Daftar Lengkap 25 Obyek Wisata Di Semarang Yang Terkenal

Wisata Semarang[Ikon Wisata Semarang: Lawang Sewu]

Berikut ini daftar tujuan / obyek wisata serta rekreasi keluarga di Semarang yang terkenal, dari pantai, alam maupun juga religi:

Pantai

pengin muter muter dengan perahu
1. Pantai Marina
Pantai Marina merupakan taman rekreasi murah meriah bagi warga Semarang. Kita bisa menghirup segarnya udara pantai dan memandang laut lepas. Setiap Minggu pagi Pantai Marina didatangi banyak pengunjung, rata rata datang bersama keluarga. Lokasi Pantai Marina di sebelah timur PRPP atau perumahan Royal Family, jika melihat patung elang cukup besar di bundaran, dibelakangnya merupakan pintu masuknya.

pantai maron
2. Pantai Maron
Pantai Maron letaknya hanya beberapa ratus meter dari ujung runway bandara Ahmad Yani tetapi jalan menuju ke sana masih berupa tanah tidak rata, cukup menyulitkan mobil pribadi yg mau mengunjungi Pantai Maron apalagi turun hujan, (sangat tidak direkomendasikan menggunakan mobil sedan). Di sebelah baratnya terdapat pantai Tirang, kondisi air lautnya lebih jernih daipada Pantai Marina…

pantai tirang
3. Pantai Tirang
Pantai Maron dan Pantai Tirang terletak di ujung landasan pacu bandara A Yani, kurang lebih 5 KM jarak udara dari Pantai Marina. Sebenarnya air lautnya di sini jauh lebih bersih serta biru dari Pantai Marina, namun karena kurang tergarap dengan baik, Pantai Tirang di sebelah barat kanal dan Pantai Maron di sebelah timur kanal agak kumuh. Apalagi pantai Tirang tidak bisa dijangkau mobil.

danau buatan gazebo
4. Taman Lele
Kampoeng Wisata Taman Lele terdapat danau buatan yang dikelilingi gazebo, sepeda air, kolam renang untuk anak, permainan anak, beberapa satwa peliharaaan, seperti merak, ular phyton, buaya serta berbagai jenis burung. Tempat ini cocok untuk persinggahan bagi mereka yang berkunjung ke Semarang melalui jalan darat atau jalur pantura, karena lokasinya memang persis berada di jalur tersebut.

Religi & Bangunan Kuno

pagoda buddhagaya
5. Pagoda Watugong
Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong, ditetapkan Museum Rekor Indonesia sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda yang memiliki tinggi 45 meter itu dibangun tujuh tingkat. Menurut sejarah vihara ini merupakan Vihara pertama di Indonesia setelah keruntuhan kerajaan Majapahit. Pada tahun 1955 YM Bhante Narada dan Bhante Ashin meresmikan vihara tersebut. Saat kedatangan YM Narada di Indonesia…

masjid diantara pilar
6. Masjid Masjid Agung Jawa Tengah
MAJT beserta fasilitas pendukungnya terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari menempati tanah bandha Masjid Agung Semarang seluas 10 ha serta mampu menampung jamaah lebih kurang 13.000 orang. Disamping bangunan Masjid disini juga dilngkapi fasilitas-fasilitas lain seperti : ruang kantor, ruang kursus dan pelatihan, ruang perpustakaan, ruang akad nikah, auditorium…

lawang sewu
7. Lawang Sewu
Lokasi: Jl. Pemuda SMG.
Pemilik : Departemen Perhubungan : Perusahaan umum Kereta Api
Bangunan ini dijuluki Lawang Sewu ( pintu seribu ) karena memiliki banyak pintu disamping busur – busur yang mengesankan rongga, memenuhi facade bangunan. Komplek lawang Sewu terdiri tas dua massa bangunan utama. Disebelah barat berbentuk “L” dengan bentuk sangat …

menara masjid
8. Masjid Besar Kauman
Masjid ini terletak di Jl alun alun barat no 11 di satu sisi, sedangkan sisi samping adalah jalan Kauman. Masjid Kauman merupakan rangkaian perkembangan dari sejarah pembangunan masjid di Semarang. Masjid pertama di Semarang dulu terletak di daerah mugas yang didirikan oleh Kyai Ageng Pandan Arang. Ketika beliau hijrah ke kota Semarang bagian bawahan, mendirikan kabupaten bubakan dan mendirikan masjid…

masjid raya baiturrahman
9. Masjid Raya Baiturrahman
Alamat : Jl. Pandanaran No 126 SMG.
Nomor Telepon : 024 831 0155
Pembangunan Masjid Raya Baiturahman dimulai pada 10 Agustus 1968 dengan ditandai pemasangan tiang pancang untuk pondasi masjid sebanyak 137 buah. Masjid diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 15 Desember 1974. Keberadaan masjid ini hingga sekarang menjadi kebanggaan warga…

pengunjung sampokong imlek
10. Sam Poo Kong
Komplek Klenteng Sam po Kong Gedung batu terdiri atas sejumlah anjungan. Bangunan pemujaan utama ialah Klenteng Besar dan gua Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong : tempat – tempat pemujaan Kyai Juru Mudi, Kayai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi serta mbah Kyai Tumpeng. Klenteng Besar dan gua merupakan bangunan paling penting di antara semuanya , serta merupakan pusat seluruh kegiatan pemujaan di komplek tersebut.

kelenteng tay kak sie
11. Kelenteng Tay Kak Sie
Kelenteng Tay Kak Sie merupakan sebuah kelenteng tua yang didirikan pada tahun 1746. Kelenteng berada di Jalan Gang Lombok No 62 Pecinan. Klenteng ini menjadi salah satu obyek wisata religi di Kota Semarang. Kelenteng Tay Kak Sie pada mulanya hanya untuk memuja Dewi Kwan Sie Im Po Sat, Yang Mulia Dewi Welas Asih, meski kemudian berkembang menjadi Kelenteng yang juga memuja Dewa Dewi Tao lainnya.

gereja blenduk
12. Gereja Blenduk
Gereja yang dibangun pada 1753 ini merupakan salah satu landmark di kota lama. Berbeda dari bangunan lain di Kota Lama yang pada umumnya memagari jalan dan tidak menonjolkan bentuk, gedung dengan bergaya Neo-Klasik ini justru tampil kontras. Bentuknya lebih menonjol. Lokasi bangunan frontal terhadap Jl. Suari yang dahulu bernama Kerk straat (Jalan Gereja). Bangunan gereja sekarang merupakan bangunan setangkup dengan facade tunggal…

Candi
eksotisme relief candi gedong songo
13. Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedongsongo, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang dan kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Istilah kata Gedong Songo sendiri berasal dari bahasa Jawa, “Gedong” berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan. Jadi Arti kata dari Gedongsongo adalah sembilan bangunan.

candi tugu
14. Candi Tugu
Candi Tugu berada pada Jalan Mangkang KM 11, sekitar 2 km dari IAIN Walisongo, arah Semarang Jakarta berada di sisi kanan jalan, atau beberapa ratus meter saja dari RSUD Tugurejo. Di tempat ini konon adalah candi perbatasan antara kerajaan Majapahit dan Pajajaran. Lama tak terurusi, pada era penjajahan belanda, tahun 1938 (atas masukan Sejarawan J Knebel) diadakan pemugaran terhadap situs ini…

Wisata Alam
Pemandangan air terjun kalipancur
15. Air Terjun Kali Pancur
Kawasan Air Terjun Kali Pancur ini berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga. Untuk menuju ke lokasi obyek wisata ini tidak ada sarana transportasi umum, jadi harus membawa kendaraan sendiri. Jika terpaksa harus naek kendaraan umum bisa dapat mengambil jurusan Kopeng Salatiga dan jika telah sampai di Desa Wates Kec. Getasan…

kawasan wana wisata penggaron
16. Penggaron
Kawasan Wisata Penggaron Terletak di wilayah administratif Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten semarang, sekitar 2 km arah Kota Ungaran atau sekitar 18 km arah Selatan Kota Semarang. Wana Wisata ini adalah salah satu hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Masyarakat sekitar Semarang biasa memanfaatkan Penggaron…

umbul sidomukti
17. Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan, berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Kawasan wisata ini dengan didukung fasiltas & Servis: Out bound Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, Meeting Room. Ada empat buah kolam bertingkat dan dapat dipilih sesuai kedalaman yang diinginkan.

18. Rawa Pening
Danau Rawa Pening adalah danau sekaligus tempat wisata air dengan luas 2.670 hektare, menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Rawa Pening ini berada di cekungan terendah lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran. Daya tarik di Rawa Pening: Wisata Tirta: dengan perahu tradisional, Penghasil enceng gondok…

19. Curug Benowo
Curug Benowo terletak di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten SMG. Curug dalam Bahasa Jawa berarti Air Terjun. Eksotisme Curug Benowo ini mungkin sulit unutk dicapai orang kebanyakan, karena tempatnya benar benar alami, jalannya setapak, naik turun, mungkin hanya direkomendasikan pada para pecinta alam atau mereka yang suka tantangan, tidak untuk kebanyakan orang apalagi rekreasi keluarga.

20. Taman Margasatwa / Bonbin
Kebun Binatang atau lebih dikenal dengan nama Bonbin pertama berada di tempat sekarang menjadi kawasan Taman Budaya Raden Saleh dan Wonderia. Lalu pada tahun 1985 Bonbin Semarang direlokasi ke daerah Tinjomoyo. Dan pada tanggal 28 Februari 2007 Bonbin pindah lagi menempati areal baru di daerah Mangkang, tepatnya di Jl. Walisongo KM 16, seberang Terminal Mangkang.

Museum
21. Museum Perkembangan Islam
Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah mencatat sejarah perkembangan agama Islam di Jawa Tengah.
Museum ini berada di lantai 2 dan 3 dari Tower Asmaul Husna di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah yang berada di Jalan Gajah. Artefak artefak seperti Iluminasi Al Qur’An, Wayang golek Menak, Wayang Sadat, Gayor Masjid Sunan Muria, Gamelan, Ornamen Dua Sisi, Ornamen Masjid Mantingan, Keramik, Koleksi peninggalan Islam Awal…

22. Museum Jamu Nyonya Meneer
Museum Jamu Nyonya Meneer merupakan satu museum jamu pertama di Indonesia. Museum jamu ini didirikan pada 18 Januari 1984. Tujuan dari didirikannya museum jamu ini yaitu sebagai cagar budaya untuk melestarikan warisan budaya leluhur sehingga dapat menjadi media edukasi serta rekreasi untuk generasi muda. Museum Jamu Nyonya Meneer ini terbagi menjadi dua bagian, pertama bagian yang menyajikan produktivitas jamu, menyangkut…

23. Museum MURI
Museum Rekor Dunia Indonesia didirikan atas prakarsa Jaya Suprana di kawasan industri Jamu JAGO Jalan Perintis Kemerdekaan Semarang pada 27 Januari 1990 dan diresmikan oleh Menko Polkam Soedomo dan Menko Kesra Soepardjo Roestam disaksikan oleh Ketua PMI Pusat Ibnu Soetowo dan Gubernur Jawa Tengah, HM Ismail. Museum Rekor Dunia Indonesia kemudian lebih popular dengan sebutan MURI yang diberikan oleh Soepardjo Roestam pada upacara…

24. Museum Ronggowarsito
Museum yang terletak di jalan AbdurrahmanSaleh ini merupakan museum terlengkap di Semarang dengan memiliki koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan dan wawasan nusantara. Dengan nama diambil dari nama salah satu pujangga Indonesia, yang terkenal dengan hasil karyanya dalam bidang filsafat dan kebudayaan, museum menempati luas tanah 1,8 hektare, museum ini dibuka setiap hari pukul 08.00…

25. Museum Mandala Bhakti
Bangunan ini pertama kali dirancang sebagai Raad van Justitie atau Pengadilan Tinggi bagi golongan rakyat Eropa di Semarang. Maka tidaklah heran apabila massanya sedemikian formal dan kaku. Perancangnya adalah arsitek I. Kuhr E. dari Firma Ooiman dan van Leeuwen. Bangunan terletak frontal dari arah jl. Pemuda tepat di depannya adalah lapangan Tugumuda (d.h Wilhelmina plein).



Daftar Kategori Wisata
Hashtag: , ,

51 Responses to “Daftar Lengkap 25 Obyek Wisata Di Semarang Yang Terkenal”

  1. TuSuda says:

    Banyak juga tempat wisata yang menarik sekali…kapan-kapan bagus juga bisa menyempatkan diri pergi melancong kesana.
    Salam hangat dari Kendari. 8)

  2. Anggraini says:

    Terima kasih info2nya.jadi punya list lokasi yang bagus2 utk saya kunjungi pas libur nanti. :))

  3. hendy says:

    Telah hadir motor taxi dengan tarif yang sangat terjangkau minimal Rp.5000 maksimal Rp.15.000

    Call Center
    024-70337466

  4. Ade Perdhana says:

    ternyata banyak juga tempat wisatanya. lain kali akan saya datangi semua tempat wisatanya. nice post 😀

  5. surti says:

    mg wist islami di semarang kan sll diberkahi pengunjung sehingga syiar islam kan sampai ke umatnya. amin

  6. HIDAYATULLAH RABBANI says:

    WOW,banyak sekali ya objek wisata yang menrik di kota atlas ini………… aq bangga jadi bagian generasi penerus kota ini

  7. ndop says:

    aku wis tau ning umbul sidomukti, mejid agung jateng, gedong songo, mejid raya… hmm.. brati kurang akeh…

  8. kucingpecinta says:

    cah semarang rak ngerti obyek wisata ne dewe berarti…. katrox alias kurang piknik !

  9. sunan says:

    masih banyak yang belum ditampilkan

  10. Salmani says:

    Saya barusan melakukan wisata di kota ini, sebenarnya banyak tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi di kota ini dan sekitarnya, tapi semua itu tidak didukung oleh Alat transportasi yang baik dan keramahan pelaku wisata di kota ini baik itu oleh penduduknya maupun para pelaksana wisata. Saya mohon bagi Pemerintah setempat agar dapat membenahi hal ini, sayang dong tempat bersejarah di Indonesia ini kalau kita yang dari luar daerah mau berkunjung terkesan sangat kecewa. Terima kasih hal ini saya sampaikan hanya untuk perbaikannya kedepan nya. Salmani dari kota Banjarmasin.

  11. yunna says:

    emang ada apa lagi… kasih tau dunk,bwt referensi liburan tahun baru bsk 🙂

  12. dodi says:

    Makasiiiiih bangeeeettts

  13. marina says:

    kalau bukit cinta di ambarawa itu tempat wisata bukan ya

    • Suke says:

      boleh lah klo mo disebut seperti itu, khan klo menyatu juga dengan rawa pening 🙂

  14. nana says:

    pngen outbound enk’y kmna yach……

    • fianz says:

      k umbul sido mukti ja,,

    • fianz says:

      ,,,,msih bnyak bgt,,tmpat wisata d smg,,,goa kreo ae blumz d msukn h,h,h

  15. Nik says:

    Shoppingnya bagaimana? Batik dan furniture.

  16. age says:

    Dear,Bpk/Ibu NIK
    kami dari AMALTOURS INDONESIA siap membantu saudara,untuk info lebih lanjut jangan segan menghubungi kami,024-70276001,
    salam hangat,
    AMALTOURS INDONESIA

  17. Bintang says:

    Mantaaap mas… Kulinernya kok g ada ya…. jadi pengen cepet2 libur nich.

    • Suke says:

      silakan masuk kategori restoran atau warung makan, sudah banyaaaak juga kok, bahkan lebih banyak dari daftar obyek wisata… 🙂

  18. Hafid says:

    Museum Mandala Bhakti tu aneh,,
    Tutup kalo hari libur,,

  19. loker semarang says:

    Ayo wisata ke Semarang …

  20. Ratna K says:

    bagu….s, buat referensi kalo ke semarang, thanks

  21. nurul zaefudin says:

    semarang is the best city.come on coy,visit to semarang.

  22. andik says:

    gombel rak mlebu kie pye,,,,,,

    waaduh,

  23. tyna says:

    kerentt:8

  24. zwexz says:

    mantap,,esook ku sambangin atu2 ah he he

  25. yosiy kumuh rusdimatan gang-gang says:

    gue akui semarang kota yang indah masa kuliner aja gaz ada cihhh kepo lu semua

  26. alin viruz says:

    Kuliner, yg laen nyusul,agak lupa 😀
    Sambara sajian sunda, pujasera Manunggal jl.gajahmada, Pondok daun marina beach

  27. joko says:

    Halah

  28. Dicky says:

    Taman lele gimana bagus gak ?? 😕
    ongkos masuk nya berapa ?

  29. Tour Explora says:

    Kota tua di Semarang wajib dikunjungi. Bagus untuk foto2.

  30. Yandi says:

    Kalo yang namanya sunan kuning itu tempat wisata di semarang juga ya?

    • Suke says:

      😀
      itu masuk wisata bukan ya….?
      ada yang mau jawab?

      • cah semarang, peace says:

        sunan kuning itu Tempat Pemakaman Umum/kuburan,,,taukan fungsi TPU itu.
        kalo dikatakan tempat wisata balik lagi kepersonalnya, mo ngapain…

        • Suke says:

          haaa… jawabannya bagus banget… 😀

  31. rockym aquino says:

    mungkin semua harus dikunjungi bnyak hal yg bsa mnjdi kenangan..
    .ayo wisata kesemarang

  32. Yan Fauzi says:

    tambahan : buat yang suka berpetualang, mampir juga di desa Peromasan G.Ungaran.
    dari kota SMG perjalanan bisa ditempuh dalam waktu 1-2 jam.. ketika sampai di desa Peromasan anda akan disuguhi pemandangan kebun teh, kebun kopi, pemandangan puncak G.Ungaran beserta mata airnya dan pedesaan yang gak bakal di temui di kota 😀
    jika fisik & mental anda masih kuat, perjalanan bisa dilanjutkan mendaki ke puncak Ungaran lalu turun melalui Gedong Songo
    Saya sendiri pernah melakukannya bersama organisasi pecinta alam, dan itu sangat menyenangkan :):) terimakasih
    from : Argapeta-stembase

  33. irman aries says:

    Semarang menjadi destinasi liburan yg menyenangkan. Gag sabar menunggu liburan ato cuti tiba 🙂

  34. fitri says:

    gambar di atas tidak sebagus gambarnya ..aslinya ga kaya gtoo

  35. Suke says:

    Seharusnya getooo… 😀

  36. dimas says:

    kok wisata air panas nglimut gak masuk apakah sudah masuk wilayah kab. kendal ??? padahal bagus juga walau banyak anak tangganya yg mulai “melorot”

  37. Aswi says:

    wahh,.. amazingg… bangunannya dan keindahan nya gag kalahh dengan luar negri … So, cintai produk dalam negrii.. sebenernya indonesia kaya dg keindahan alam, namun belum banyak yg menyadarii 😀

  38. ella says:

    pasti excited banget deh kalo berkunjung ke sana… apa lagi visit to Lawang Sewu… so Scaryyy but there is special something over there

  39. Febri Artanto says:

    Museum Mandala Bhakti TOP BGT, lokasinya sangat strategis karena berseberangan dengan lawang sewu..
    Bagi siapa saja yg ingin tau sejarah kemerdekaan NKRI, wajib berkunjung ke Museum Mandala Bhakti, alamat persisnya di Jl.
    MGR Soegiyopranoto No.2..

  40. nique says:

    Dari kemarin mantengin postingan ini tapi pas sy tlp yg nawarin rental mbl iti, sepertinya saya kurang beruntung. Info ini sangat membantu.

    Akhirnya saya dapat info mobil sewaan dengan hrg 900rb utk 2 hari tmsk supir. Mahal atau murah itu ya 😀

  41. bedjo untung says:

    bosan aaah… cuman candi,musium, ngapain jauh@ cuman begituan

  42. Wahyu Eka says:

    pantai marina udah pernah, candi gedung songo juga udah, goa kreo juga udah, masji agung jawa tengah juga udah pernah, tapi yang lainnya belum pernah hehehehe 😀

  43. Riskha says:

    adakah wisata budaya, wisata kuliner dan wisata belanja yg bisa dishare?