Candi Tugu

candi tugu semarang
Candi Tugu Semarang ini berada pada Jalan Mangkang KM 11, sekitar 2 km dari IAIN Walisongo, arah Semarang Jakarta berada di sisi kanan jalan, atau beberapa ratus meter saja dari RSUD Tugurejo. Di tempat ini konon adalah candi perbatasan antara kerajaan Majapahit dan Pajajaran. Lama tak terurusi, pada era penjajahan belanda, tahun 1938 (atas masukan Sejarawan J Knebel) diadakan pemugaran terhadap situs ini, lalu dibawah situs tersebut dan diletakan prasasti dengan tulisan belanda dan jawa dibawahnya. Dan tahun 80-an, candi ini kembali direnov oleh pemkot kota Semarang, dan ditujukan sebagai tempat wisata budaya.

Kondisinya sangat tidak terawat sekarang dan banyak coretan coretan yang menodai seni dan budaya yang melekat pada candi tersebut. Lokasi Candi Tugu ini sering digunakan untuk syuting video klip campur sari atau foto pre wedding.

GPS Waypoint: 6°58’51.64″S (Latitude) 110°20’58.07”E (Longitude)
Google Map Refference (-6.981011,110.349464)

Lokasi Candi Tugu Semarang:

Daftar Kategori Wisata
Tags: , ,

6 Responses to “Candi Tugu”

  1. Pemerintah semarang mah kebanyakan bohongnya kapan juga candi di atas dipugar wong dri dulu ttp kayak gitu aja. Dasar Pemerintah Ngapusi…..!!

    • jangan digebyah uyah to gan, dulunya kapan?
      dulu sekali ancur,
      terus direnovasi,
      perhatikan sudut sudut candinya, halus dan banyak sudut yang presisi, seperti hasil pembuatan dengan mesin modern, bukan candi kuno,

  2. eko purnomo says:

    Sunguh mengenaskan dimana berdiri situs sejarah tetapi berdiri juga perusahaan yang dapat merusak tempat bersejarah itu,Pemkot bertindak dong…..

  3. jika aku yg menjaga tidak akan kubiarkan tangan2 jahil merusaknya

  4. Baru tahu ada candi di semarang. (Y)

  5. hafidh fairuz says:

    Candi Tugu bukan situs purbakala, tetapi bangunan modern yang dibuat pada tahun 1984 oleh Djamin Ceha. Djamin Ceha adalah pengusaha yang diberikan konsesi penambangan galian C di perbukitan tugu sejak tahun 70an sampai tahun 2000. Namun di kompleks Candi Tugu terdapat situs bersejerah berupa Watu Tugu. Konon Watu Tugu ini merupakan batas antara Kerajaan Majapahit di sebelah timur dengan Kerajaan Pajajaran di sebelah barat. Di kompleks Candi Tugu ini juga terdapat Gua Jepang namun kondisinya tidak terawat.

Leave a Reply