25 Tempat Wisata Di Semarang Yang Terkenal

Ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Semarang. Berikut ini adalah daftar lengkap 25 tempat tujuan wisata di Semarang yang terkenal, dari pantai, pemandangan alam, tempat wisata buatan, cagar budaya hingga wisata religi.

10 Obyek Wisata Paling Kekinian:

1. Grand Maerakaca
Perahu wisata di maerakaca
Grand Maerakaca merupakan branding baru Puri Maerokoco, tempat wisata ini sebelumnya cukup lama kurang terawat. Berbagai pembenahan telah dilakukan sejak tahun 2015. Pembuatan jogging track mangrove, pembenahan area jembatan, perbaikan di anjungan anjungan, diadakannya event M2M Malem Minggon Maerakaca dengan Festival Lampion serta penambahan perahu dengan aneka warna menambah daya tarik wisata dari Maerakaca ini.

Jumlah pengunjung tempat rekreasi keluarga dan anak muda ini mengalami peningkatan pesat semenjak dilakukan pembenahan serta giat melakukan promosi digital, dari pengunjung yang hanya kurang dari 25 ribu per tahun pada 2014 menjadi lebih dari 400 ribu pengunjung per tahun pada 2017. Selengkapnya…

2. Lawang Sewu, Ikon Wisata Semarang
Lawang SewuLawang Sewu merupakan ikon wisata kota Semarang. Salah satu bangunan cagar budaya yang telah berusia lebih dari seratus tahun ini berada di ujung Jalan Pemuda dan Pandanaran yang di depannya terdapat Tugu Muda, Lawang Sewu menjadi salah satu destinasi wisata yang buka hingga malam. Disebut Lawang Sewu karena jumlah pintunya banyak sekali. Meski tidak sampai seribu untuk jumlah lubang pintunya, namun jumlah daun pintu yang ada jumlahnya lebih dari seribu. Paling bagus jika mau foto foto di tempat ini saat sore hari hingga sebelum isya’. Selengkapnya…

3. Kawasan Kota Lama, Citra Visual Arsitektur Eropa di Semarang
Kawasan Kota Lama SemarangBanyak sekali perubahan di kota lama. Kawasan ini merupakan citra visual arsitektur eropa karena banyak sekali bangunan kuno dengan arsitektur eropa. Kawasan ini kini sangat ramai sekali dikunjungi wisatawan. Penataan yang dilakukan oleh pemerintah kota juga cukup banyak. Area paling favorit untuk foto foto di kawasan Kota Lama ini seperti Rumah Akar, Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Marba, dan juga Semarang Kreatif Galeri di jalan Letjen Suprapto sebelah barat Gereja Blenduk. Kini banyak cafe cafe bermunculan yang siap menyambut wisatawan setelah lelah berkeliling dengan sajian kopi atau menu lainnya.

4. Sam Poo Kong
Kawasan Wisata SampookongBerada di Jalan Simongan No 129 Semarang atau hanya berjarak 2,5 KM dari Tugu Muda, Sam Poo Kong yang juga dikenal sebagai Gedung Batu ini memiliki bangunan bangunan dengan nuansa tiongkok, dengan nuansa warna merah. Terdapat patung laksamana Cheng Ho yang ukurannya sangat besar. Kelenteng Sam Po Kong ini dahulu merupakan tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang sangat terkenal yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan manca negara juga banyak berkunjung ke Sam Poo Kong.

5. Kampung Pelangi Yang Warna Warni
Kampung pelangi SemarangFoto @aridiyanto / instagram. Lokasinya di Kampung Gunung Brintik, belakang Pasar Bunga Kalisari, di pinggir Kali Semarang, Jl Dr Soetomo tak jauh dari Tugu Muda. Sebelumnya area ini merupakan kampung kumuh yang tak tertata dengan rimbunan pepohonan dan tembok-tembok merah tak berplester. Kurang lebih 325 rumah yang dicat warna warni, dan saat ada yang posting di instagram, Kampung Pelangi ini mendadak ramai sekali dikunjungi orang, yang sebagian besar adalah anak muda.

