, tapi semua itu tidak didukung oleh Alat transportasi yang baik dan keramahan pelaku wisata di kota ini baik itu oleh penduduknya maupun para pelaksana wisata. Saya mohon bagi Pemerintah setempat agar dapat membenahi hal ini, sayang dong tempat bersejarah di Indonesia ini kalau kita yang dari luar daerah mau berkunjung terkesan sangat kecewa. Terima kasih hal ini saya sampaikan hanya untuk perbaikannya kedepan nya. Salmani dari kota Banjarmasin.

  13. emang ada apa lagi… kasih tau dunk,bwt referensi liburan tahun baru bsk πŸ™‚

  14. Makasiiiiih bangeeeettts

  15. kalau bukit cinta di ambarawa itu tempat wisata bukan ya

  16. pngen outbound enk’y kmna yach……

  17. Shoppingnya bagaimana? Batik dan furniture.

  18. Dear,Bpk/Ibu NIK
    kami dari AMALTOURS INDONESIA siap membantu saudara,untuk info lebih lanjut jangan segan menghubungi kami,024-70276001,
    salam hangat,
    AMALTOURS INDONESIA

  19. Mantaaap mas… Kulinernya kok g ada ya…. jadi pengen cepet2 libur nich.

    • silakan masuk kategori restoran atau warung makan, sudah banyaaaak juga kok, bahkan lebih banyak dari daftar obyek wisata… πŸ™‚

  20. Museum Mandala Bhakti tu aneh,,
    Tutup kalo hari libur,,

  21. loker semarang says:

    Ayo wisata ke Semarang …

  22. Ratna K says:

    bagu….s, buat referensi kalo ke semarang, thanks

  23. nurul zaefudin says:

    Semarang is the best city, come on coy, visit to Semarang.

  24. gombel rak mlebu kie pye,,,,,,

    waaduh,

  25. kerentt:8

  26. mantap,,esook ku sambangin atu2 ah he he

  27. yosiy kumuh rusdimatan gang-gang says:

    gue akui semarang kota yang indah masa kuliner aja gaz ada cihhh kepo lu semua

  28. alin viruz says:

    Kuliner, yg laen nyusul,agak lupa πŸ˜€
    Sambara sajian sunda, pujasera Manunggal jl.gajahmada, Pondok daun marina beach

  29. Taman lele gimana bagus gak ?? πŸ˜•
    ongkos masuk nya berapa ?

  30. Tour Explora says:

    Kota tua di Semarang wajib dikunjungi. Bagus untuk foto2.

  31. Kalo yang namanya sunan kuning itu tempat wisata di semarang juga ya?

  32. rockym aquino says:

    mungkin semua harus dikunjungi bnyak hal yg bsa mnjdi kenangan..
    .ayo wisata kesemarang

  33. Yan Fauzi says:

    tambahan : buat yang suka berpetualang, mampir juga di desa Peromasan G.Ungaran.
    dari kota SMG perjalanan bisa ditempuh dalam waktu 1-2 jam.. ketika sampai di desa Peromasan anda akan disuguhi pemandangan kebun teh, kebun kopi, pemandangan puncak G.Ungaran beserta mata airnya dan pedesaan yang gak bakal di temui di kota πŸ˜€
    jika fisik & mental anda masih kuat, perjalanan bisa dilanjutkan mendaki ke puncak Ungaran lalu turun melalui Gedong Songo
    Saya sendiri pernah melakukannya bersama organisasi pecinta alam, dan itu sangat menyenangkan :):) terimakasih
    from : Argapeta-stembase

  34. irman aries says:

    Semarang menjadi destinasi liburan yg menyenangkan. Gag sabar menunggu liburan ato cuti tiba πŸ™‚

  35. gambar di atas tidak sebagus gambarnya ..aslinya ga kaya gtoo

  36. Seharusnya getooo… πŸ˜€

  37. kok wisata air panas nglimut gak masuk apakah sudah masuk wilayah kab. kendal ??? padahal bagus juga walau banyak anak tangganya yg mulai “melorot”

  38. wahh,.. amazingg… bangunannya dan keindahan nya gag kalahh dengan luar negri … So, cintai produk dalam negrii.. sebenernya indonesia kaya dg keindahan alam, namun belum banyak yg menyadarii πŸ˜€

  39. pasti excited banget deh kalo berkunjung ke sana… apa lagi visit to Lawang Sewu… so Scaryyy but there is special something over there

  40. Febri Artanto says:

    Museum Mandala Bhakti TOP BGT, lokasinya sangat strategis karena berseberangan dengan lawang sewu..
    Bagi siapa saja yg ingin tau sejarah kemerdekaan NKRI, wajib berkunjung ke Museum Mandala Bhakti, alamat persisnya di Jl.
    MGR Soegiyopranoto No.2..

  41. Dari kemarin mantengin postingan ini tapi pas sy tlp yg nawarin rental mbl iti, sepertinya saya kurang beruntung. Info ini sangat membantu.

    Akhirnya saya dapat info mobil sewaan dengan hrg 900rb utk 2 hari tmsk supir. Mahal atau murah itu ya πŸ˜€

  42. bedjo untung says:

    bosan aaah… cuman candi,musium, ngapain jauh@ cuman begituan

  43. Wahyu Eka says:

    pantai marina udah pernah, candi gedung songo juga udah, goa kreo juga udah, masji agung jawa tengah juga udah pernah, tapi yang lainnya belum pernah hehehehe πŸ˜€

  44. adakah wisata budaya, wisata kuliner dan wisata belanja yg bisa dishare?

  45. Tempat Wisata Baru says:

    Seiring dengan perjalanan waktu, tempat wisata yang baru juga bermunculan. Atau tempat wisata lama yang sebelumnya kurang terawat kemudian diperbaiki dan dipromosikan. Di dekat Bandara Semarang, tepatnya sebelum Pantai Maron, ada wisata mangrove, Maron Mangrove Edu Park namanya. Hutan bakau yang relatif baru dibuat di areal tambak yang kurang produktif, yang kemudian diberikan tracking area di sepanjang area mangrove. Dengan adanya instagram, tempat ini menjadi ngehits.

    Puri Maerokoco juga tak mau kalah, dengan memiliki area yang ditanami mangrove yang lebih dahulu, mangrove nya sudah lebih rindang dan besar ukurannya. Kemudian ditambahi area tracking dari bambu. Tempat ini menjadi hits di kalangan anak muda Semarang. Setiap hari bisa lebih dari seribu orang datang ke tempat rekreasi yang baru ini. Nama tempat ini diambil dari salah satu bagian dari epos Mahabharata, dimana sang dewi menghendaki dibangunnya seribu bangunan hanya dalam waktu semalam. Taman yang diresmikan pada tahun 1993 ini terdiri dari 35 anjungan yang menampilkan β€œwajah” 35 kabupaten/kota di seluruh Jawa Tengah.

    Untuk yang senang dengan museum 3D seperti De Mata yang terkenal di Yogyakarta, Semarang juga memilikinya. Berada di area Kota Lama, Old City 3D Trick Art Museum, ini menjadi tempat untuk foto 3 dimensi. Banyak anak muda datang ke tempat ini, karena ada banyak sekali background atau latar belakang yang bisa menjadi tempat foto. Tempat ini memiliki lebih dari seratus foto atau gambar tiga dimensi untuk latar belakang dengan berbagai tema, kartun, ikon ikon dunia seperti patung Liberty, suasana kota kota di Eropa, film film terkenal hingga tema wisata Semarang.

    Di dekat Bawen Ambarawa, ada juga tempat rekreasi baru yang sangat ngehits di instagram. Eling Bening namanya. Dari tempat ini pengunjung bisa menikmati landscape pemandangan gunung gunung yang sejuk, rawa pening, area persawakan dan juga perkebunan nan hijau di Kabupaten Semarang. Ada juga kolam renang yang desainnya sangat indah dengan taman yang tak kalah seru. Juga terdapat pohon ala ala Garden By the Bay di Singapura itu, yaitu pohon yang terbuat dari besi yang dibuat cukup tinggi kemudian diberikan tanaman merambat yang menutupi rangka dari besi tersebut.

    Di lokasi yang tak jauh dari tengah kota, hanya sekitar 1 km dari Simpang Lima, ada tempat wisata indoor ala trans studio, namun ukuran lebih kecil. PlaPlay Indoor theme park namanya. Ada banyak wahana yang ada di Play Play ini: seperti pendulum, spiral jet, clip N climb, mini ferris wheel, human gyroscope, driving school, carousel, energy claw, jumping frog, 5D cinema, arcade game, jungle food corner, tagada, coffee cup, baby fun, rotating mini boat, mini bus hingga bumper car. Berada di Lantai 2 hingga 5 SETOS (Semarang Town Square), tempat ini menjadi alternatif tempat rekreasi bagi keluarga dan anak anak.

  46. Wisata Gunung Kelir, Jambu says:

    Nama Gunung Kelir mungkin tidak cukup familiar bagi kebanyakan wisatawan. Namun tempat wisata yang berada Dusun Wonokasihan, Desa Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang ini menjadi populer di kalangan traveller yang memiliki instagram. Karena pemandangan alam yang indah dan sejuk sangat instagramable.

    Satu spot yang sangat populer yaitu panggung bambu yang berada di sebuah tebing dengan view hamparan gunung dan seringkali berselimut kabut. Memang tidak mudah untuk mencapai puncak Gunung Kelir, pengunjung harus rela jalan kaki sekitar satu hingga dua jam tergantung kebugaran tubuh di kawasan Desa Gertas. Namun semua akan terbayar jika sudah sampai di puncak lereng kelir ini.

    Salah satu pengelola tempat wisata ini yaitu bisa di lihat di akun instagramnya @gunungkelirbedono.

  47. winarno says:

    Kalau saya suka dengan Lawang Sewu. Gedung kuno yang indah dengan arsitektur unik..

  48. nah ini dia list2 wisata semarang disekitarnya soalnya mau kesana binun mau kmn enaknya. Makasih ia Om Admin rujukannya

  49. Wah mantap artikelnya, mudah2an bisa libur bareng sama keluarga ke semarang…I LOVE INDONESIA

Leave a Reply