6. Masjid Agung Jawa Tengah
MAJT Masjid Agung Jawa TengahFoto @faza05 / instagram. Masjid Agung Jawa Tengah seolah menjadi pilar 25 nabi ala koloseum di Kota Semarang. MAJT beserta fasilitas pendukungnya terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari menempati tanah bandha Masjid Agung Semarang seluas 10 ha serta mampu menampung jamaah lebih kurang 13.000 orang. Disamping bangunan Masjid disini juga dilngkapi fasilitas-fasilitas lain seperti : ruang kantor, ruang kursus dan pelatihan, ruang perpustakaan, ruang akad nikah, auditorium. Dengan bangunannya yang megah, MAJT menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Semarang dan Jawa Tengah.

Di area MAJT terdapat Tower Asmaul Husna dengan ketinggian 99 meter, dari tower ini wisatawan bisa memandang landscape kota Semarang dari segala penjuru. Di lantai 2 dan 3 tower terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah yang merekam jejak jejak perjalanan dan perkembangan agama Islam di Jawa Tengah. Selengkapnya…

7. Pantai Marina
Pantai Marina SemarangPantai Marina merupakan taman rekreasi yang murah meriah bagi warga Semarang. Kita bisa menghirup segarnya udara pantai dan memandang laut lepas atau menikmati deburan ombak yang menghantam bibir pantai. Setiap Minggu pagi Pantai Marina didatangi banyak pengunjung, rata rata datang bersama keluarga. Lokasi Pantai Marina di sebelah timur PRPP atau perumahan Royal Family, jika melihat patung elang cukup besar di bundaran, dibelakangnya merupakan pintu masuknya.

Untuk wisata pantai ada pantai lagi selain Pantai Marina, di sebelah barat (dekat bandara, ada Pantai Tirang dan Maron yang air lautnya lebih berwarna biru, memiliki hamparan pasir dan juga dengan pemandangan gunung ungaran, namun akses jalan menuju pantai ini kurang bagus.

8. Brown Canyon
Brown Canyon SemarangFoto @itsme_donald / instagram. Sejatinya Brown Canyon bukanlah tempat wisata, namun ini adalah bekas tambang galian tipe C. Namun karena meninggalkan bentuk tanah dengan bentuk unik, banyak yang berdatangan ke tempat ini. Saat pagi hari atau sore hari dengan cuaca yang cerah foto yang bisa didapat seringkali sangat bagus. Secara administratif Brown Canyon berada di Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Namun demikian, akses jalan paling mudah melalui sebelah timur Klipang, setelah menyeberangi jembatan ganda, lokasinya sekitar 2 KM dari stasiun TVRI yang berada di Demak, sehingga sebagian mengira tempat ini berada di Demak.

9. Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya
Pagoda WatugongFoto @nurlusianadewi04 / instagram. Lebih sering disebut Pagoda Watugong, Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya ditetapkan Museum Rekor Indonesia sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda yang memiliki tinggi 45 meter itu dibangun tujuh tingkat. Menurut sejarah vihara ini merupakan Vihara pertama di Indonesia setelah keruntuhan kerajaan Majapahit. Pada tahun 1955 YM Bhante Narada dan Bhante Ashin meresmikan vihara tersebut. Saat kedatangan YM Narada di Indonesia.

10. Candi Gedong Songo
Vanaprasta Gedong SongoFoto @noisebanyak / instagram. Sejuknya alam pegunungan dan indahnya Gedong Songo begitu memukau. Ditambah dengan cuaca yang seringkali berubah dengan cepat, dari kondisi panas tiba tiba mendung lalu hujan menjadi daya tariknya tersendiri.

Berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedongsongo, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang dan kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Istilah kata Gedong Songo sendiri berasal dari bahasa Jawa, β€œGedong” berarti rumah atau bangunan, β€œSongo” berarti sembilan. Jadi Arti kata dari Gedongsongo adalah sembilan bangunan. Selengkapnya…

15 Tempat Tujuan Wisata Lainnya:

Di atas tadi daftar obyek pariwisata di Semarang yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, sebenarnya masih banyak sekali tempat yang masuk ke dalam kategori obyek wisata, sebut saja Waduk Jatibarang, Santosa Stable, Eling Bening, Bonbin Mangkang, Pantai Tirang, Kampoeng Wisata Taman Lele, Kelenteng Tay Kak Sie, Candi Tugu, Air Terjun Kali Pancur, Kawasan Wana Wisata Penggaron, Wisata Alam Umbul Sidomukti, Danau Rawa Pening, Curug Benowo, Museum Ronggowarsito, Museum Mandala Bhakti. Selamat jalan jalan di Semarang.

Kategori: Wisata .
Loading...
58 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *